Jumat, Mei 31, 2024

Kandungan Skincare yang Boleh Dicampur

Untuk mendapatkan hasil terbaik, tak jarang wanita mecoba menggunakan lebih dari satu merek skincare. Dari berbagai jenis kandungan yang ada pada skincare, memang ada kandungan skincare yang boleh dicampur dan ada juga yang tidak.

Tentunya informasi ini penting ya, karena kita bisa menghindari efek buruk dari penggunaan berbagai jenis skincare secara bersamaan.

Berikut 6 Kandungan Skincare yang Boleh Dicampur :

Vitamin C dan Vitamin E

Vitamin C adalah vitamin yang berfungsi melindungi kulit dari paparan polusi dan sinar UV serta memberikan kelembutan pada kulit wajah. Sedangkan vitamin E berfungsi untuk mencegah radikal bebas dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Vitamin  C dan vitamin E akan memberikan efek terbaiknya jika digunakan secara bersamaan. Kedua bahan aktif ini dapat membantu menutrisi dan memperbaiki sel-sel kulit, terutama pada kulit wajah yang mulai mengalami penuaan dan kehilangan elastisitasnya.

Vitamin A dan Antioksidan

Vitamin A berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit wajah. Salah satu penyebab yang dapat  menghambat kerja dari vitamin A adalah radikal bebas. Maka dari itu, vitamin A akan sangat bagus jika dicampur dengan antioksidan.

Antioksidan berfungsi untuk melindungi wajah dari radikal bebas. Jika Vitamin A dicampurkan dengan antioksidan, maka hasilnya akan membuat wajah menjadi lebih awet muda.

AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid)

AHA berfungsi untuk memperbaiki tingkat kolagen, membantu pengelupasan sel-sel kulit mati dan meningkatkan kelembapan kulit. Sedangkan BHA berfungsi untuk mencegah peradangan kulit, mengatasi jerawat, komedo dan kulit berminyak.

Jika digunakan secara bersamaan, AHA dan BHA akan berfungsi maksimal untuk eksfloliasi kulit dan membuat kulit menjadi lebih lembut.

Niaciamide dan Acid

Niaciamide berfungsi untuk menghidrasi kulit dan berperan sebagai anti inflamasi. Jenis acid yang bisa dicampur dengan niaciamide adalah glycolic acid dan lactic acid.

Glycolic acid akan membuat wajah menjadi halus dan lembut, sedangkan lactic acid berperan sebagai eksfloliasi kulit sekaligus membuat kulit menjadi lebih terhidrasi.

Penggabungan antara niaciamide dan salah satu dari kedua bahan acid ini dapat memberikan tampilan kulit yang lebih glowing dan sehat.

Baca juga : Manfaat Menggunakan Siwak dan Keutamaannya

Kandungan Skincare

Antioksidan dengan Sunblock

Fungsi dari antioksidan adalah untuk melindungi wajah dari pengaruh radikal bebas. Sedangkan sunblock bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.  Jika antioksidan digabung dengan sunblock maka kulit wajah akan terlindungi secara maksimal.

Niaciamide dengan Retinol

Niaciamide dan retinol adalah dua kandungan skincare yang boleh dicampur. Bahkan sudah banyak produk skincare yang menggabungkan kedua bahan ini dalam satu kemasan.

Gabungan niaciamide dan retinol akan membuat kulit wajah menjadi tampak lebih cerah dan awet muda.

Itulah beberapa kandungan skincare yang boleh dicampur satu sama lain. Tetapi jika masih ragu, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter kulitmu ya! (Willy Azizah/Djavatoday)

5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Dapat Turunkan Kolesterol!

Manfaat bawang putih ada banyak loh. Siapa sangka bahwa bumbu dapur yang satu ini ternyata memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Bawang putih memiliki...

Membantu Siklus Menstruasi, Berikut Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Manfaat kulit manggis kerap diabaikan karena rasa pahitnya yang membuat masyarakat enggan untuk mengonsumsinya. Namun, kini telah hadir olahan kulit manggis dalam bentuk produk...

5 Resep Kombinasi Buah dan Sayur yang Bisa dijadikan Jus untuk Diet

Kombinasi buah dan sayur merupakan perpaduan yang menyehatkan dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Menariknya lagi, campuran buah dan sayur yang diolah menjadi jus bisa...

5 Obat Anti Nyamuk yang Ampuh Bunuh Nyamuk

Obat anti nyamuk tentunya diharapkan dapat membasmi nyamuk dengan baik. Sayangnya tidak semua produk anti nyamuk dapat berfungsi sesuai harapan. Ada yang hanya bisa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya