Selasa, Juli 16, 2024

5 Manfaat Buah Pepaya bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat buah pepaya ini cukup banyak, loh. Salah satu manfaat yang paling dikenal oleh masyarakat adalah dapat melancarkan sistem pencernaan. Pepaya mungkin masuk ke dalam golongan buah yang murah, namun siapa sangka buah ini memiliki berbagai macam khasiat bagi kesehatan.

Buah yang memiliki nama latin Carica Papaya L. ini berasal dari daerah selatan Meksiko dan bagian utara Amerika Selatan. Buah pepaya merupakan salah satu makanan sehat yang mudah ditemukan. Saat ini kamu bisa menemukan buah pepaya di hampir seluruh wilayah Indonesia. 

Buah pepaya mengandung berbagai macam nutrisi yang baik bagi tubuh. Beberapa di antaranya yaitu karbohidrat, serat, protein, vitamin C, vitamin A, vitamin B, vitamin K, magnesium, kalsium, Folat, dan Potasium. Kandungan-kandungan tersebutlah yang menjadikan pepaya sebagai buah yang kaya akan manfaat.

Manfaat Buah Pepaya bagi Kesehatan

Berikut beberapa manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh.

Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat buah pepaya yang pertama ini mungkin udah sering Sobat Djava dengar. Buah pepaya dipercaya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Hal ini terjadi karena kandungan enzim yang ada pada pepaya. Enzim tersebut di antaranya yaitu papain, chymopapain, caricain, dan glycyl endopeptidase.

Kadar enzim di atas akan semakin tinggi ketika buah pepaya dalam kondisi matang. Enzim yang terkandung dalam pepaya dapat mencerna protein yang masuk ke dalam tubuh sehingga sistem pencernaan pun akan lebih lancar.

Meningkatkan kesehatan kulit

Ingin kulit kamu terlihat lebih sehat dan cerah? Coba deh manfaatin buah pepaya ini. Enzim papain pada pepaya dapat membantu melembutkan dan merevitalisasi kulit. Sifat ini gak hanya membuat kulit kamu terlihat sehat, namun juga terlihat muda.

Tak hanya itu, kandungan vitamin A dan vitamin C pada pepaya juga dapat mengurangi kerutan dan memudarkan bintik-bintik hitam. Buah ini cocok untuk digunakan sebagai upaya pencegahan penuaan dini.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah pepaya yang berikutnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Seperti yang kita ketahui, penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang banyak menyerang masyarakat di Indonesia bahkan dunia. Salah satu cara untuk mencegah penyakit jantung yaitu dengan rutin mengkonsumsi pepaya.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa buah-buahan yang mengandung likopen dan vitamin C dapat membantu mencegah panyakit jantung. Nah, buah pepaya ini masuk ke dalam kategori tersebut, nih, Sobat Djava. Buah pepaya juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat melindungi jantung dan meningkatkan efek perlindungan kolesterol baik.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Musim hujan begini kamu harus punya sistem imun yang kuat agar tidak mudah terserang penyakit. Untuk menjaga kesehatan tubuh maka kamu bisa mengkonsumsi buah pepaya. Kandungan vitamin C pada buah ini memiliki peran yang penting dalam meningkatkan sistem imun tubuh.

Vitamin C pada pepaya akan bekerja dengan memproduksi sel darah putih yang dapat melawan infeksi dan penyakit. Maka dari itu, konsumsi pepaya secara rutin dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Menjaga kesehatan ginjal

Manfaat buah pepaya yang terakhir yaitu menjaga kesehatan ginjal. Tak hanya jantung, ginjal juga menjadi salah satu bagian vital tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Dengan mengkonsumsi pepaya maka kamu dapat memberikan efek yang baik pada ginjalmu.

Itulah beberapa manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh. Konsumsilah buah pepaya secara rutin agar kamu bisa merasakan manfaat-manfaat di atas. (Ume/Djavatoday)

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya