Minggu, Juli 14, 2024

5 Cara Meredakan Sakit Tenggorokan, Gak Susah Nelan Lagi!

Cara meredakan sakit tenggorokan juga tak selalu harus menggunakan obat-obatan lho, Sobat Djava. Karena nyatanya kamu bisa mengatasinya dengan cara yang lebih simpel dan dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Bahan yang kamu gunakan pun berasal dari bahan alami yang tentunya aman dan terjangkau.

Sakit tenggorokan memang membuat kamu jadi susah menelan makanan. Akibatnya nafsu makan pun berkurang dan kondisi kesehatanmu pun akan ikut menurun. Sakit tenggorokan mungkin menjadi salah satu hal yang biasa terjadi namun kamu tidak boleh menyepelekannya, ya.

Cara Meredakan Sakit Tenggorokan dengan Bahan Alami

Nah, penasaran gimana caranya? Berikut beberapa cara menggunakan bahan alami.

Perbanyak asupan cairan

Minumlah cairan yang dapat menenangkan tenggorokanmu, seperti air hangat, teh lemon, atau cairan dingin seperti air es. Pastikan kamu cukup minum air putih ya, agar kamu tidak dehidrasi. Perbanyaklah minum air putih agar tenggorokanmu bisa lebih lega. Banyak minum air putih dapat membantumu melembabkan tenggorokan, mencegah iritasi, dan menenangkan tenggorokan yang meradang.

Kumur dengan air garam

Cara meredakan sakit tenggorokan dengan bahan alami selanjutnya yaitu menggunakan air garam. Air garam ini bermanfaat dalam meringankan rasa sakit dan bengkak di tenggorokan. Bahan yang satu ini juga bisa mengencerkan dahak.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Campurkan ½ sendok teh garam dengan 1 gelas air hangat. Aduk sampai garam larut, lalu kumur selama beberapa detik. Ludahkan dan ulangi sampai beberapa kali setiap hari sampai rasa sakit di tenggorokan berkurang.

Konsumsi madu

Madu memang menjadi salah satu bahan alami yang kaya akan manfaat. Madu juga terbukti mampu membantu meredakan iritasi dan sakit tenggorokan. Hal ini terjadi karena madu memiliki sfat antioksidan dan antimikroba yang bisa melawan bakteri penyebab sakit tenggorokan.

Cara meredakan sakit tenggorokan yang saktu ini bisa kamu lakukan dengan mengosumsinya sebanyak 2 sendok teh sebelum tidur. Kamu jika bisa menambahkannya ke minumah hangat seperti teh.

Kompres area leher dengan air hangat

Selain mengonsumsi air hangat, kamu juga bisa menjadikannya sebagai kompres. Siapkan kain dan celupkan ke air hangat lalu diperas. Setelah itu, kompreslah di area sekitar leher atau tenggorokan. Kamu juga bisa menggunakan botol berisi air hangat dan menempelkannya ke leher.

Cara meredakan sakit tenggorokan ini merupakan salah satu perawatan yang dilakukan di luar tubuh. Tindakan ini juga dapat membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan dan rasa sakit saat menelan.

Gunakan peppermint

Cara meredakan sakit tenggorokan yang terakhir adalah dengan menggunakan peppermint. Bahan ini memang dikenal bermanfaat untuk menyegarkan nafas. Lebih dari itu, ternyata peppermint ini juga bisa membantu meredakan sakit tenggorokan lho.

Kamu bisa menyemprotkan minyak peppermint ke bagian dalam tenggorokanmu. Kandungan mentol yang ada di peppermint akan membantu mengencerkan lendir yang ada di tenggorokanmu. Mentol juga dapat meringankan sakit tenggorokan dan batuk.

Demikianlah beberapa cara meredakan sakit tenggorokan meggunakan bahan alami yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Jika pengobatan alami di atas masih belum bisa menghilangkan rasa sakit di tenggorokanmu, kamu bisa mulai berkonsultasi ke dokter ya (Khumairoh/Djavatoday).

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya