Selasa, Juli 16, 2024

Cara Menanam Cabe Rawit yang Mudah dan Merawatnya, Hasil Melimpah

Cara menanam cabe rawit yang mudah. Bagi pecinta pedas tentunya memiliki pohon cabe akan lebih dapat memudahkan untuk membuat pedas setiap hari. Sebab bisa langsung memetik dari pohonnya.

Harga cabe rawit ini selalu naik turun. Apalagi saat musim kemarau, harga cabe bisa lebih mahal per kilogramnnya.  Meskipun mahal tapi karena sudah menadi kebutuhan masyarakat. cabe masih tetap dibeli

Cara Menanam Cabe Rawit yang Mudah

Supaya tidak selalu membeli cabe rawit, lebih baik jika menanam sendiri. Juga bisa menguntungkan dan menjadi bisnis sampingan. Beberapa langkah yang harus diperhatikan ketika akan menanam cabe.

Pemilihan Bibit

Pertama harus memilih dan mencari bibit. Banyak bibit cabe rawit yang tersedia di toko pertanian.  Maka pilih bibit yang memang unggul. Dengan bertanya kepada penjualnya.

Selain membeli, bisa juga menggunakan bibit cabe dari yang ada di dapur yang diambil bijinya dan dikeringkan lalu disemai.

Penyemaian

Cara menanam cabe rawit berikutnya yakni proses penyemaian. Sarana penyemaian bisa menggunakan polybag ukuran kecil untuk dijadikan sebagai medianya. Ataupun dengan memanfaatkan wadah bekas. Tentunnya hal ini bisa menjadi lebih murah.

Caranya, pertama siapkan media tanam/wadah. Kemudian media tersebut diisi dengan tanah dan pukuk. Perbandingannya 3:1 saja. Saat benih ditebar, tempatkan media penyemaian di lokasi yang terlindungi dari matahari dan hujan.

Benih tersebut sebelum disemai, tentunya direndam pada air hanyat sekitar 3 jam. Kemudian benih dimasukan dan ditutup menggunakan tanah sekitar 1 sentimeter saja.  Setelah benih mulai tumbuh, baru lah media tanam itu akan kembali dibeli.

Penanaman Cabe Rawit

Setelah pertumbuhan benih semakin berkembang, dengan tandanya memiliki 4 sampai 6 daun. Proses  berikutya adalah penanaman. Sebelum  dipindahkan persiapkan lahan atau tempat untuk media tanamnya. Dengan komposisi media tanam, 3:2:1, dari mulai tanah, pukuk serta sekam padi.

Untuk menanam cabe rawit sebaiknya dilakukan saat pagi atau sore hari. Setelah ditanam dan dirawat.

Pemeliharaan

Cara menanam cabe rawit yang berikutnya yakni penanaan. Agar tanaman tetap tumbuh subur dan nantinya hasil panennya pun memuaskan.

Pemeliharaan ini Untana harus rutin dan teratur.

Penyiraman harus setiap hari pada pagi ataupun sore hari ketika tidak ada hujan. Jangan lupa untuk lakukan penyiangan. Penyiangan merupakan giatan mencabut gulma atau rumput liar pada sela-sela tanaman. Sehingga pertumbuhan tanaman cabe rawit tumbuh sempurna dan tidak terganggu.

Jangan lupa juga harus melakukan pemupukan secara rutin. Agar cabe rawit berbuah banyak. Untuk hasil maksimal juga bisa gunakan pupuk kompos  atau pupuuk NPK.

Panen

Setelah seluruh  cara menanam cabe rawit telah dijalankan. Kini tinggal panen. Biasanya, pohon cape yang siap panansekitaar 3 bulan lebih. usianya pun sama dengan e KTP.  Usia pohon cabe hanya   Itulah beberapa cara menanam cabe yang mudah.  Silahkan dicoba di rumah masing-masing. (Pas/Djavatoday)

Ide Bisnis untuk Mahasiswa yang Minim Modal dan Bisa dijadikan Ladang Cuan

Ide bisnis untuk mahasiswa sudah cukup sering berseliweran, terutama di media sosial. Peluang bagi para mahasiswa pejuang rupiah kini semakin besar. Bahkan cukup menjanjikan...

Cara Mengatasi Salah Transfer, Jangan Panik!

Cara mengatasi salah transfer pada artikel kali ini akan membantumu mendapatkan danamu kembali.  Kamu tak perlu khawatir karena semua bank yang terhubung dengan OJK...

Cara Efektif Budidaya Buah Naga Agar Pertumbuhannya Tidak Terhambat

Budidaya buah naga sudah banyak ditemukan di Indonesia. Buah yang berasal dari sejumlah spesies kaktus dalam marga Hylocereus dan Selenicereus dengan ciri khas sisik...

Daftar e-Wallet Populer Indonesia, Apa aja kegunaannya?

Halo good people, di era yang serba canggih ini tentu sudah tidak asing lagi dengan beberapa aplikasi e-wallet. Nah ada nih daftar e-wallet populer...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya