Sabtu, Juli 13, 2024

5 Penyebab Munculnya Jerawat, Kenali dan Pahami!

Penyebab munculnya jerawat bisa bermacam-macam, mulai dari faktor lingkungan, gaya hidup, sampai faktor hormon. Oleh karena itu kamu perlu memahaminya lebih dalam agar bisa mengantisipasi sekaligus menghadapi kemunculan jerawat.

Jerawat atau disebut juga acne vulgaris (AV) merupakan suatu kondisi penyakit peradangan kronis dari kelenjar pilobasea yang ditandai adanya komedo, popul, kista, dan pustul. Biasanya jerawat muncul pada bagian wajah namun tidak menutup kemungkinan jerawat dapat muncul di bagian tubuh lain.

Penyebab Munculnya Jerawat di Wajah

Berikut beberapa penyebab munculnya jerawat pada wajah. Yuk simak.

Faktor hormon

Penyebab munculnya jerawat yang pertama yaitu karena pengaruh hormon. Beberapa kondisi hormonal yang biasanya menimbulkan jerawat di antaranya yaitu ketika menstruasi, hamil, menopause, dan sebagainya. Kondisi-kondisi tadi memang rentan memunculkan jerawat dan bisa dikatakan sebagai hal yang normal. Akan tetapi jika kamu merasa jerawatmu semakin parah dan tidak biasa maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kulit agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Faktor genetik

Siapa sangka jerawat juga bisa disebabkan karena faktor keturunan atau genetik. Cobalah untuk perhatikan apakah keluargamu memiliki masalah jerawat juga atau tidak. Jika iya, bisa jadi jerawatmu disebabkan karena faktor genetik.

Meski begitu, jerawatmu masih bisa disembuhkan kok, jadi jangan khawatir ya. Kondisi jerawat karena faktor genetik tidak bersifat permanen. Kamu bisa menyembuhkannya dengan berkonsultasi ke dokter kulit dan menjaga pola hidup.

Bakteri

Penyebab munculnya jerawat yang selanjutnya bisa jadi paling banyak terjadi dari sekian banyaknya kasus jerawat. Bakteri menjadi salah satu penyebab terbesar munculnya jerawat. Bakteri penyebab jerawat ini bernama Propionibacterium acnes.

Propionibacterium acnes  dapat menyumbat folikel rambut di pori-pori. Hal inilah yang akan memunculkan jerawat. Nah kalau kamu sudah tahu bahwa bakteri menjadi biang kerok munculnya jerawat, maka pastikan kamu terhindar dari lingkungan yang kotor dan berdebu. Di tempat seperti itulah bakteri dapat berkembang secara cepat.

Penggunaan produk yang tidak sesuai

Sebagian orang mungkin memiliki kulit wajah yang sensitif dan mudah berjerawat. Biasanya orang dengan tipe kulit sensitif dianjurkan untuk berhati-hati dalam memilih produk kecantikan seperti make up  dan skincare. Penggunaan produk kecantikan yang tidak sesuai akan memicu terjadinya alergi atau menyumbat pori-pori sehingga jerawat bermunculan.

Kebiasaan begadang

Penyebab munculnya jerawat yang terakhir yaitu kebiasaan begadang atau tidur larut malam. Nggak hanya menganggu kesehatan tubuh, ternyata begadang juga berdampak buruk pada kesehatan kulitmu. Salah satunya yaitu kulit jadi lebih rentan berjerawat.

Kurang tidur akibat begadang akan membuat waktu tidurmu berkurang sehingga tubuhmu tidak memiliki waktu istirahat yang cukup. Akibatnya tubuh menjadi lelah dan produksi hormon kortisol pun akan meningkat. Hormon inilah yang akan memicu peradangan pada tubuh, sehingga struktur dan fungsi kulit akan menjadi rusak.

Itulah beberapa penyebab munculnya jerawat. Yuk mulai jaga kebersihan dan rutin merawat wajah agar tidak ada jerawat yang muncul lagi. Semoga artikel di atas dapat membantumu, ya, Sobat Djava. (Ume/Djavatoday)

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya