Rabu, Juli 24, 2024

6 Jenis Makanan Tidak Sehat bagi Organ Usus

Usus yang sehat berperan dalam membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat. Untuk menjaga kesehatan usus, sebaiknya konsumsi makanan yang dapat meningkatkan bakteri baik dalam usus seperti sayuran dan buah-buahan. Ada juga beberapa makanan tidak sehat yang perlu kamu hindari supaya ususmu tetap sehat.

Adapun beberapa tanda jika kesehatan ususmu sedang terganggu, diantaranya sembelit, sering merasa kembung, diare yang berlebihan, sampai pendarahan rektal dari wasir internal. Jika kamu merasa bahwa perutmu menjadi lebih sensitif atau kesehatan ususmu sedang terganggu, cobalah hindari beberapa jenis makanan berikut ini.

Produk susu

Hampir semua orang di dunia ini menyukai produk susu, seperti keju, es krim, yoghurt dan yang lainnya. Namun menurut penelitian, tercatat lebih dari 65% orang di dunia tidak toleran terhadap laktosa. Rasa alergi dan intoleransi terhadap produk susu akan menjadi sumber permasalahan dalam perut.

Bagi kamu yang mempunyai masalah seperti ini cobalah untuk mencari alternatif lain dengan mengganti produk susu yang selama ini kamu konsumsi. Hal ini akan membuat kesehatan ususmu perlahan menjadi semakin membaik.

Daging tinggi lemak

Daging tinggi lemak banyak ditemukan dalam olahan makanan cepat saji seperti hamburger, steak, sosis dan olahan daging lainnya. Daging tinggi lemak berpotensi mengganggu keseimbangan bakteri di dalam usus. Untuk itu, supaya ususmu menjadi lebih sehat, sebaiknya perbanyak memakan makanan yang tinggi kandungan seratnya.

Makanan dan minuman yang tinggi kandungan gula

Makanan dengan kadar gula yang tinggi sejatinya merupakan makanan tidak sehat yang harus dihindari. Walaupun sekarang sudah banyak beredar pemanis buatan rendah kalori, namun perlu diketahui bahwa pemanis-pemanis tersebut dapat mengganggu mikrobioma di dalam usus.

Jadi, jika kamu memiliki perut yang sensitif sebaiknya hindari konsumsi makanan dan minuman yang tinggi kandungan gula, baik itu gula asli ataupun pemanis buatan seperi aspartam, sorbitol ataupun xylitol.

Baca juga : Manfaat Telur Asin bagi Kesehatan dan Kecantikan

Makanan yang digoreng atau berminyak

Walaupun terasa nikmat dan gurih, ternyata makanan yang digoreng atau berminyak lebih sulit dicerna oleh tubuh, dan bahkan bisa menyebabkan masalah perut seperti diare, kembung, atau sakit perut. Bagi kamu yang memiliki perut sensitif sebaiknya hindari makanan yang digoreng dan disarankan untuk lebih memperbanyak makan sup.

Makanan pedas

Makanan pedas dapat mengganggu kesehatan usus sehingga bisa menyebabkan rasa sakit pada perut, heartburn atau bahkan diare. Bagi kamu yang mempunyai riwayat asam lambung juga sebaiknya hindari memakan makanan pedas, karena makanan pedas bisa memicu iritasi lambung.

Makanan pedas

Alkohol sudah jelas bukanlah minuman yang baik untuk dikonsumsi. Alkohol memang tidak baik untuk kesehatan salah satunya untuk kesehatan usus. Alkohol dapat menurunkan jumlah bakteri baik dalam usus. Untuk itu, hindari minuman yang mengandung alkohol seperti koktail. bir  dan anggur. (Willy/CN/Djavatoday)

5 Manfaat Makan Sayur Mentah yang Tidak Banyak Orang Tahu

Manfaat makan sayur mentah bisa membantu kamu dalam menerapkan pola hidup sehat. Hasil bumi yang melimpah dengan beragam jenis serta manfaat yang berbeda dapat...

Tips Melancarkan Haid, No Sakit-sakit Lagi!

Tips melancarkan haid bisa bermanfaat untuk kamu yang baru saja mengalami fase menstruasi atau sering mengalami sakit saat menstruasi.

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...
IMG-20240721-WA0006
IMG-20240721-WA0006

Terpopuler

Lainnya