Sabtu, Juli 13, 2024

Tahun 2024, Pemkab Ciamis Bangun Puluhan Rutilahu

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui DPRKPLH akan membangun puluhan rumah tidak layak huni (Rutilahu) menjadi rumah tinggal layak huni.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh Sekretaris Dinas PRKPLH Ciamis, Aris Taufik Abadi, Kamis (11/7/2024).

Menurut Aris, pada tahun 2024 ini ada sebanyak 44 rutilahu yang akan menjadi rutilahu lagi yakni rumah tinggal layak huni yang tersebar di kecamatan di Kabupaten Ciamis.

“44 itu dari APBD Kabupaten Ciamis. Dari jumlah tersebut, 3 diantaranya untuk rumah yang terkena bencana di Kecamatan Panawangan,” katanya.

“Sisanya ada untuk peningkatan kualitas dan ada pembangunan baru akibat musibah kebakaran salah satunya di Kampung Kuta Kecamatan Tambaksari,” tambahnya.

Aris mengatakan, adapun yang mendapatkan program rutilahu itu ada 3 kriteria, yakni keselamatan bangunan, kesehatan penghuninya dan juga kecukupan lahan.

“Jadi misalnya secara struktur bangunannya itu harus kokoh dan kuat, kalau bisa permanen. Lalu kesehatannya dari segi pencahayaannya, cukup sanitasi, dan punya lahan yang cukup,” terangnya.

Selain dari APBD Kabupaten Ciamis, dalam program ini juga mendapatkan bantuan dari Provinsi Jawa Barat sebanyak 100 unit untuk 5 desa di Kabupaten Ciamis.

“Itu untuk penanganan khusus di kawasan kumuh yang sudah SK Bupati, jadi tidak untuk diluar dari itu,” ucapnya.

Kemudian, sambung dia, dari 100 unit itu masing-masing desa mendapatkan 20 unit. Jadi 5 desa dengan total 100 unit.

“Kalau dari pusat kita tidak ada, jadi hanya dari APBD Ciamis dan juga Provinsi Jawa Barat untuk tahun 2024 ini,” pungkasnya.

Pantauan Harga Minyak Goreng di Pasar Manis Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah melalui Kemendag akan menerapkan HET (harga eceran tertinggi) baru untuk minyak goreng Minyakita. Dari semula Rp 14 ribu menjadi Rp...

Calon Pengantin di Ciamis yang Akan Menikah Harus Setor Tunas Kelapa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Calon pengantin di Ciamis yang akan daftar menikah diimbau untuk menyetorkan atau menyedekahkan 1 pohon tunas kelapa ke KUA (Kantor Urusan...

Pilkada 2024, KPU Ciamis Targetkan 80 Persen Partisipasi Pemilih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis mempunyai target partisipasi pemilih dalam Pilkada Ciamis 2024 diatas 80 persen. Hal itu sebagaimana Kadiv Perencanaan...

5.433 Lansia di Ciamis Dapat Bansos Pemakanan Bergizi Siap Santap

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 5.433 lansia di Kabupaten Ciamis menerima bantuan sosial (bansos) dalam bentuk makanan bergizi siap saji. Bantuan itu dari Kemensos RI...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya