Minggu, Oktober 17, 2021

6 Ide Bisnis Minim Modal untuk Para Ibu Rumah Tangga

Walau hanya di rumah saja, ibu rumah tangga bisa menghasilkan uang dari hasil usahanya sendiri. Untuk memiliki sebuah usaha, Mama tidak harus mengeluarkan banyak biaya. Cukup lakukan beberapa bisnis minim modal yang bisa dilakukan di rumah, tanpa harus meninggalkan kewajiban sebagai ibu rumah tangga.

Meski bukan tergolong usaha besar, namun usaha ini bisa menghasilkan keuntungan yang banyak. Berikut ulasannya.

Usaha PPOB

Baca juga:

Ide bisnis minim modal yang pertama adalah PPOB. PPOB adalah singkatan dari Payment Point Online Bank. Bisnis ini berupa pembayaran berbagai tagihan seperti pembelian token listrik, pulsa, kuota internet dan yang lainnya.

Bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar, dan bisa dilakukan di rumah sehingga Mama tak perlu menyewa ruko. Namun yang harus diperhatikan adalah agar bisnis ini terus berjalan Mama tidak boleh memberikan utang kepada konsumen.

Menjahit

Ide bisnis minim modal yang kedua adalah menjahit. Jika Mama punya keterampilan menjahit, maka bisnis ini sangat cocok untuk Mama. Selain untuk memiliki penghasilan tambahan, Mama bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan menjahit sehingga Mama lebih produktif.

Biasanya, pesanan jahitan akan meningkat menjelang hari raya atau tahun ajaran baru.

Katering harian

Ide bisnis minim modal yang ketiga adalah katering harian. Jika Mama hobi memasak, maka usaha katering harian bisa Mama pilih, apalagi jika Mama memang tinggal di kota besar. Biasanya orang-orang yang tinggal di kota besar tidak memiliki waktu luang untuk memasak menu harian karena terbentur oleh padatnya aktivitas.

Untuk menjalankan bisnis katering harian, Mama dituntut memiliki ide dan kreatifitas yang tinggi agar menu makanannya diminati banyak orang. Misalnya dengan menyiapkan menu catering yang rendah kalori dan sebagainya.

Laundry kiloan

Ide bisnis minim modal yang keempat adalah laundry kiloan. Jika Mama mempunyai mesin cuci di rumah, tak ada salahnya untuk memanfaatkan alat ini sebagai modal untuk membuka usaha laundry di rumah.

Target pasarnya adalah para tetangga sekitar rumah yang tidak sempat mencuci pakaiannya sendiri. Meski usaha laundry ini dilakukan sendiri di rumah, pastikan agar hasilnya selalu memuaskan konsumen.

Bisnis kue dan makanan ringan

Ide bisnis minim modal yang kelima adalah bisnis kue dan makanan ringan. Bisnis kue dan makanan ringan atau snack merupakan bisnis yang paling umum dijalankan oleh para ibu rumah tangga.

Jika Mama ingin menjual snack, pastikan snack yang dibuat sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Selain menawarkan ke tetangga sekitar umah, Mama bisa menjual kue atau snack tersebut dengan memanfaatkan media sosial.

Toko online atau reseller

Ide bisnis minim modal yang keenam adalah mendirikan toko online atau menjadi reseller. Berjualan online atau menjadi reseller merupakan salah satu bisnis yang bisa Mama lakukan tanpa harus keluar rumah. Bahkan untuk memulai bisnis online, seringkali Mama tidak memerlukan biaya. Cukup bermodalkan niat dan konsisten, maka bisnis online yang Mama lakukan bisa mendatangkan penghasilan yang cukup banyak.

Mama bisa berjualan masker, daster atau dress yang sedang diminati banyak orang. (Willy/Djavatoday)

Baca juga : 5 Tips Berbisnis Online di Tengah Pandemi

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU