Minggu, Juni 16, 2024

Mengelola Gaji Bulanan Yang Kecil Ini Tips Agar Mencukupi Kebutuhan

Mengelola Gaji Bulanan yang Kecil. Sekarang ini, masih banyak orang menerima gaji bulanan yang terbilang kecil. Mereka mengeluh karena gaji kecilnya itu tidak bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari akibat biaya hidup yang semakin tinggi dan ekonomi yang sulit. Sebenarnya bagaimana sih tips nya?

Pada dasarnya kamu harus bisa mengelola keuangan dengan baik agar gaji bulananmu terasa cukup. Jika bingung harus memulainya dari mana.

Berikut Tips Mengelola Gaji Bulanan Yang Kecil

Buat Anggaran Pengeluaran Gaji Bulanan

Dengan membuat anggaran pengeluaran, kamu bisa melihat dengan detail berapa jumlah pengeluaran yang kamu habiskan dalam waktu sebulan. Terkadang, ada saja pengeluaran tak terduga yang bisa menghabiskan anggaran pribadimu. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar bisa mengontrol setiap arus kas pengeluaran dan pemasukan pribadi

Tentukan Skala Prioritas Pengeluaran

Dahulukan untuk selalu memprioritaskan kebutuhan primer dibanding kebutuhan lain dalam rencana pengeluaran keuangan. Dengan membuat catatan tentang skala prioritas, kita bisa mengetahui jenis kebutuhan yang benar-benar harus didahulukan dan jenis kebutuhan yang bisa ditunda.

Hindari Berutang

Berutang selamanya tidak akan menyelesaikan masalah, bahkan hanya akan menambah masalah. Maka dari itu hindarilah perilaku konsumtif yang bisa membuat dirimu berkeinginan untuk selalu meminjam uang pada orang lain.

Sebenarnya, Islam masih memperbolehkan untuk berutang, namun memang hanya untuk keadaan darurat dan sangat terdesak saja. Misalnya : ketika pasanganmu mengalami kecelakan dan harus melakukan operasi, namun uang yang kamu punya tidak cukup untuk membayar biaya operasi, maka secara syariat kita diperbolehkan untuk meminjam uang pada orang lain.

Tunaikan Zakat Dan Sisipkan Sebagian Hartamu Untuk Sedekah

Zakat adalah sesuatu yang wajib ditunaikan, tak peduli besar-kecilnya gaji yang kamu terima. Zakat penghasilan hanya berkisar 2,5% dan itu bukan hitungan yang terlalu besar. Zakat berfungsi untuk membersihkan harta, sekaligus juga menjaga harta kita.

Berbeda dengan zakat, sedekah bukan perkara wajib namun itu merupakan perbuatan yang sangat mulia. Sedekah tidak mempunyai patokan, mau nominalnya besar atau kecil asalkan diberikan dengan hati yang ikhlas itu sudah cukup.

Tetap Sisipkan Untuk Dana Darurat

Seperti yang telah dibahas di atas, terkadang ada saja pengeluaran tak disangka-sangka. Untuk itu kita harus menyiapkan dana darurat. Dana darurat ini tidak boleh dipakai sembarangan, dan memang harus dipisahkan dari dana kebutuhan.

Usahakan Tetap Bisa Menabung

Berapapun nominal gajimu, usahakan agar tetap bisa menabung karena sudah pasti kamu mempunyai beberapa keinginan yang ingin segera kamu wujudkan.

Cari Penghasilan Tambahan

Jika memang cara di atas masih dianggap kurang, kamu bisa mencari penghasilan tambahan, contonya dengan cara berdagang. Jika kamu masih malu untuk mulai berdagang, kamu terlebih dahulu bisa mencoba menawarkan daganganmu kepada relasi yang ada di tempat kerjamu. Setelah percaya dirimu sudah mulai meningkat, perbanyaklah relasi dan bangun kepercayaan konsumen atas produk yang kamu jual.

Itulah beberapa tips mengelola gaji bulanan yang kecil. Memang kedengarannya tidaklah mudah, karena kebutuhan manusia berbeda-beda dan tidak bisa disamaratakan. Tetapi dengan sedikit pemahaman yang diberikan, diharapkan kamu bisa lebih bijak dalam mengelola keuangan. (Willy/Djavatoday)

Cara Efektif Budidaya Buah Naga Agar Pertumbuhannya Tidak Terhambat

Budidaya buah naga sudah banyak ditemukan di Indonesia. Buah yang berasal dari sejumlah spesies kaktus dalam marga Hylocereus dan Selenicereus dengan ciri khas sisik...

Daftar e-Wallet Populer Indonesia, Apa aja kegunaannya?

Halo good people, di era yang serba canggih ini tentu sudah tidak asing lagi dengan beberapa aplikasi e-wallet. Nah ada nih daftar e-wallet populer...

Tips Menabung Efektif, Wajib Simak Biar Dana Teralokasi dengan Benar

Tips Menabung Efektif merupakan tips buat sobat djava yang merasa uangnya cepat habis atau pun tidak terkontrol pengeluarannya. Sobat djava pasti pernah menanyakan kemana...

Surat Pemberitahuan Tahun (SPT) Pajak, Segera Lapor Sebelum Kena Sanksi Denda!

Surat Pemberitahuan Tahunan atau biasa dikenal dengan SPT ini merupakan instrumen yang digunakan wajib pajak dalam melaporkan kekayaannya. Hal tersebut sudah berlaku mulai dari...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya