Rabu, April 24, 2024

5 Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan

Manfaat buah pisang ini cukup banyak, loh. Salah satu manfaat yang paling dikenal masyarakat yaitu pisang dapat menjadi sumber energi tubuh. Buah berkulit kuning ini menjadi buah tropis yang memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Pisang merupakan salah satu buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Harganya yang terjangkau dan rasanya yang nikmat menjadikan pisang sebagai buah paling digemari. Tak hanya itu, buah ini juga sangat mudah didapatkan.

Buah pisang memiliki berbagai macam jenis. Setiap jenisnya bahkan memiliki ciri bentuk dan rasa yang berbeda-beda. Buah ini bisa dimakan langsung atau diolah menjadi berbagai macam camilan lezat. Di balik ukurannya yang kecil, buah pisang sangat baik bagi kesehatan, loh. Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan ketika mengkonsumsi buah yang satu ini.

Manfaat Buah Pisang

Berikut beberapa manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh.

Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat buah pisang yang pertama yaitu dapat melancarkan sistem pencernaan tubuh. Pisang merupakan sumber probiotik sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan usus dan saluran pencernaan.

Senyawa probiotik pada pisang bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi penyakit pencernaan seperti diare dan sembelit. Pisang juga masuk ke dalam kelompok buah yang kaya akan serat dan rendah asam. Rendahnya kandungan asam pada pisang membuatnya aman dikonsumsi untuk penderita asam lambung.

Menurunkan berat badan

Kamu sedang menjalani program diet tapi tetap pengin ngemil sehat? Tenang aja, kamu bisa mengkonsumsi pisang untuk melancarkan program dietmu.

Pisang memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat pada pisang inilah yang akan memberikan efek kenyang yang lebih lama. Dengan begitu maka kamu tidak akan mudah merasa lapar.

Mencegah penyakit jantung

Manfaat buah pisang yang berikutnya yaitu dapat mencegah penyakit jantung. Hal ini terjadi karena pisang mengandung kalium yang berfungsi menjaga kesehatan pembuluh darah. Dengan begitu maka proses pengedaran oksigen akan lebih terjaga.

Kandungan kalium pada pisang juga bermanfaat dalam menjaga kestabilan detak jantung serta tekanan darah. Oleh karena itulah pisang menjadi salah satu buah yang mampu mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke.

Meningkatkan kualitas tidur

Tak sedikit orang yang mengalami gangguan tidur. Kondisi ini dapat berdampak buruk pada kesehatan fisik dan psikologis seseorang. Sebab, apabila seseorang tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup maka ia akan mudah lelah dan stres.

Jika kamu termasuk salah satu orang yang mengalami gangguan tidur, maka kamu bisa mengkonsumsi buah pisang. Buah ini mengandung trypthopan yang dapat menghasilkan seratonin lebih banyak.

Seratonin yang banyak akan membuatmu terhindar dari stres dan depresi. Kedua masalah di atas merupakan salah satu faktor yang dapat membuat seseorang susah tidur. Dengan rutin mengkonsumsi pisang maka kamu dapat meningkatkan kualitas tidurmu.

Menyembuhkan peradangan kronis

Manfaat buah pisang yang terakhir yaitu dapat menyembuhkan peradangan kronis. Pisang mengandung antioksidan yang dapat bermanfaat dalam melindungi tubuh dari berbagai kerusakan akibat radikal bebas.

Antioksidan akan bekerja dengan melindungi tubuh sehingga dapat menurunkan risiko peradangan kronis. Masalah peradangan kronis dapat terlihat dari beberapa gejala seperti tubuh mudah lelah, gangguan pencernaan, gangguan penglihatan, dan nyeri pada bagian punggung.

Demikian beberapa manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh. Tetap jaga stamina tubuh dengan konsumsi buah kaya manfaat seperti pisang, ya. (Ume/Djavatoday)

Macam-macam Olahraga Ringan yang Bisa dilakukan di Rumah

Macam-macam olahraga ringan ini bisa dilakukan meski tanpa alat dan di rumah saja. Olahraga merupakan kegiatan jasmani yang tidak boleh diabaikan guna menjaga kesehatan...

Jangan dibuang! Ini Dia 5 Manfaat Ampas Kopi yang Harus Kamu Ketahui

Manfaat ampas kopi membawa pengaruh baik dalam kehidupan sehari-hari. Biji kopi yang melewati proses sangrai dan dihaluskan menjadi bubuk ini acap kali dikonsumsi oleh...

5 Tips Mengecilkan Betis dengan Mudah dan Cepat

Tips mengecilkan betis bisa berguna bagi siapapun, baik itu pria maupun wanita. Betis merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu mendapatkan latihan yang benar....

6 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Minum air putih menjadi salah satu peranan penting yang berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Dibanding minuman berperisa berkarbonat, air putih lebih sehat dikonsumsi karena...

Terpopuler

Lainnya