Kamis, Juli 18, 2024

Kebiasaan Yang Dapat Merusak Kesehatan Mata dan Cara Mencegahnya

Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu di jaga. Kesehatan mata memanglah penting karena kita bergantung pada mata dan penglihatan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Tanpa penglihatan yang baik segala aktivitas akan terasa sulit.

Tak heran jika semua orang menginginkan mata yang sehat sehingga banyak orang rela melakukan apapun untuk mendapatkan mata yang sehat. Namun terkadang banyak orang yang salah dalam melakukan pencegahan nya. Berikut beberapa kebiasaan yang dapat merusak mata.

Terlalu Lama Menatap Layar Handphone

Keberadaan handphone memang tidak dapat kita pungkiri. Handphone merupakan salah satu alat yang dapat membuat seseorang melupakan sesuatu hal karena kesenangan yang di berikannya. Entah itu bermain games, selfie, sosial media, dan lain-lain.

Tanpa kita sadari menatap layar handphone merupakan salah satu kebiasaan yang sering kita lakukan setiap hari. Sayangnya, menatap layar handphone terlalu lama tidak baik untuk kesehatan mata. Dengan berlama-lama menatap layar handpone kepala akan terasa pusing berkunang-kunang dan menyebabkan penglihatan menjadi buram.

Baca Juga: Berita Ciamis yang menarik dikunjungi

Usahakan untuk selalu mengistirahatkan mata dari layar handphone minimal 20 menit sekali untuk sekedar menutup handphone.

Sering mengucek mata

Mengucek mata merupakan salah satu kebiasaan yang sering di lakukan setiap orang terlebih jika mata terasa gatal. Tanpa kita sadari kebiasaan mengucek mata memberikan dampak buruk bagi kesehatan mata. Jika seseorang terlalu sering mengucek mata bakteri yang berasal dari tangan akan berpindah pada mata hingga menimbulkan infeksi.

Jika anda merasa gatal atau terjadi sesuatu pada mata anda sebaiknnya anda cukup menutup mata dan usahakan untuk menyentuh bagian luar mata saja.  Tak lupa biasakan cuci tangan sebelum menyentuh mata anda agar kesehatan mata anda tetap terjaga.

Ketergantungan pada obat tetes mata

Bekerja terlalu lama di depan layar mengakibatkan mata menjadi merah. Untuk mengatasi mata merah banyak orang menggunakan obat tetes mata sebagai alternatifnya.

Namun, terlalu mengandalkan obat tetes mata justru tidak baik untuk kesehatan mata serta dapat menyebabkan kerusakan pada mata anda.

Nah itulah beberapa kebiasaan yang dapat merusak mata anda. Jika anda menginginkan mata yang sehat lakukan beberapa cara berikut untuk mencegah kerusakan pada mata anda.

Menjaga Kesehatan Mata yang Sering dilupakan

Lakukan pemeriksaan mata secara rutin

Tak hanya orang yang memiliki masalah pada mata setiap orang di anjurkan untuk selalu memeriksakan mata Ke dokter setidaknya 2 tahun sekali. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga lanjut usia.

Dengan melakukan pemeriksaan mata secara rutin dapat mendeteksi dini masalah apa yang terjadi pada mata anda.

Mengonsumsi makanan bergizi

Makan makanan bergizi penting untuk kesehatan. Dengan selalu mengonsumsi makanan bergizi tak hanya mata yang terjaga kesehatan seluruh tubuh akan terjaga.

Biasakan mengistirahatkan mata

Seperti yang kita ketahui berlama-lama menatap layar elektronik tidak baik untuk mata. Maka dari itu biasakan untuk mengistirahatkan mata setidaknya 20 menit sekali agar mata tidak lelah karena terlalu lama menatap layar monitor.

Mencegah lebih baik daripada mengobati begitulah kata yang sering kita dengar. Cara di atas dapat anda lakukan sebagai upaya untuk menjaga kesehatan mata anda. (Pe/Djavatoday)

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya