Minggu, Juli 14, 2024

5 Kandungan dalam Skincare yang Menyebabkan Kulit Berminyak dan Berjerawat

Beberapa orang memang memiliki kelenjar sebaceous yang bisa menghasilkan terlalu banyak minyak. Bahkan kondisi ini bisa terjadi sekalipun beberapa jam setelah di bersihkan. Selain itu, kulit berminyak juga bisa di sebabkan oleh beberapa kandungan dalam skincare yang kurang tepat untuk jenis kulit tertentu.

Berikut ini 5 jenis kandungan dalam skincare yang menyebabkan kulit berminyak dan berjerawat, antara lain :

Baca juga : 5 Jenis Kandungan Dalam Skincare yang Mampu Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Emolien oklusif

Emolien oklusif yang terkandung pada produk skincare adalah pelembab yang membentuk penghalang hidrofobik pada kulit. Skincare yang mengandung emolien oklusif memang sangat baik di aplikasikan pada kulit kering.

Namun, kandungan tersebut menjadi terlalu berat untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat. Jika digunakan, ini akan membuat kulitmu menjadi tambah lengket.

Minyak kelapa

Orang yang memiliki kulit wajah yang berminyak cenderung tidak cocok menggunakan produk skincare yang mengandung minyak kelapa. Minyak kelapa malah akan membuat wajahmu menjadi lebih berminyak.

Minyak kelapa juga bisa menyumbat pori-pori, menyebabkan terbentuknya komedo dan memperbutuk kondisi jerawat bagi beberapa orang. Oleh karena itu, skincare yang mengandung minyak kelapa harus dihindari, terutama bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak.

Kulit berminyak membutuhkan pelembab yang tepat, namun bukan dari minyak kelapa. Di kutip dari Byrdie, minyak kelapa bahkan memiliki potensi tinggi untuk menyumbat bukaan folikel.    

Silikon

Orang yang memiliki jenis kulit yang rentan berjerawat, harus menghindari produk skincare yang mengandung silikon. Pasalnya, penggunaan silikon dapat menjebak minyak, kotoran dan sel kulit mati. Kondisi ini pada akhirnya malah akan memperburuk kondisi jerawat.

Silikon bekerja sebagai penghalang yang menjebak zat komedogen sehingga meningkatkan kemungkinan munculnya minyak berlebih pada wajah maupun jerawat.

Pewarna buatan

Pewarna buatan memang lazim digunakan dalam produk kecantikan. Namun hal ini perlu di waspadai oleh kulit berminyak. Pewarna buatan pada produk skincare bisa menimbulkan jerawat terutama di area pipi. Khususnya jenis xanthenes, monoazoanilines, fluorans dan indigoids.

Scrub yang terlalu keras

Setiap jenis kulit memang memerlukan proses eksfoliasi agar sel-sel kulit mati yang menumpuk pada wajah bisa terangkat, salah satunya dengan menggunakan scrub.

Namun perlu di perhatikan bahwa kulit berminyak tidak cocok menggunakan produk scrub yang terlalu keras. Hal ini akan membuat kulit menjadi lebih rentan terhadap minyak berlebih dan menyebabkan munculnya jerawat.

Sebaiknya gunakan produk skincare dengan scrub yang lembut agar kulitmu tidak terkelupas secara mendalam. (Willy/Djavatoday)

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya