Jumat, Februari 23, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

World Cleanup Day Ciamis, Puluhan Komunitas Ikut Bersihkan Sungai

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan masyarakat dan beberapa komunitas di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ikut serta dalam kegiatan World Cleanup Day tahun 2020  yang dipusatkan di Kelurahan Benteng, Sabtu (19/9/2020).

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Kapolres Ciamis, AKBP Dony Eka Putra, Dandim 0613 Ciamis, Kepala DPRKPLH Ciamis Taufik Gumilar serta ratusan masyarakat Ciamis turut hadir.

Ketua Pelaksana Kegiatan World Cleanup Day 2020 Koko Komarudin mengatakan tahun ini tema yang diusung Bersatu Indonesia, Bersih Pilah Sampah Dari Rumah. Kegiatan tingkat Kabupaten digelar terbatas, tapi dilaksanakan juga di setiap desa.  

“Kali ini kegiatan World Cleanup Day diikuti sekitar 50 komunitas dan juga ratusan masyarakat,” katanya.

World cleanup day Ciamis kali ini agendanya membersihkan sampah di seputaran sungai Cipalih. Peserta menyusuri bantaran sungai dengan berbekal kantong plastik, kemudian memungut sampah yang dilintasi. Ada juga peserta yang turun langsung ke sungai membersihkan sampah plastik.

“Peserta juga dibagi kantong plastik atau karung untuk mengumpulkan sampah. Nantinya, akan dipilah,” ungkapnya.

Koko berharap, dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa lebih peduli terhadap lingkungan khususnya dalam pengelolaan sampah.

“Kami berharap, world cleanup day Ciamis kali ini dapat memberikan nilai edukasi untuk masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah agar lingkungan kita bersih, nyaman dan asri untuk di lihat,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, kegiatan World CleanUp ini menjadi cara agar lingkungan  tetap bersih. Dalam masa pandemi ini kebersihan merupakan hal terpenting. Sekaligus upaya mencegah penyebaran virus corona.

“Persoalan sampah merupakan masalah krusial, kalau tidak diatasi dari sekarang. Ciamis kini terus berupaya dalam mengatasi sampah agar tidak menjadi persoalan besar seperti kota-kota besar lainnya. Alhamdulillah masyarakat Ciamis semakin peduli dengan kebersihan dan sampah. Termasuk dalam kegiatan World Cleanup Day di Ciamis sekarang ini,” ucapnya. (FR/Djavatoday)

.

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXIV Gelar Donor Darah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam memperingati HUT Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana ke-78 Tahun 2024, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIV menggelar kegiatan...

13 Warga Baregbeg Ciamis Terjangkit DBD, 1 Orang Meninggal Dunia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) kini mengalami peningkatan di Kabupaten Ciamis. Salah satunya di Kecamatan Baregbeg, sudah ada 13 warga yang...

Waspada! Penipu Mengaku Petugas Tera Timbangan Berkeliaran di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Ciamis mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan petugas tera timbangan dari DKUKMP Ciamis. Penipu...

Terpopuler

Lainnya