Sabtu, April 20, 2024

5 Tips Memilih Telur Ayam yang Baik untuk Dikonsumsi

Tips memilih telur ayam ini perlu diketahui banyak orang. Terutama untuk kamu yang sangat gemar mengkonsumsi telur ayam. Telur adalah salah satu makanan yang banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia. Selain itu juga mengandung protein yang baik bagi tubuh kita, sehingga tak heran jika mengkonsumsinya sangat dianjurkan.

Telur ayam memiliki harga yang terjangkau serta mudah ditemukan. Selain itu, telur juga mudah diolah menjadi berbagai macam masakan yang lezat. Namun, di balik manfaatnya tadi, telur ayam juga bisa menjadi sumber penyakit. Kulit luar ayam merupakan bagian rawan berkembangnya bakteri Salmonella.

Nah, untuk itulah kamu perlu tahu tips memilih telur ayam yang tepat. Telur ayam yang baik dapat kamu lihat dari bagian luarnya. Kamu juga bisa mengetesnya kembali di rumah dengan cara merendamnya.

Tips Memilih Telur Ayam yang Berkualitas

Berikut tips memilih telur ayam yang perlu kamu perhatikan. Yuk simak informasi berikut dengan baik.

Perhatikan bagian cangkang telur

Tips memilih telur ayam yang pertama tentunya dengan melihat bagian luar atau cangkang telur. Bagian ini merupakan bagian yang paling mudah untuk kamu perhatikan. Telur adalah bahan makanan yang mudah pecah dan retak, maka usahakan kamu memilih telur yang tidak retak walaupun hanya sedkit.

Telur yang retak memiliki kemungkinan terinfeksi oleh kuman dan bakteri. Tak peduli sekecil apapun retakannya, retakan ini dapat membuat pori-pori cangkang terbuka dan udara masuk ke dalam. Hal ini juga akan membuat telur mudah rusak dan busuk.

Pilih telur yang berwarna pekat

Telur yang baik terlihat dari cangkangnya yang berwarna pekat dan cerah. Dua tanda ini menunjukkan bahwa telur ayam tersebut masih segar. Jadi jika kamu ingin membeli telur ayam, pilihlah yang warnanya pekat dan cerah.

Sebaliknya, hindari telur yang memiliki retak, bintik, atau terlihat mengkilap. Ciri-ciri tersebut menandakan telur terlalu lama disimpan dan telah ditumbuhi jamur.

Perhatikan aroma telur

Tips memilih telur ayam yang berikutnya yaitu dengan mencium aroma telur. Telur yang baik tentu tidak akan menimbulkan bau busuk sedikit pun.

Penting bagi kamu untuk mencium terlebih dahulu sebelum membelinya. Caranya yaitu dengan mendekatkan telur ke hidung dan cium aromanya. Kalau telur tersebut beraroma busuk atau bau maka sudah tentu isinya pun sudah tidak baik.

Kocok telur secara perlahan

Gerakkan atau guncang telur secara perlahan untuk mengetahui kualitas telur. Jika telur bergerak mengikuti gerakanmu maka telur tersebut sudah tidak baik lagi. Telur yang baik tidak akan bergerak dan tidak menimbulkan suara ketika dikocok.

Rendam telur di dalam air

Tips memilih telur ayam yang terakhir mungkin hanya bisa kamu lakukan ketika sudah di rumah. Hal ini kamu lakukan untuk memastikan apakah telur yang sudah kamu beli ini layak untuk dikonsumsi atau tidak.

Caranya yaitu dengan memasukkan telur ke dalam gelas yang sudah berisi air. Jika telur berada dalam posisi tertidur maka telur tersebut dalam keadaan baik. Sebaliknya, jika telur mengapung maka telur tersebut sudah busuk atau tidak layak untuk kamu konsumsi.

Tips memilih telur ayam di atas harus kamu terapkan, ya, agar menghindari telur yang tidak baik. Lakukan hal ini sebagai upaya untuk menjaga kesehatanmu dan juga keluargamu. Semoga membantu, ya. (Ume/Djavatoday)

5 Tips Mengecilkan Betis dengan Mudah dan Cepat

Tips mengecilkan betis bisa berguna bagi siapapun, baik itu pria maupun wanita. Betis merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu mendapatkan latihan yang benar....

6 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Minum air putih menjadi salah satu peranan penting yang berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Dibanding minuman berperisa berkarbonat, air putih lebih sehat dikonsumsi karena...

Dapat Mencegah Anemia, Berikut Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi buah kurma merupakan amalan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Buah yang memiliki keistimewaan di bulan Ramadhan ini identik dengan rasanya yang manis....

Jangan dipencet! Ini Dia Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Jerawat sebetulnya merupakan hal wajar yang kerap kali dialami oleh remaja puber di masa-masa fluktuasi hormon. Tetapi meskipun begitu, seseorang akan melakukan secercah cara...

Terpopuler

Lainnya