Jumat, Juni 14, 2024

Cara Mengobati Sakit Gigi, Bisa Lakukan Sendiri di Rumah

Cara mengobati sakit gigi di rumah sebenarnya sangat gampang dengan menggunakan bahan alami yang ada. Sakit gigi memang sering menyiksa karena jika mengalaminya, penderita juga akan merasa pusing kepala.

Tentu hal itu tidak akan ada yang mau mengalaminya, nah biasanya sakit gigi sering terjadi kepada anak maupun orang dewasa. Hal itu terjadi karena beberapa faktor seperti bakteri pada mulut, sering ngemil, menyesap minuman manis, dan malas menggosok gigi.

Faktor di atas akan menghasilkan gigi berlubang, sebaiknya ubah kebiasaan tersebut agar tidak terjadi sakit gigi. Namun jika terlanjur sakit gigi maka ada cara untuk mengatasinya secara alami dan dirumah saja.

Cara Mengobati Sakit Gigi Paling Ampuh

Sakit gigi kebanyakan terjadi pada anak kecil yang selalu mengabaikan bergosok gigi, sehingga ketika terasa sakit sang ibu yang akan kebingungan. Namun kini tak usah bingung dan tetap tenang dengan mengandalkan cara di bawah ini:

Kompres Dengan Es

Dengan menggunakan kompres es dijamin akan meredakan rasa sakit yang dialami pada saat Anda sakit gigi. Cara mengobati sakit gigi pun mudah, buatlah air pada plastik bening dan simpan di freezer agar menjadi beku.

Es yang sudah membeku padat itu dibungkus oleh handuk lalu ditempel pada bagian yang membengkak karena sakit gigi sekitar area wajah atau rahang. Seperti dikompres, dan diamkan selama 15 sampai 20 menit biasanya ampuh meringankan nyeri saat sakit gigi.

Bengkak saat sakit gigi ini biasanya terjadi gara-gara luka, kantung nanah, atau ada masalah pada akar. Kondisi bengkak ini berisiko mengakibatkan infeksi serius yang menyebar ke gigi lain.

Mengangkat kepala

Sakit gigi biasanya dirasakan saat di malam hari sehingga membuat kita tidak bisa atau mengganggu saat tidur. Maka mengangkat kepala adalah hal yang paling tepat dilakukan pada saat itu.

Baca Juga: Ketahui Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan, Salah Satunya Diabetes

Dengan cara menggunakan bantal tambahan supaya lebih tinggi sampai kepala terangkat saat akan istirahat malam. Kepala yang terangkat ini akan mencegah peningkatan tekanan yang diakibatkan darah mengalir ke area mulut dan kepala.

Hasilnya rasa sakit bisa lebih ringan, juga meningkatkan sirkulasi darah, dan tentu akan mengurangi pembengkakan. Pola tidur Anda Pun tidak akan terpengaruhi oleh rasa sakit karena sudah diatasi dengan tepat.

Kumur air garam

Cara ini memang sebagian orang ada yang percaya dan tidak, namun menggunakan air garam untuk kumur merupakan cara mengobati sakit gigi yang tepat ketika di rumah. Karena air garam mengandung bahan anti bakteri alami yang mampu mengurangi reaksi radang juga disinfektan alami yang dapat membersihkan gigi dari sisa makanan.

Mudah kok caranya cukup larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air biasa atau hangat. Kemudian kumur-kumur sampai bagian dalam atau secara menyeluruh agar sisa makanan bisa terangkat.

Kantong teh peppermint

Peppermint ternyata banyak mengandung senyawa mentol yang berfungsi sebagai antibakteri dan antioksidan. Rasa mentol juga memberi efek dingin yang meredakan rasa nyeri, sehingga gigi tidak terasa nyeri.

Jika sudah tahu manfaatnya maka Anda bisa mencoba cara ini dengan menggunakan kantong teh peppermint yang sempat digunakan. Atau menggunakan kantong teh peppermint yang telah dimasukkan ke dalam freezer.

Minyak cengkeh

Minyak cengkeh juga efektif cara efektif mengobati sakit gigi karena terdapat senyawa eugenol atau antiseptik alami. Senyawa eugenol juga menekan resiko terjadi peradangan ketika gangguan dalam rongga mulut.

Teteskan pada kapas lalu sentuhkan pada bagian yang sakit, lakukan beberapa kali dalam sehari hingga rasa sakit berkurang. Atau larutkan minyak cengkeh dalam segelas air lalu kumur-kumur juga akan membantu proses penyembuhan.

Bawang putih

Tanaman yang sangat multifungsi ini juga sangat bisa diandalkan karena didalamnya mengandung senyawa allicin yang terdapat dalam dan memiliki efek anti bakteri yang sangat kuat. Senyawa allicin ini yang akan membantu mengurangi bakteri dalam mulut sehingga mengobati sakit gigi.

Cara pengaplikasiannya dengan bawah putih dihancurkan terlebih dulu menjadi bubuk, lalu ditambahkan garam secukupnya, lanjut aplikasikan pada gigi Anda yang sakit. Atau cara yang lebih cepatnya bawang putih langsung kunyah saja, hal itu pasti akan dapat meredakan sakit gigi.

Daun Jambu Biji

Dengan daun jambu biji yang mempunyai sifat anti radang serta anti mikroba akan menolong menyembuhkan luka dan meringankan sakit gigi. Dengan mengunyah daun jambu biji yang sudah lunak dan sudah bersih akan menyembuhkan sakit gigi.

Atau dengan merebus daun jambu dan menggunakannya memakai cara di kumur- kumur saja. Namun pengobatan ini hanya berjangka pendek tapi bisa sangat berguna ketika sedang darurat.

Begitulah cara mengobati sakit gigi ketika di rumah maupun saat keadaan darurat tanpa harus bingung dan khawatir karena rasa sakitnya. Ketika sedang pengobatan diharapkan Anda harus tetap tenang agar semua tidak menjadi ikut panik.(Dewi/Djavatoday)

Tak Hanya Menyegarkan, Berikut Manfaat Air Kelapa yang Baik untuk Tubuh

Manfaat air kelapa memiliki peran yang cukup besar terhadap kesehatan. Lebih dari sekadar rasanya yang menyegarkan dan nikmat saat di minum, air kelapa mengandung...

8 Makanan Rendah Kalori, Cocok untuk Diet Sehat!

Makanan rendah kalori merupakan asupan yang cocok bagi kamu yang ingin melakukan diet dengan cara sehat. Untuk menurunkan badan atau memiliki tubuh yang ideal,...

Patut diwaspadai! Ini Dia Efek Samping Mengonsumsi Telur Mentah bagi Kesehatan

Mengonsumsi telur mentah yang disimpan dengan tidak higienis mempunyai sejumlah risiko berbahaya. Bagi sebagian orang, makan telur mentah sudah menjadi hal yang biasa, pun...

Resep Susu Jahe Merah, Minuman Herbal yang Bisa Hangatkan Badan

Resep susu jahe merah wajib banget nih kamu cobain di rumah. Minuman ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Tak hanya mampu menghangatkan badan, susu...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Kominfo Ciamis
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Kominfo Ciamis

Terpopuler

Lainnya