Jumat, Mei 31, 2024

Pentingnya Mendaftarkan Merek Dagang, Pelaku Usaha Wajib Tahu

Dalam era globalisasi ekonomi yang telah melampaui sekat-sekat batas negara, dibutuhkan perlindungan terhadap Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Agar persaingan yang sehat dapat terwujud. Para pelaku usaha harus mengetahui bagaimana pentingnya mendaftarkan merek dagang. Sehingga bisnis dapat berjalan dengan baik dan bebas dari kasus persengketaan yang bisa merugikan.

Dalam Pasal 3 UU Merek menyebutkan “Hak atas merek diperoleh setelah merek tersebut terdaftar.” Inu  berarti bahwa Indonesia menganut sistem first to file. Yakni siapa yang terdaftar pertama kali maka ialah yang berhak memiliki merek dagang tersebut. Oleh karena itu, pentingnya mendaftarkan merek dagang wajib menjadi perhatian bagi para pelaku bisnis di Indonesia.

Pentingnya Mendaftarkan Merek Dagang, Simak Berikut Ini


Lalu, bagaimana pentingnya mendaftarkan merek dagang tersebut? berikut manfaat lain yang didapat dengan mendaftarkan merek di Kemenkumham.

Mendapat Perlindungan Hukum Merek Dagang


Yang paling penting adalah merek dagang akan mendapatkan perlindungan hukum yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan. Seperti  dalam undang-undang tentang hak cipta tahun 2002 yang disahkan  Presiden. Perlindungan ini merupakan senjata utama supaua melindungi orisinalitas perusahaan. 

Merek dagang yang dimiliki pun tidak bisa disalahgunakan. Anda bisa menuntut orang yang menjiplak merek dagang Anda untuk kepentingan pribadinya tanpa seizin Anda sebagai pemilik sah. 

Menjadi Pembeda dengan Merek Lain

Dengan adanya merek dagang yang terdaftar, konsumen akan mengenali produk kita. Sehingga dapat mengetahui produk itu orisinal dari perusahaan kita. Dalam pengertiannya, merek adalah tanda yang dapat ditampilkan secara grafis . Hal ini berarti merek dagang adalah ciri yang melekat pada produk perusahaan yang menjadi pembeda dengan produk lainnya.

Menjadi Aset Perusahaan yang Berharga

Merek dagang yang sudah didaftar di Ditjen Hak Kekayaan Intelektual menjadikan nilai branding meningkat. Merek dagang pun menjadi berharga. Merek dagang juga merupakan salah satu aset tak berwujud dimiliki perusahaan.

Mencegah Tindakan Plagiarisme

Pentingnya mendaftarkan merek dagang yang selanjutnya adalah bisa menghindari tindakan plagiarisme. Pemerintah akan melindungi pemilik merek dagang dari pihak lain yang berusaha mencoba memasarkan produk dengan merek yang dapat membingungkan konsumen. Sehingga pemilik usaha tidak perlu takut adanya tindakan plagiarisme yang bisa saja dilakukan oleh kompetitor. Atau menghindari persaingan yang tidak sehat.

Menjadi Citra Perusahaan dan Kepercayaan untuk Konsumen

Merek dagang yang tidak jelas bisa menimbulkan masalah kepercayaan para calon konsumen. Apalagi jika merek dagang di jiplak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Banyak kasus yang sering terjadi dengan tidak jelasnya status brand di mata hukum. Ini disebabkan sulitnya mendapatkan kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk itu sendiri. 

Untuk itu, agar bisa mendapatkan dan menjaga kepercayaan konsumen, mendaftarkan merek dagang adalah sebuah keharusan. Bahkan sebelum bisnis resmi launching. Karena itu adalah bagian penting dari keberlangsungan bisnis itu sendiri.


Mempermudah Membuka Bisnis untuk Waralaba


Brand yang memiliki perlindungan hukum dan diakui oleh pemerintah artinya brand telah memiliki nilai eksklusif. Nilai eksklusif tersebut atas penggunaan merek dagang. Hal ini juga dapat dimanfaatkan perusahaan membuka peluang waralaba dengan nama mereka sendiri.

Setelah mengetahui bagaimana pentingnya mendaftarkan merek dagang, diharapkan para pelaku bisnis dapat melakukan hal tersebut. Proses pendaftarannya bisa dilakukan secara online di laman merek.dgip.go.id. Anda juga bisa mengunjungi Dirjen Kekayaan Intelektual di kantor wilayah terdekat.

(Rismawati/djavatoday)

Daftar e-Wallet Populer Indonesia, Apa aja kegunaannya?

Halo good people, di era yang serba canggih ini tentu sudah tidak asing lagi dengan beberapa aplikasi e-wallet. Nah ada nih daftar e-wallet populer...

Tips Menabung Efektif, Wajib Simak Biar Dana Teralokasi dengan Benar

Tips Menabung Efektif merupakan tips buat sobat djava yang merasa uangnya cepat habis atau pun tidak terkontrol pengeluarannya. Sobat djava pasti pernah menanyakan kemana...

Surat Pemberitahuan Tahun (SPT) Pajak, Segera Lapor Sebelum Kena Sanksi Denda!

Surat Pemberitahuan Tahunan atau biasa dikenal dengan SPT ini merupakan instrumen yang digunakan wajib pajak dalam melaporkan kekayaannya. Hal tersebut sudah berlaku mulai dari...

6 Rekomendasi Sayuran Cepat Panen yang Mudah ditanam

Rekomendasi sayuran cepat panen ini cocok buat kamu yang tertarik untuk berkebun. Berbagai jenis sayuran tentunya sangatlah bermanfaat dalam kehidupan. Makan sayur setiap hari...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya