Rabu, Oktober 27, 2021

4 Langkah Detoksifikasi Kulit Wajah Secara Alami

Setiap hari wajahmu terkena segala paparan dari lingkungan sehingga menyebabkan tanda-tanda penuaan muncul. Selain rutin membersihkan dan menggunakan pelembab, ada baiknya kamu juga perlu melakukan detoksifikasi kulit wajah secara rutin.

Ada banyak cara untuk mendetoksifikasi tubuh maupun kulit. Mulai dari melakukannya di klinik kecantikan atau bisa juga dengan melakukan cara alami. Yang jelas, detoks tubuh dan wajah amat penting karena bertujuan untuk mengeluarkan racun maupun timbal yang setiap harinya terserap oleh tubuh.  Berikut ulannya.

Bebaskan wajah dari make-up selama satu hari

Baca juga:

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk detoksifikasi kulit wajah adalah dengan membebaskan wajahmu dari make-up dan memberinya waktu istirahat selama seharian penuh. Ini berarti kamu tidak boleh menggunakan bedak, lipstik ataupun eyeliner. Berikan waktu satu hari penuh pada kulitmu untuk bebas bernafas.

Dengan cara seperti ini, kulit wajahmu bisa menjadi lebih tenang sehingga terhindar dari iritasi kulit. Namun perlu diingat bahwa make-up tidak sama dengan skincare. Kamu harus tetap memakai skincare harian mulai dari pembersih, pelembab dan juga sunscreen. Skincare merupakan kebutuhan dasar untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat.

Baca juga : Kandungan Skincare yang Boleh Dicampur

Gunakan masker wajah

Langkah selanjutnya untuk detoksifikasi kulit wajah adalah mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang selama ini menempel di wajahmu. Untuk hasil terbaik, gunakan masker lumpur atau mud mask. Mud mask mampu membersihkan kotoran dan mengangkat sel-sel kulit mati di lapisan kulit luar dengan lebih maksimal.

Kamu bisa menggunakan mud mask seminggu dua kali agar hasilnya lebih optimal. Namun perlu diingat, ketika selesai memakai mud mask, gunakan pelembab agar kulit wajah tidak kering.

Steam wajah dengan uap hangat

Sebelum membersihkan wajah, ada baiknya kamu menggunakan uap hangat agar pori-pori wajahmu terbuka sehingga pembersihan kulit wajah akan lebih optimal. Namun jangan terlalu sering melakukan hal ini, karena ditakutkan malah akan membuat pori-pori wajahmu jadi lebih membesar. Lakukan hal ini cukup hanya seminggu dua kali.

Kamu bisa melakuan steam wajah dengan menempelkan handuk basah yang sudah direndam dalam air panas sebelumnya. Tunggu sampai handuknya terasa hangat dan tutupi wajah dengan handuk tersebut sampai rasa hangat di handuknya menghilang.

Setelah melakukan steam wajah, mulailah bersihkan wajahmu dengan facial foam kemudian lanjutkan dengan menggunakan masker. Setelah itu, bersihkan sisa masker dengan air dingin agar pori-pori wajahmu mengecil kembali. Kemudian gunakan pelembab dan juga sunscreen.

Minum air putih yang cukup dan konsumsi makanan sehat

Detoksifikasi kulit wajah tidak hanya dilakukan dari luar tubuh, namun juga dilakukan dari dalam tubuh. Minum air putih yang cukup mungkin akan terdengar sepele, namun jika kamu melakukannya dengan rutin, kebiasaan ini bisa membuat kulit wajahmu terasa sehat dan kenyal.

Selain itu, dengan mengkonsumsi makanan sehat juga akan berdampak baik terhadap kecantikan kulitmu. Pilihlah makanan yang tinggi serat, mengandung banyak air dan juga memenuhi kebutuhan protein harianmu. Hindari camilan tidak sehat dan juga makanan cepat saji. (Willy/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU