Minggu, Juli 14, 2024

5 Cara Efektif Meredakan Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Meredakan sakit gigi bisa dilakukan dengan bantuan dokter atau menggunakan bahan alami, sehingga kamu dapat melakukannya sendiri di rumah. Sebelum makin parah, cobalah untuk segera mengobatinya. Apabila kamu ingin melakukan perawatan mandiri, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami berikut ini.

Sakit gigi merupakan masalah yang rentan terjadi dan pernah dialami semua orang. Rasa nyeri yang timbul di sekitar gigi bisa memicu pembengkakan di area pipi, bahkan menyebabkan sakit kepala. Itulah sebabnya mengapa orang yang sedang sakit gigi cenderung emosian. Nah! Supaya gigi tetap sehat, kamu harus menjaga kebersihan mulut. Hindari pula mengonsumsi makanan bertekstur keras, lengket, terlalu asam, atau terlalu manis. Seperti daging, permen, dan soda. Namun sayang, rasanya yang bikin candu mampu membuat banyak orang sulit untuk menghindarinya. Bahkan setelah merasakan dampak negatifnya, beberapa orang tetap mengonsumsinya. Lalu, bagaimana sih, cara mengobati sakit gigi supaya tidak terlalu nyeri dan cepat teratasi?

Meredakan Sakit Gigi dengan Bahan Alami, Berikut Tipsnya!

Selagi kondisinya belum terlalu berat, kamu bisa menjadikan bahan alami sebagai alternatif pengobatan. Simak penjelasan di bawah ini jika kamu membutuhkan tips untuk mengurangi keluhan akibat sakit gigi.

Teh pepermin

Meredakan sakit gigi bisa dilakukan dengan berkumur menggunakan air rebusan daun teh pepermin. Kandungan mentol yang ada pada teh pepermin dipercaya ampuh meredakan nyeri akibat sakit gigi. Selain bisa dijadikan obat kumur, kamu juga bisa membekukan kantung teh pepermin, lalu gigit dengan bagian gigi yang sedang sakit.

Garam

Penelitian mengatakan garam memiliki kandungan antibakteri dan anti radang. Cara mengaplikasikannya pun cukup sederhana, kamu tinggal melarutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu gunakan untuk berkumur. Lakukan sebanyak 3-4 kali hingga rasa nyerinya berkurang. 

Minyak cengkih 

Minyak cengkih sebagai antiseptik alami berkat kandungan eugenol yang ada di dalamnya bisa jadi alternatif meredakan sakit gigi dan peradangan. Cukup mudah untuk menggunakannya. Kamu hanya perlu menyediakan mangkuk atau wadah kecil untuk menuangkan minyak cengkih, kemudian celupkan kapas dan aplikasikan pada gigi yang sakit.

Siwak

Meredakan sakit gigi selanjutnya dapat dilakukan dengan mengunyah siwak. Tongkat kunyah yang diperoleh dari batang, ranting, serta akar pohon bernama arak bisa digunakan untuk membersihkan gigi dan mulut. Konon, rantingnya memiliki efek analgesik untuk mengurangi bengkak pada gusi sekaligus membasmi bakteri penyebab sakit gigi.

Daun jambu

Meredakan sakit gigi menggunakan bahan alami yang mudah dicari adalah cara paling praktis yang diinginkan semua orang. Cobalah manfaatkan daun jambu untuk mengobati nyeri akibat sakit gigi dengan cara membersihkannya terlebih dahulu sebelum dikunyah. Apabila kamu kurang menyukai rasanya, kamu bisa merebusnya, kemudian gunakan air rebusan daun jambu tersebut sebagai obat kumur.

Usai mencoba mengatasi sakit gigi menggunakan bahan alami di atas, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan mulut, contohnya dengan sikat gigi secara teratur, jaga asupan serta hindari makanan yang kadar manisnya tinggi. (Karin/Djavatoday)

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya