Minggu, Juli 14, 2024

4 Obat Masuk Angin yang Ampuh dan Alami

Obat masuk angin mempunyai berbagai macam, mulai dari yang alami sampai yang buatan. Khusus dalam artikel ini, kita akan membahas obat masuk angin yang berasal dari bahan alami. Selain terjamin keamanannya, bahan-bahan ini juga mudah untuk kamu dapatkan loh. Jadi kamu gak perlu bingung lagi kalau mengalami gejala masuk angin.

Biasanya masyarakat Indonesia mengenal masuk angin sebagai kondisi tidak nyaman pada tubuh. Gejala masuk angin adalah hal yang bisa datang pada siapa saja. Tandanya pun bermacam-macam mulai dari perut kembung, mual, bahkan demam. Penyebabnya juga beragam namun kebanyakan terjadi karena turunnya daya tahan tubuh sehingga tubuh akan lebih mudah terkena infeksi.

Obat Masuk Angin yang Alami

Ada banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk mengobati masuk angin. Sebagian orang mungkin akan langsung menghubungi dokter untuk mengatasinya. Namun tak banyak juga yang mengobatinya sendiri di rumah.

Berikut beberapa obat masuk angin yang ampuh untuk meredakannya. Berikut tips lengkapnya.

Jahe

Obat masuk angin yang pertama adalah jahe. Di Indonesia tanaman ini sangat berlimpah sehingga tidak sulit untuk menemukannya. Harganya pun sangat terjangkau bahkan untuk kalangan menengah ke bawah.

Tanaman yang memiliki nama latin zingiber officiale ini memiliki banyak manfaat. Kandungan kalori, karbohidrat, serat, protein, magnesium, fosfor, dan zinc yang ada di dalamnya sangat baik untuk kesehatan anda. Jahe juga mampu meredakan rasa mual dan muntah yang terasa akibat masuk angin.

Obat masuk angin ini bisa kamu konsumsi dengan cara menyeduhkan menggunakan air panas. Jika kamu ingin lebih praktis, kamu bisa menggunakan minuman sachet yang mengandung jahe. Minuman sachet ini bisa kamu temukan di warung loh. Jadi kamu gak perlu pergi jauh untuk sekadar membelinya.

Air putih

Obat yang satu ini tentunya sangat mudah untuk kamu temukan. Kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan karena bahan ini pasti ada di rumahmu. Air putih memang terkenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk dalam hal mengobati masuk angin.

Ketika kamu mengalami masuk angin maka kamu harus tetap menjaga kadar cairan pada tubuh. Pastikan tubuh memiliki asupan air yang cukup. Kamu bisa mengonsumsi air putih dengan dua cara tergantung selera dan kebutuhan.

Jika kamu merasakan gejala flu dan batuk maka sebaiknya minumlah air putih yang hangat. Ini akan membuat hidung dan tenggorokan lebih lega. Jika kamu merasakan gejala demam, maka sebaiknya minumlah air putih yang dingin. Air dingin akan mencegah dehidrasi.

Kencur

Obat masuk angin yang selanjutnya yaitu kencur atau cekur. Rempah-rempah khas Indonesia ini memang biasa orang jadikan sebagai obat. Bahkan khasiatnya sudah terkenal sejak jaman dulu loh. Ini karena bahan yang satu ini memiliki kandungan antinyeri dan antiradang.

Caranya pun mudah, pertama cuci bersih kencur dan tambahkan garam. Kemudian bersihkan dan rebus di air hangat. Minumlah larutan ini dua kali sehari untuk mencegah terjadinya kembung.

Bawang putih

Obat masuk angin yang terakhir yaitu bawang putih. Tanaman yang bernama latin Allium sativum ini mempunyai banyak khasiat. Selain bisa mengobati masuk angin, bawang putih juga bisa mengobati tekanan darah tinggi, perut kembung, demam, bahkan bronkitis.

Itulah beberapa obat masuk angin yang berasal dari bahan alami dan terjamin ampuh. Bahan-bahan di atas sangat mudah untuk kamu temukan, kan? Jadi gak usah bingung lagi ya untuk mengatasi permasalahan masuk angin ini. Tetap jaga kesehatan dan atur pola makan ya, Sobat Djava. (Khumairoh/Djavatoday)

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya