Rabu, Juni 19, 2024

Kenali Risiko Tidur Berlebihan dan Cara Menghindarinya

Tidur merupakan salah satu kegiatan wajib bagi semua orang. Tanpa tidur badan akan terasa lelah, letih, dan lemas tak berdaya. Pakar kesehatan sepakat tidur yang cukup baik untuk kesehatan anda. Akan tetapi tidur berlebihan justru dapat mengganggu kesehatan anda. Ada beberapa risiko tidur berlebihan yang perlu anda ketahui.

Sebelumnya, apa yang di maksud dengan tidur berlebihan?

Kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Tergantung pada usia, aktivitas, Kondisi kesehatan, dan gaya hidup anda. Pada saat kesehatan anda terganggu maka anda mungkin membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak.

Walaupun demikian para ahli mengungkapkan bahwa tidur yang ideal adalah sekitar 7-8 jam perhari. Lebih dari itu, dapat dikategorikan sebagai tidur berlebihan. Jika seseorang tidur berlebihan tidak menutup kemungkinan akan berpotensi terkena beberapa penyakit di antaranya.

Sakit Kepala

Seseorang yang sering tidur berlebihan rentan mengalami sakit kepala.  Para peneliti percaya ini terjadi karena efek yang terjadi pada neurotransmitter di otak termasuk serotonin.

Obesitas

Jika seseorang tidur terlalu lama tubuhnya menjadi kurang bergerak sehingga tubuh pun lebih mudah menyimpan lemak. Risiko tidur berlebihan yang satu ini mungkin sudah tidak diragukan lagi. Banyak orang  yang meyakini bahwa tidur berlebihan dapat menyebabkan kegemukan atau yang sering disebut dengan obesitas.

Diabetes

Diabetes merupakan suatu penyakit yang tergolong mematikan. Penyakit ini tak hanya di sebabkan oleh faktor makanan saja. Tidur berlebihan ternyata dapat menyebabkan seseorang mengalami diabetes.

Di balik enaknya tidur berlebihan ternyata bisa merugikan kesehatan tubuh kita. Maka dari itu jika anda memiliki kebiasaan tidur berlebihan sebaiknya hilangkan kebiasaan tersebut dan mulailah dengan pola hidup yang sehat untuk mencegah risiko tidur berlebihan.

Hindari Risiko Tidur Berlebihan

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Tidur Berlebihan?

Tidur berlebihan memang tidak baik. Selain dapat mengganggu aktivitas, Tidur berlebihan juga memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Untuk itu ada beberapa cara mengatasi tidur berlebihan yang bisa anda terapkan tentunya.

Biasakan Tidur Lebih Awal

Supaya tidur tidak berlebihan. Biasakan tidur lebih awal sehingga anda juga bisa bangun lebih awal.

Biasakan untuk tidur dengan durasi yang ideal 7-8 jam perharinya.

Hindari Menggunakan Fitur Snooze atau Menunda Alarm

Jika anda masih belum bisa bangun pagi tanpa bantuan alarm usahakan tidak menggunakan alarm canggih yang mengusung fitur alarm snooze. karena jika fitur ini di salahgunakan maka hanya akan membuat anda semakin malas bangun.

Jauhkan Alarm dari Jangkauan Anda

Jika anda meletakan alarm di tempat yang jauh dari jangkauan anda. maka intensitas anda untuk menunda alarm akan semakin rendah. Cobalah letakan alarm anda di tempat yang mengharuskan anda bangkit dari tempat tidur. Dengan begitu anda akan di paksa bangun dan pergi mencari alarm untuk mematikannya.

Nah itu dia beberapa cara mengatasi tidur berlebihan yang bisa coba anda terapkan. Dengan menerapkan ketiga tips di atas, semoga masalah hipersomnia anda bisa segera teratasi dan anda akan senantiasa terhindar dari berbagai risiko tidur berlebihan. (Pe/Djavatoday)

Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daging kambing ternyata begitu banyak untuk kesehatan tubuh kita karena memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik.

Tips Meredam Rasa Marah, Kendalikan Emosi dengan Lebih Bijak

Tips meredam rasa marah kali ini akan membantu kamu mengendalikan emosi dengan baik. Sebagai manusia, rasa marah memang wajar datang. Namun ada kalanya kamu...

Tak Hanya Menyegarkan, Berikut Manfaat Air Kelapa yang Baik untuk Tubuh

Manfaat air kelapa memiliki peran yang cukup besar terhadap kesehatan. Lebih dari sekadar rasanya yang menyegarkan dan nikmat saat di minum, air kelapa mengandung...

8 Makanan Rendah Kalori, Cocok untuk Diet Sehat!

Makanan rendah kalori merupakan asupan yang cocok bagi kamu yang ingin melakukan diet dengan cara sehat. Untuk menurunkan badan atau memiliki tubuh yang ideal,...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya