Rabu, Juni 19, 2024

5 Tips Menyimpan Buah di Dalam Kulkas Agar Tetap Segar

Tips menyimpan buah di dalam kulkas ini sangat berguna untuk membuat buah-buahan lebih awet. Ketika kamu membeli buah tentunya kamu tidak akan memakan habis semua buah terebut dalam satu waktu. Kamu biasanya akan menyimpannya ke dalam lemari pendingin agar lebih awet.

Tapi tahukah kamu, memasukan buah ke dalam kulkas tidak boleh asal-asalan loh. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar buah yang kamu simpan di dalam kulkas tetap segar dan tahan lama. Dengan begitu buahmu tidak akan cepat membusuk. Biar gak salah langkah, yuk simak artikel di bawah ini.

Tips Menyimpan Buah di Dalam Kulkas

Berikut beberapa tips menyimpan buah di dalam kulkas.

Hindari mencuci buah

Tips menyimpan buah yang pertama adalah dengan tidak mencucinya. Jika kamu ingin menyimpannya di kulkas maka sebaiknya buah tersebut jangan kamu cuci. Buah yang kamu cuci akan membuatnya menjadi lembab. Kondisi buah yang seperti itu akan mempercepat pertumbuhan bakteri sehingga buah akan cepat membusuk.

Namun jika kamu ingin memakannya jangan lupa untuk tetap kamu cuci ya. Pastikan buah yang kamu konsumsi ini bersih dan aman untuk kamu makan.

Pisahkan dengan bahan makanan lain

Di dalam kulkas memungkinkan kamu untuk menaruh banyak bahan makanan. Ketika kamu menyimpan buah maka pastikan kamu memisahkannya dari bahan makanan yang lain. Tips menyimpan buah yang satu ini bertujuan untuk menghindari buah terkena kontaminasi bakteri. Hal ini juga berguna untuk menjaga kualitas buah agar tetap bagus.

Perhatikan wadah yang kamu gunakan

Selain memisahkan buah dengan bahan makanan yang lain, kamu juga perlu memerhatikan wadah yang kamu gunakan untuk menyimpan buah. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan tentunya memastikan wadah yang kamu gunakan ini sudah steril.

Tips menyimpan buah yang satu ini bisa kamu sesuaikan dengan buah yang kamu simpan. Untuk buah yang masih utuh dan belum kamu potong atau kupas bisa kamu masukan ke dalam wadah plastik. Berikan juga beberapa lubang kecil sebagai ventilasi guna menghindari buah dari kontaminasi langsung dan perubahan kualitas. Sedangkan untuk buah yang sudah kamu potong bisa kamu letakkan di wadah yang kering untuk menjaga kualitasnya.

Perhatikan suhu dalam kulkas

Tips menyimpan buah yang selanjutnya adalah memerhatikan suhu dalam kulkasmu. Kamu tidak bisa membiarkan kulkas dalam kondisi suhu sehari-hari ya karena bisa jadi suhu tersebut tidak sesuai. Sebaiknya atur suhu kulkasmu sekitar 0-10 derajat celcius agar buah kamu dapat terjaga dan tidak cepat busuk.

Pastikan kulkasmu dalam keadaan bersih

Tips menyimpan buah yang terakhir dan tak kalang penting adalah tentang kebersihannya. Kualitas buah sangat dipengaruhi oleh kontaminasi bakteri. Jika kulkasmu kotor maka akan semakin berisiko juga buah kamu terkena bakteri. Sebaliknya, jika kulkasmu bersih maka hal tersebut dapat mengurangi risiko buah terkontaminasi bakteri.

Demikianlah tips menyimpan buah yang baik dan benar di dalam kulkas. Dengan cara-cara di atas maka buahmu akan lebih awet dan kualitasnya tetap terjaga. Jadi, jangan lupa terapkan ya. (Khumairoh/Djavatoday)

Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daging kambing ternyata begitu banyak untuk kesehatan tubuh kita karena memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik.

Tips Meredam Rasa Marah, Kendalikan Emosi dengan Lebih Bijak

Tips meredam rasa marah kali ini akan membantu kamu mengendalikan emosi dengan baik. Sebagai manusia, rasa marah memang wajar datang. Namun ada kalanya kamu...

Tak Hanya Menyegarkan, Berikut Manfaat Air Kelapa yang Baik untuk Tubuh

Manfaat air kelapa memiliki peran yang cukup besar terhadap kesehatan. Lebih dari sekadar rasanya yang menyegarkan dan nikmat saat di minum, air kelapa mengandung...

8 Makanan Rendah Kalori, Cocok untuk Diet Sehat!

Makanan rendah kalori merupakan asupan yang cocok bagi kamu yang ingin melakukan diet dengan cara sehat. Untuk menurunkan badan atau memiliki tubuh yang ideal,...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya