Kamis, Juli 18, 2024

Begini Tips Aman Gunakan Kosmetik Saat Pandemi

Kosmetik menjadi salah satu hal yang tak bisa dipisahkan dari perempuan meski dalam kondisi pandemi Covid-19 sekalipun. Apalagi untuk perempuan karir, kosmetik penting untuk mendukung penampilan.

Memasuki era New Normal, sebagian besar masyarakat kini sudah kembali beraktivitas harian meskipun terbatas. Tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Misalnya menggunakan masker, menjaga jarak aman dan sering mencuci tangan memakai sabun dalam aktivitas keseharian. Termasuk juga untuk perempuan yang berkarir.

Namun dengan seiringnya perempuan karir yang kini sudah beraktivitas kembali, masih amankah menggunakan kosmetik di masa pandemi sekarang?

Dokter spesialis kulit dan kelamin Dr Susi Rendra, S.p.KK,FINSDV mengatakan perempuan yang sudah mulai bekerja kembali atau beraktivitas di masa pandemi harus memperhatikan penggunaan kosmetik agar aman dari penularan Covid-19.

Menurutnya, penularan Covid-19 paling utama adalah melalui droplet yang terjadi ketika bersin. Droplet yang terjadi dianggap berukuran besar dan berat. Sehingga droplet orang batuk dan bersin biasanya segera jatuh ke lantai atau permukaan lainnya.

Droplet tersebut dapat menyebabkan seseorang tertular bila berkontak dengan area wajah, terutama hidung, mata dan mulut. Sementara penggunaan kosmetik sendiri terjadi di area tersebut.

Bahkan, wadah kosmetik yang biasanya berbahan plastik dan sering terdapat cermin di dalamnya bisa menjadi tempat menempelnya droplet tersebut.

Berikut ini beberapa tips aman yang bisa kamu terapkan saat menggunakan kosmetik di era New Normal:

1.            Disiplin mencuci tangan sebelum menggunakan kosmetik.

2.            Kalau memungkinkan, gantilah kosmetik lama dengan yang baru. Apalagi kalau sudah lama tidak digunakan selama masa Work From Home (WHF). Apabila tidak memungkinkan diganti dengan yang baru, buanglah terlebih dahulu bagian atas kosmetik sebelum digunakan.

3.            Pakailah kosmetik saat berada di rumah. Sebisa mungkin hindari memakai kosmetik di area publik. Karena hal itu memungkinkan adanya droplet di udara yang bisa menempel ke permukaan kosmetik.

4.            Jangan sesekali meminjamkan kosmetik ke orang lain. Begitu pun sebaliknya, jangan meminjam kosmetik milik orang lain selama masa pandemi. Sebab, kita tidak pernah tahu apakah seseorang itu termasuk orang tanpa gejala (OTG).

5.            Selalu rajin membersihkan wadah kosmetik. Kalau perlu, menggunakan antiseptik ataupun sabun.

6.            Selalu membiasakan diri memakai kosmetik saat wajah dalam keadaan bersih. Hindari touch up kosmetik saat berada di area publik. Apalagi ketika wajah tidak dibersihkan terlebih dahulu.

7.            Hentikan pemakaian kosmetik jika kamu terindikasi atau memiliki gejala Covid-19. Kosmetik dapat digunakan kembali saat kamu dinyatakan bebas dari virus Corona.

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya