Jumat, Juli 19, 2024

Wisata Riung Wangi Ciamis Sajikan Panorama Indah Perkebunan Kopi

Wisata Ciamis (Djavatoday.com),- Kabupaten Ciamis memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Salahsatu yang kini tengah ramai jadi referensi tujuan refreshing yakni Agro wisata Riung Wangi Ciamis. Lokasinya berada dataran tinggin Dusun Sukaratu, Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis.

Panorama hamparan perkebunan milik warga menjadi salahsatu pemandangan yang bikin betah. Di loksi, pengelola sudah menyiapkan saung-saung berkonsep alami untuk para pengunjung.

Pengunjung dapat mengabadikan moment rekreasi dengan spot-spot foto yang sudah disediakan. Dengan latar belakang alami perkebunan kopi dan panorama Gunung Ceremai.

Pengelola Riung Wangi Talagasari Ciamis Uus Kustiawan mengatakan, secara resmi wanawisata ini akan dibuka pada 4 Januari 2021.

“Memanmg lokasi ini sudah mulai dibangun dari beberapa bulan kebelakang. Namun secara resminya dibuka untuk umum nanti 4 Januari 2021,” Kata Uus, Kamis (31/12/2020)

Uus menjelaskan, ide pembangunan wanawisata ini bermula dari suguhan potensi perpaduan panorama alam dan perkebunan di Dusun Sukaratu. Kemudian diimplementasikan menjadi konsep Agrowisata yang diharapkan dapat menarik pengunjung.

“Di sini juga ada Kopi Hantap, yakni kopi khas Ciamis. Yang tentu menjadi salahsatu suguhan pagi para pengunjung sembari menikmati suasana alam,” Katanya.

Wanawisata Riung Wangi Ciamis Hidupkan Geliat Ekonomi Warga

Uus mengaku, keberadaan wana wisata diharapkan menghidupkan perekonomian masyarakat setempat. Pemdua dan pemudi setempat bisa ikut andil dalam pengelolaan.

“Kita bekerjasama dengan Karang Taruna setempat untuk mengelola tempat wisata. Diharapkan dapat menjadi berkah untuk masyarakat,” ucapnya.

Uus menuturkan, setiap malam Jumat pihaknya rutin menggelar pengajian untuk meminta keberkahan. Diharapkan dapat tercipta iklim perekonomian yang baik untuk masyarakat setempat.

Sementara itu Kepala Desa Talagasari Kusnadi berharap, keberadaan wana wisata dapat bermanfaat bagi warga setempat.

“Kita harap perekonomian warga bisa terangkat. Mengingat, keberadaan Riung Wangi Ciamis ini merupakan kerjasama pengusaha dengan kelompok tani yang ada di sini,” jelasnya. (Alsya/MM/Djavatoday)

Melihat Tradisi Sidekah Muharram di Banjarwaru Kawali Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Dusun Banjarsari, Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, mengikuti Tradisi Sidekah Muharram. Tradisi ini dilaksanakan setahun sekali setiap bulan Muharram...

Damkar Ciamis Evakuasi Ular King Koros Masuk Mobil hingga Klinik Kesehatan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah kejadian ular King Koros berada di tempat yang tidak seharusnya terjadi di Kabupaten Ciamis. Seperti masuk ke dalam kap mobil...

Curug Gede Damar Payung: HTM hingga Daya Tariknya

Curug Gede Damar Payung merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan air terjun yang memesona. Meskipun tak setinggi curug lainnya yang mencapai puluhan...

Hutan Pinus Bubulak Tasikmalaya, Bisa Camping dan Renang!

Hutan Pinus Bubulak Tasikmalaya merupakan sebuah objek wisata alam baru yang cocok menjadi tempat untuk healing atau sekadar refreshing. Tempat ini juga menyediakan fasilitas...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya