Sabtu, Februari 24, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Cara Menanam Cabe Rawit yang Mudah dan Merawatnya, Hasil Melimpah

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Cara menanam cabe rawit yang mudah. Bagi pecinta pedas tentunya memiliki pohon cabe akan lebih dapat memudahkan untuk membuat pedas setiap hari. Sebab bisa langsung memetik dari pohonnya.

Harga cabe rawit ini selalu naik turun. Apalagi saat musim kemarau, harga cabe bisa lebih mahal per kilogramnnya.  Meskipun mahal tapi karena sudah menadi kebutuhan masyarakat. cabe masih tetap dibeli

Cara Menanam Cabe Rawit yang Mudah

Supaya tidak selalu membeli cabe rawit, lebih baik jika menanam sendiri. Juga bisa menguntungkan dan menjadi bisnis sampingan. Beberapa langkah yang harus diperhatikan ketika akan menanam cabe.

Pemilihan Bibit

Pertama harus memilih dan mencari bibit. Banyak bibit cabe rawit yang tersedia di toko pertanian.  Maka pilih bibit yang memang unggul. Dengan bertanya kepada penjualnya.

Selain membeli, bisa juga menggunakan bibit cabe dari yang ada di dapur yang diambil bijinya dan dikeringkan lalu disemai.

Penyemaian

Cara menanam cabe rawit berikutnya yakni proses penyemaian. Sarana penyemaian bisa menggunakan polybag ukuran kecil untuk dijadikan sebagai medianya. Ataupun dengan memanfaatkan wadah bekas. Tentunnya hal ini bisa menjadi lebih murah.

Caranya, pertama siapkan media tanam/wadah. Kemudian media tersebut diisi dengan tanah dan pukuk. Perbandingannya 3:1 saja. Saat benih ditebar, tempatkan media penyemaian di lokasi yang terlindungi dari matahari dan hujan.

Benih tersebut sebelum disemai, tentunya direndam pada air hanyat sekitar 3 jam. Kemudian benih dimasukan dan ditutup menggunakan tanah sekitar 1 sentimeter saja.  Setelah benih mulai tumbuh, baru lah media tanam itu akan kembali dibeli.

Penanaman Cabe Rawit

Setelah pertumbuhan benih semakin berkembang, dengan tandanya memiliki 4 sampai 6 daun. Proses  berikutya adalah penanaman. Sebelum  dipindahkan persiapkan lahan atau tempat untuk media tanamnya. Dengan komposisi media tanam, 3:2:1, dari mulai tanah, pukuk serta sekam padi.

Untuk menanam cabe rawit sebaiknya dilakukan saat pagi atau sore hari. Setelah ditanam dan dirawat.

Pemeliharaan

Cara menanam cabe rawit yang berikutnya yakni penanaan. Agar tanaman tetap tumbuh subur dan nantinya hasil panennya pun memuaskan.

Pemeliharaan ini Untana harus rutin dan teratur.

Penyiraman harus setiap hari pada pagi ataupun sore hari ketika tidak ada hujan. Jangan lupa untuk lakukan penyiangan. Penyiangan merupakan giatan mencabut gulma atau rumput liar pada sela-sela tanaman. Sehingga pertumbuhan tanaman cabe rawit tumbuh sempurna dan tidak terganggu.

Jangan lupa juga harus melakukan pemupukan secara rutin. Agar cabe rawit berbuah banyak. Untuk hasil maksimal juga bisa gunakan pupuk kompos  atau pupuuk NPK.

Panen

Setelah seluruh  cara menanam cabe rawit telah dijalankan. Kini tinggal panen. Biasanya, pohon cape yang siap panansekitaar 3 bulan lebih. usianya pun sama dengan e KTP.  Usia pohon cabe hanya   Itulah beberapa cara menanam cabe yang mudah.  Silahkan dicoba di rumah masing-masing. (Pas/Djavatoday)

Surat Pemberitahuan Tahun (SPT) Pajak, Segera Lapor Sebelum Kena Sanksi Denda!

Surat Pemberitahuan Tahunan atau biasa dikenal dengan SPT ini merupakan instrumen yang digunakan wajib pajak dalam melaporkan kekayaannya. Hal tersebut sudah berlaku mulai dari...

6 Rekomendasi Sayuran Cepat Panen yang Mudah ditanam

Rekomendasi sayuran cepat panen ini cocok buat kamu yang tertarik untuk berkebun. Berbagai jenis sayuran tentunya sangatlah bermanfaat dalam kehidupan. Makan sayur setiap hari...

5 Cara Membangun Personal Branding agar Hidupmu Terlihat Lebih Berkualitas

Cara membangun personal branding bisa kita lakukan mulai sekarang. Semakin cepat kamu membangun personal branding maka akan semakin baik. Personal branding dibutuhkan untuk membangun...

Panduan Lengkap Tips Memulai Bisnis dan Meraih Kesuksesan

Memulai bisnis adalah langkah berani dan menarik. Namun, untuk mencapai kesuksesan, dibutuhkan persiapan dan strategi yang matang. Berikut adalah panduan lengkap untuk membantu Anda...

Terpopuler

Lainnya