Senin, Juni 17, 2024

5 Obat Sariawan Mulut yang Tersedia di Apotik

Obat sariawan mulut dapat meringankan nyeri pada sekitar area mulut. Penggunaan obat sariawan juga akan membantu mempercepat penyembuhan. Dengan begitu maka kamu dapat kembali makan dan minum dengan lebih nyaman.

Sariawan mulut memang sangat mengganggu. Rasa sakitnya terkadang membuat kepala ikut terasa pusing. Maka dari itu, agar cepat hilang, segeralah konsumsi obat sariawan.

Obat sariawan bisa kamu temukan di apotik terdekat. Banyak jenis obat yang bisa kamu pilih di sana. Berikut ini kami rekomendasikan obat sariawan mulut yang bisa kamu dapatkan di apotik.

Obat Sariawan Mulut di Apotik

Enkasari Herbal

Obat sariawan mulut yang pertama yaitu Enkasari Herbal. Obat ini merupakan obat kumur yang bisa kamu jadikan untuk mengatasi sariawan, bau mulut, serta dapat membuat napas menjadi lebih segar.

Enkasari Herbal memiliki kandungan bahan alami yang baik untuk kesehatan mulut. Beberapa kandungan tersebut di antaranya daun saga, sari daun sirih, sari akar kayu manis, dan mentholum.

Degirol Lozenges

Kalau obat yang satu ini dikonsumsi dengan cara dihisap. Degirol Lozenges dikemas dalam bentuk tablet yang dapat membantu mengatasi sariawan dan masalah tenggorokan. Obat ini dapat berperan sebagai antiseptik yang berguna untuk menghilangkan virus dan bakteri penyebab infeksi.

Kandungan dequalinium chloride pada Degirol Lozenges dapat melumasi sariawan dan meredakan peradangan. Pemakaian obat ini akan membantumu dalam mengurangi rasa sakit pada sariawan sekaligus menyembuhkannya.

Betadine Sore Throat

Obat sariawan mulut yang berikutnya yaitu Betadine Sore Throat. Obat ini menjadi salah satu obat paling dicari untuk mengatasi sariawan. Betadine Sore Throat merupakan obat semprot yang mengandung senyawa aktif povidone-iodine. Senyawa-senyawa tersebut efektif dalam membunuh kuman, bakteri, dan jamur penyebab masalah pada mulut, termasuk sariawan.

Gentian Violet

Gentian Violet masuk ke dalam jenis obat kumur. Obat ini cocok untuk mengatasi sariawan jenis thrush, yakni sariawan yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur Candida dalam rongga mulut.

Seperti namanya, obat ini memiliki kandungan kristal violet yang bersifiat antijamur. Sifat ini membuat Gentian Violet dapat membantu mengobati infeksi jamur. Selain dapat dipakai dengan cara menyemprotkannya, Gentian Violet juga bisa digunakan sebagai obat oles.

Kenalog In Orabase

Obat sariawan yang terakhir yaitu Kenalog In Orabase. Sariawan pada mulut tidak semata-mata disebabkan oleh jamur, terkadang sariawan terjadi karena tergigit. Kondisi ini sering terjadi khususnya untuk orang yang memiliki kawat gigi atau gigi palsu.

Nah, untuk mengobatinya kamu bisa menggunakan Kenalog In Orabase ini. Obat ini memiliki kandungan triammcinolone dan masuk ke dalam kelompok obat kortikosteroid. Kenalog termasuk ke dalam obat keras sehingga kamu perlu resep dokter untuk bisa mengkonsumsinya secara aman.

Itulah beberapa obat sariawan mulut yang bisa kamu gunakan untuk menyembuhkan sariawan. Semoga artikel ini dapat membantumu, ya, dan semoga sariawanmu dapat segera sembuh. (Ume/Djavatoday)

Tips Meredam Rasa Marah, Kendalikan Emosi dengan Lebih Bijak

Tips meredam rasa marah kali ini akan membantu kamu mengendalikan emosi dengan baik. Sebagai manusia, rasa marah memang wajar datang. Namun ada kalanya kamu...

Tak Hanya Menyegarkan, Berikut Manfaat Air Kelapa yang Baik untuk Tubuh

Manfaat air kelapa memiliki peran yang cukup besar terhadap kesehatan. Lebih dari sekadar rasanya yang menyegarkan dan nikmat saat di minum, air kelapa mengandung...

8 Makanan Rendah Kalori, Cocok untuk Diet Sehat!

Makanan rendah kalori merupakan asupan yang cocok bagi kamu yang ingin melakukan diet dengan cara sehat. Untuk menurunkan badan atau memiliki tubuh yang ideal,...

Patut diwaspadai! Ini Dia Efek Samping Mengonsumsi Telur Mentah bagi Kesehatan

Mengonsumsi telur mentah yang disimpan dengan tidak higienis mempunyai sejumlah risiko berbahaya. Bagi sebagian orang, makan telur mentah sudah menjadi hal yang biasa, pun...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya