Rabu, Oktober 27, 2021

6 Makanan Peningkat Mood pada Anak, Yuk Coba!

Makanan peningkat mood. Anak-anak memang selalu mengalami perubahan mood dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Mungkin di pagi hari mereka masih bersemangat tetapi menjelang siang tiba-tiba mereka akan merasa malas. Apalagi jika anak-anak tersebut mulai memasuki usia remaja, ada banyak perubahan yang akan mereka alami akibat perubahan hormon.

Meningkatkan mood pada anak bisa dengan berbagai cara salah satunya dengan makanan. Dengan beberapa makanan ini, kamu bisa mengembalikan mood mereka. Berikut ulasannya.

Baca juga:

Baca juga : Gerakan Olahraga Mata untuk Terapi Mata Minus, Yuk Coba!

Cokelat hitam

Salah satu makanan yang disukai banyak orang terutama anak-anak dan remaja adalah cokelat. Cokelat juga dapat membantu meningkatkan rasa bahagia sehingga berkhasiat untuk meningkatkan mood mereka.

Cokelat hitam kaya akan kandungan flavonoid. Zat ini berfungsi untuk meningkatkan aliran darah ke otak, mengurangi inflamasi dan mendukung regulasi mood menjadi lebih baik.

Kacang

Kacang biasanya sering dijadikan sebagai cemilan. Beberapa jenis kacang seperti walnut, kacang almond, kacang mete dan hazelnut dikenal mampu meningkatkan mood dan energi tubuh. Kandungan magnesium dan juga protein dalam kacang berperan penting dalam mengubah gula dalam tubuh menjadi energi.

Pisang

Buah pisang kaya akan vitamin B yang mampu mensintesa neutrotransmiter pembawa perasaan baik seperti hormone serotonin dan juga dopamine.

Pisang juga mengandung gula dan serat yang ketika dipasangkan dapat membantu menstabilkan tekanan gula darah dan juga memperbaiki mood.

Ikan salmon

Berdasarkan penelitian The American Journal of Clinical Nutrition di tahun 2014, ikan memiliki manfaat untuk mengatasi rasa depresi. Ikan salmon memiliki kandungan minyak omega-3 yang cukup tinggi. Zat ini selain bisa menjaga kesehatan jantung juga mampu menangkal depresi.

Buah beri

Kandungan antioksidan dan senyawa fenolik dalam buah beri mampu melawan stres oksidatif. Selian itu, kandungan antosianin dalam buah beri juga mampu mengurangi gejala depresi.

Gandum

Selain menyehatkan, mengonsumsi gandum juga mampu meningkatkan mood dan energi pada anak. Gandum merupakan salah satu makanan sumber serat yang baik. Serat dapat mempengaruhi tekanan gula darah yang berperan dalam mengatur mood. (Willy/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU