Senin, Juni 17, 2024

World Cleanup Day Ciamis, Puluhan Komunitas Ikut Bersihkan Sungai

Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan masyarakat dan beberapa komunitas di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ikut serta dalam kegiatan World Cleanup Day tahun 2020  yang dipusatkan di Kelurahan Benteng, Sabtu (19/9/2020).

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Kapolres Ciamis, AKBP Dony Eka Putra, Dandim 0613 Ciamis, Kepala DPRKPLH Ciamis Taufik Gumilar serta ratusan masyarakat Ciamis turut hadir.

Ketua Pelaksana Kegiatan World Cleanup Day 2020 Koko Komarudin mengatakan tahun ini tema yang diusung Bersatu Indonesia, Bersih Pilah Sampah Dari Rumah. Kegiatan tingkat Kabupaten digelar terbatas, tapi dilaksanakan juga di setiap desa.  

“Kali ini kegiatan World Cleanup Day diikuti sekitar 50 komunitas dan juga ratusan masyarakat,” katanya.

World cleanup day Ciamis kali ini agendanya membersihkan sampah di seputaran sungai Cipalih. Peserta menyusuri bantaran sungai dengan berbekal kantong plastik, kemudian memungut sampah yang dilintasi. Ada juga peserta yang turun langsung ke sungai membersihkan sampah plastik.

“Peserta juga dibagi kantong plastik atau karung untuk mengumpulkan sampah. Nantinya, akan dipilah,” ungkapnya.

Koko berharap, dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa lebih peduli terhadap lingkungan khususnya dalam pengelolaan sampah.

“Kami berharap, world cleanup day Ciamis kali ini dapat memberikan nilai edukasi untuk masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah agar lingkungan kita bersih, nyaman dan asri untuk di lihat,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, kegiatan World CleanUp ini menjadi cara agar lingkungan  tetap bersih. Dalam masa pandemi ini kebersihan merupakan hal terpenting. Sekaligus upaya mencegah penyebaran virus corona.

“Persoalan sampah merupakan masalah krusial, kalau tidak diatasi dari sekarang. Ciamis kini terus berupaya dalam mengatasi sampah agar tidak menjadi persoalan besar seperti kota-kota besar lainnya. Alhamdulillah masyarakat Ciamis semakin peduli dengan kebersihan dan sampah. Termasuk dalam kegiatan World Cleanup Day di Ciamis sekarang ini,” ucapnya. (FR/Djavatoday)

.

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...

Idul Adha di Momen Hari Jadi Ciamis, Ini Pesan Pj Bupati Engkus

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan warga Ciamis melaksanakan salat Idul Adha di Alun-alun Ciamis, Senin (17/6/2024). Momen Idul Adha kali ini menjadi lebih spesial karena...

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...

Diduga Korsleting Listrik, Pabrik Makanan Ringan di Kawali Ciamis Hangus Terbakar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pabrik makanan ringan di Dusun Pari, Desa Linggapura, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, hangus terbakar. Penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik. Kebakaran...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya