Kamis, April 11, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

5 Penyebab Kulit Kering, Jangan Sepelekan!

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Penyebab kulit kering ada beragam dan kamu harus memahaminya untuk dapat mengatasinya. Kulit kering memang menjadi salah satu kondisi yang sering terjadi pada sebagian orang. Namun kamu tidak boleh menyepelekannya, loh. Kulit kering yang terus dibiarkan tanpa penanganan apapun dapat menyebabkan eksim hingga infeksi. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengenali penyebab kulit kering.

Umumnya kulit kering terjadi pada sekitar kulit lengan, tangan, wajah, dan kaki. Meski begitu, tak menutup kemungkinan dapat terjadi pula di bagian tubuh lain. Kulit kering atau xerosis dapat ditandai dengan gejala seperti rasa gatal, teksturnya merah dan kasar, serta mudah mengelupas.

Penyebab Kulit Kering

Iritasi

Penyebab yang pertama yaitu adanya iritasi pada kulit. Iritasi pada kulit juga dapat terjadi karena beberapa faktor seperti penggunaan sabun mandi berantiseptik, paparan debu dan polusi, terkena alkohol pada parfum, dan teriritasi oleh deterjen atau sabun cuci.

Ada beberapa bahan yang memang dapat membuat kulit mudah iritasi. Di antaranya yaitu alkohol, deterjen, antiseptik, dan sebagainya. Bahan-bahan tersebut dapat mengurangi produksi sebum atau minyak alami kulit sehingga kulit kekurangan kelembapannya.

Perubahan cuaca

Faktor cuaca juga dapat memicu terjadinya kulit kering. Hal ini terjadi karena cuaca memiliki pengaruh terhadap kelembapan udara. Makin rendah kelembapan udara maka makin mudah kulit menjadi kering. Itu sebabnya orang yang berada di cuaca yang dingin lebih mudah mengalami masalah kulit kering.

Meski begitu, bukan berarti cuaca panas dapat melindungi kulit. Cuaca yang panas juga dapat membuat kulit kering karena dehidrasi. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk menggunakan produk pelembap kulit saat hendak keluar beraktivitas.

Penuaan

Penyebab yang berikutnya yaitu akibat terjadinya proses penuaan. Usia yang semakin bertambah akan membuat kulit lebih tipis dan produksi sebum semakin menurun. Proses penuaan ini biasanya terjadi ketika seseorang memasuki usia 40 tahun ke atas. 

Tak hanya penurunan sebum, penuaan juga dapat menyebabkan penurunan kolagen pada kulit. Kondisi inilah yang menyebabkan kulit menjadi kering.

Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari yang langsung mengenai kulit juga dapat menyebabkan terjadinya kulit kering. Hal ini terjadi karena kulit mengalagi dehidrasi. Sinar ultraviolet pada matahari akan menembus jauh ke permukaan kulit sehingga kulit kehilangan kelembapannya. Maka dari itu, perlu dilakukan perlindungan kulit dari paparan sinar matahari langsung seperti sunblok atau sunscreen.

Kurang minum air putih

Penyebab yang terakhir dapat disebabkan karena seseorang tidak mendapatkan asupan air putih yang cukup. Sekitar satu per tiga tubuh terdiri dari air, maka dari itu penting bagi kamu untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh.

Tubuh yang kekurangan air akan mengalami dehidrasi. Nah, dehidrasi inilah yang dapat menyebabkan kulit nampak kering atau bahkan menjadi kusam dan tak bercahaya.

Itulah beberapa penyebab kulit kering. Tetap jaga kulitmu dengan mencegah hal-hal di atas terjadi. Dengan begitu maka kulitmu pun akan tetap terasa lembap dan sehat. (Ume/Djavatoday)

Dapat Mencegah Anemia, Berikut Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi buah kurma merupakan amalan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Buah yang memiliki keistimewaan di bulan Ramadhan ini identik dengan rasanya yang manis....

Jangan dipencet! Ini Dia Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Jerawat sebetulnya merupakan hal wajar yang kerap kali dialami oleh remaja puber di masa-masa fluktuasi hormon. Tetapi meskipun begitu, seseorang akan melakukan secercah cara...

Tips Manjur Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kesehatan gigi dan mulut merupakan hal paling penting yang tidak boleh kamu abaikan begitu saja. Peran gigi sangatlah berpengaruh terhadap sistem pencernaan manusia, sebab...

5 Cara Efektif Supaya Tidak Mudah Mengantuk Saat Beraktivitas

Mudah mengantuk saat beraktivitas adalah hal paling menjengkelkan yang sering kali kita alami. Tubuh jadi tidak bersemangat untuk mengikuti rangkaian kegiatan yang mesti diselesaikan....

Terpopuler

Lainnya