Minggu, Juli 14, 2024

5 Cara Mengatasi Jerawat Punggung yang Aman dan Efektif

Cara mengatasi jerawat punggung ternyata nggak hanya bisa menggunakan obat-obatan dari dokter, lho. Kamu bisa menggunakan cara alami yang tentunya terjamin aman. Cara-cara ini bisa kamu coba agar jerawat yang timbul di punggungmu dapat teratasi.

Jerawat punggung adalah kemunculan jerawat yang berada di sekitar punggung. Keberadaan jerawat punggung tentunya sangat menganggu karena kondisi ini menimbulkan rasa gatal yang cukup luar biasa.

Jerawat punggung muncul karena folikel atau tempat tumbuh rambut di kulit tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak alami kulita atau sebum. Folikel yang tersumbat inilah yang nantinya akan membengkak dan meradang bila terinfeksi bakteri. Selain itu, jerawat punggung juga bisa disebabkan oleh perubahan hormon, stres, efek samping obat-obatan tertentu, sering berkeringat, atau faktor genetik.

Cara Mengatasi Jerawat Punggung secara Alami

Berikut cara mengatasi jerawat punggung menggunakan secara alami yang sudah terjamin keamanannya.

Rajin membersihkan badan

Cara mengatasi jerawat punggung yang pertama adalah dengan selalu membersihkan badan setelah selesai beraktivitas, terutama aktivitas di luar ruangan. Ketika beraktivitas maka tubuh kamu akan mengeluarkan keringat, misalnya setelah berolahraga atau saat kepanasan. Kondisi ini akan membuat folikel rambut tersumbat.

Nah untuk menghilangkan jerawat punggung dan menghindarinya maka kamu perlu segera mandi untuk menjaga kebersihan badan. Bersihkan area punggung dengan sabun mandi atau antiseptic yang aman.

Gunakan pakaian yang menyerap keringat

Bagi penderita jerawat punggung, memilih pakaian adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan. Agar jerawat di punggungnya tidak semakin buruk maka pilihlah pakaian yang mampu menyerap keringat. Dengan begitu maka keringatmu tidak akan menumpuk dan menutup folikel.

Pilihlah pakaian yang berbahan dasar katun atau kain yang memiliki tekstur lembut dan sejuk. Hindari pakaian yang terbuat dari bahan sintesis seperti poliester, sebab bahan tersebut tidak bisa menyerap keringat dengan baik. Jangan lupa juga untuk mengganti pakaian ketika kamu sudah merasa berkeringat.

Kurangi konsumsi makanan tertentu

Cara mengatasi jerawat punggung yang berikutnya juga perlu kamu perhatikan nih, Sobat Djava. Banyak orang yang nggak tahu kalau ternyata makanan juga berpengaruh terhadap tumbuhnya jerawat di punggung.

Kalau kamu sudah mengalami tanda-tanda jerawat punggung maka sebaiknya hindari konsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi. Beberapa makanan yang mengandung glikemik tinggi di antaranya yaitu nasi putih, mie, kentang goreng, camilan manis, serta minuman bersoda.

Kompres air hangat

Kompres air hangat juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi jerawat punggungmu, nih. Tujuan kompres air hangat untuk membuka pori-pori dan mengempiskan jerawat. Jika pori-pori sudah terbuka maka nanah akan dapat muncul ke luar permukaan kulit, sehingga jerawat akan pecah dengan sendirinya.

Sebaiknya kompreslah dengan cara yang tepat. Gunakan kapas, kain, atau handuk yang lembut. Kemudian celupkan ke air hangat dan letakkan di punggung selama 15-20 menit. Lakukan secara rutin namun jangan terlalu sering.

Jaga kebersihan tempat tidur

Cara mengatasi jerawat punggung yang terakhir adalah dengan menjaga kebersihan tempat tidurmu. Gantilah sprei secara teratur setiap minggu. Cuci sprei menggunakan deterjen yang aman. Selain itu, kamu juga perlu mengganti handuk secara teratur pula agar kebersihan badanmu tetap terjaga.

Itulah beberapa cara mengatasi jerawat punggung secara alami tanpa menggunakan obat-obatan. Semoga membantu, ya. (Ume/Djavatoday)

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya