spot_img
Minggu, Agustus 14, 2022
spot_img

5 Kandungan dalam Skincare yang Menyebabkan Kulit Berminyak dan Berjerawat

Beberapa orang memang memiliki kelenjar sebaceous yang bisa menghasilkan terlalu banyak minyak. Bahkan kondisi ini bisa terjadi sekalipun beberapa jam setelah di bersihkan. Selain itu, kulit berminyak juga bisa di sebabkan oleh beberapa kandungan dalam skincare yang kurang tepat untuk jenis kulit tertentu.

Berikut ini 5 jenis kandungan dalam skincare yang menyebabkan kulit berminyak dan berjerawat, antara lain :

Baca juga : 5 Jenis Kandungan Dalam Skincare yang Mampu Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Emolien oklusif

Emolien oklusif yang terkandung pada produk skincare adalah pelembab yang membentuk penghalang hidrofobik pada kulit. Skincare yang mengandung emolien oklusif memang sangat baik di aplikasikan pada kulit kering.

Namun, kandungan tersebut menjadi terlalu berat untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat. Jika digunakan, ini akan membuat kulitmu menjadi tambah lengket.

Minyak kelapa

Orang yang memiliki kulit wajah yang berminyak cenderung tidak cocok menggunakan produk skincare yang mengandung minyak kelapa. Minyak kelapa malah akan membuat wajahmu menjadi lebih berminyak.

Minyak kelapa juga bisa menyumbat pori-pori, menyebabkan terbentuknya komedo dan memperbutuk kondisi jerawat bagi beberapa orang. Oleh karena itu, skincare yang mengandung minyak kelapa harus dihindari, terutama bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak.

Kulit berminyak membutuhkan pelembab yang tepat, namun bukan dari minyak kelapa. Di kutip dari Byrdie, minyak kelapa bahkan memiliki potensi tinggi untuk menyumbat bukaan folikel.    

Silikon

Orang yang memiliki jenis kulit yang rentan berjerawat, harus menghindari produk skincare yang mengandung silikon. Pasalnya, penggunaan silikon dapat menjebak minyak, kotoran dan sel kulit mati. Kondisi ini pada akhirnya malah akan memperburuk kondisi jerawat.

Silikon bekerja sebagai penghalang yang menjebak zat komedogen sehingga meningkatkan kemungkinan munculnya minyak berlebih pada wajah maupun jerawat.

Pewarna buatan

Pewarna buatan memang lazim digunakan dalam produk kecantikan. Namun hal ini perlu di waspadai oleh kulit berminyak. Pewarna buatan pada produk skincare bisa menimbulkan jerawat terutama di area pipi. Khususnya jenis xanthenes, monoazoanilines, fluorans dan indigoids.

Scrub yang terlalu keras

Setiap jenis kulit memang memerlukan proses eksfoliasi agar sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah bisa terangkat, salah satunya dengan menggunakan scrub.

Namun perlu di perhatikan bahwa kulit berminyak tidak cocok menggunakan produk scrub yang terlalu keras. Hal ini akan membuat kulit menjadi lebih rentan terhadap minyak berlebih dan menyebabkan munculnya jerawat.

Sebaiknya gunakan produk skincare dengan scrub yang lembut agar kulitmu tidak terkelupas secara mendalam. (Willy/Djavatoday)

Cara Menghilangkan Rasa Gugup Saat Berbicara Depan Umum

Menghilangkan rasa gugup ketika berada di depan banyak umum memang tidaklah mudah. Terlebih untuk kamu yang memiliki sifat pemalu dan tidak percaya diri, berbicara...

Penuhi Gizi, Ini 6 Makanan Pencegah Stunting pada Anak

Berikut ada beberapa makanan pencegah Stunting yang mudah dan murah. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis yang dapat...

Tips Memilih Hewan Kurban saat Merebaknya Wabah PMK

Tips memilih hewan kurban sebenarnya sederhana, cukup pastikan sehat dan sesuai dengan syariat. Namun, di masa wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) ini, memilih...

6 Penyakit Ini Bisa diatasi dengan Tumbuhan Alang-alang 

Djavatoday.com, Kesehatan - Alang-alang merupakan tumbuhan liar dan menjurus sebagai gulma. Tumbuhan ini memiliki nama spesialis imperatae rhizoma, tempat tumbuhnya ada pada sekeliling kita,...
- Advertisment -spot_img

Terpopuler

Lainnya