Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Wisata Puncak Bangku Ciamis Bak Negeri di Atas Awan

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

DJAVATODAY.COM, Wisata Ciamis,- Kekayaan alam Ciamis, Jawa Barat sangat banyak. Salah satunya, Wisata Puncak Bangku Ciamis. Ditempat ini wisatawan akan melihat fenomena bak negeri di atas awan.

Tempat wisata ini berada di Desa Situmandala, Kecamatan Rancah. Biasanya untuk menikmati fenomena negeri di atas awan, orang harus terlebih dulu naik gunung. Namun di Puncak Bangku ini bisa dijangkau dengan kendaraan roda 4.

Namun untuk melihat fenomena ini anda harus datang pagi-pagi kisaran pukul 06.00-07.00 WIB. Kalau takut kesiangan wisatawan bisi bikin tenda disekitar lokasi, tapi harus izin dulu ke pengelola.

Wisata Puncak Bangku Ciamis ini mulai ramai diperbincangkan pada awal tahun 2020 lalu. Bahkan di bulan Januar-Februari pengunjung yang datang mencapai ribuan setiap harinya. Sampai saat ini pun wisata alam ini ramai dikunjungi.

Sekalipun kesiangan, wisatawan masih tetap bisa menikmati pemandangan yang indah. Terlihat pegunungan yang hijau menjulang dan hamparan hutan dan perkampungan warga yang menghijau.  

Puncak Bangku terletak diperbatasan Ciamis dan Kuningan. Letaknya berada di atas tebing. Udara di tempat wisata ini sangat sejuk sangat cocok untuk melepas lelah diakhir pekan. Puncak Bangku kini sering dikunjungi oleh wisatawan luar daerah.

Petunjuk Jalan Wisata Puncak Bangku Ciamis

Wisata Puncak Bangku Ciamis Bak Negeri di Atas Awan
Wisata alam Puncak Bangku Ciamis.

Bagi wisatawan yang berasal dari perkotaan Ciamis, untuk menuju lokasi ini memerlukan waktu 40 menit sampai 1 jam perjalanan. Rutennya, berpatokan dari Alun-alun Ciamis mengambil jalan ke arah Cirebon. Dipersimpangan Baregbeg sebelum SPBU belok kanan ke arah Kecamatan Sukadana.

Dari persimpangan empat Sukadana-Cisaga, ambil jalur lurus ke arah Rancah. Setelah sampai di sekitar Pasar Rancah dan Polsek Rancah anda terus ambil jalur lurus ke Desa Situmandala. Dari lokasi itu tinggal ikuti petunjuk jalan hingga sampai tujuan.

Untuk masuk ke lokasi Wisata Puncak Bangku Ciamis ini wisatawan tak dikenakan tarif. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir kendaraan saja. Ditempat ini banyak tempat spot selfi yang menarik yang disewakan oleh pengelola.

Seorang wisatawan asal Pangandaran, Aji Nursamsi, mengaku rela menginap di rumah temannya. Karena ingin menyaksikan fenomena negeri di atas awan ini. Ia mengaku tidak sia-sia meski harus menunggu sejak semalaman.

“Memang pemandangannya sangat indah. Kabutnya sangat tebal jadi sensasinya seperti kita sedang berdiri di atas awan. Sayangnya fenomena ini hanya terjadi di pagi hari. Kalau siang sudah tidak ada. Tapi pemandangannya juga tak kalah indah,” ungkapnya.

Pengunjung asal Rancah, Cucu, mengaku biasanya ia datang siang hari ke Wisata Puncak Bangku Ciamis ini. Sehingga tak pernah kebagian melihat fenomena bak negeri di atas awan.

“Alhamdulillah sekarang bisa sempat melihatnya. Kadang pernah datang pagi tapi gak ada. Karena biasanya fenomena ini muncul dan bagus setelah kemarin sore atau malam ada hujan,” terangnya. (CN/Djavatoday)

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Pasar Apung Malang, Kuliner 6 Negara dalam 1 Tempat

Pasar Apung Malang merupakan sebuah pasar yang menjadi rangkaian terakhir dalam wisata museum angkut. Objek wisata ini menawarkan sensasi berbelanja yang berbeda karena setiap...

The Legend Stars Park: Wahana, HTM, hingga Lokasi

The Legend Stars Park merupakan sebuah objek wisata kekinian yang menawarkan banyak spot wisata yang edukatif. Objek wisata ini memiliki daya tarik utama berupa...

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Terpopuler

Lainnya