Sabtu, Juli 13, 2024

Wisata Darmacaang Hill Ciamis, Tempat Kemping Asyik di Ciamis

DJAVATODAY.COM, CIAMIS,- Banyat tempat di Kabupaten Ciamis yang menarik untuk dikunjungi.  Salah satunya hutan pinus wisata Darmacaang Hill Ciamis. Tempat ini sangat cocok untuk piknik keluarga dan tempat kemping yang asyik. 

Wisata hutan pinus ini berada di Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Letaknya tepat di bawah kaki Gunung Sawal.  Untuk ke wisata alam Batu Cakra ini bisa ditempuh sekitar 30 menit dari Jalan Nasional III Ciamis.

Ada dua jalan alternatif yang bisa dilalui. Pertama ke Jalan Desa Kujang dan kedua ke jalur Desa Nasol. Wisatawan bisa menggunakan sepeda motor atau roda empat, semua kendaraan masuk sampai lokasi.

Keberadaan Wisata Darmacaang Hill Ciamis ini sudah dikenal lama. Hanya saja sempat ditutup karena ada sesuatu hal. Namun kini sudah lebih dari setahun dibuka dan ramai kembali. Meski demikian, pesona alam yang dipancarkan tidak pernah pudar. Wisatawan bisa melihat Kota Tasikmalaya dan wilayah Ciamis dari ketinggian.

Darmacaang Hill kini semakin dipercantik dengan menyediakan spot foto menarik. Ada juga fasiltas umum seperti toilet dan mushala.  Bagi yang ingin bersantai menggunakan ayunan, di lokasi juga terdapat penyewaan hammock dengan biaya sewa Rp 10 ribu.

Bagi wisatawan yang ingin berkemping di tengah hutan pinus tapi tak punya tenda tak perlu khawatir. Di wisata hutan pinus ini juga ada tempat penyewaan tenda berikut perlengkapannya. Harga sewanya berkisar antara Rp 95 ribu sampai Rp 150 ribu.

Wisata Darmacaang Hill Ciamis selalu ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan atau libur panjang. Sehingga wisatawan perlu memesan terlebih dulu tenda sebelum ke lokasi. Karena khawatir tidak kebagian ketika belum pesan dulu.

“Kalau libur panjang dan akhir pekan pasti ramai. Ada yang kemping di hari Sabtu sampai Minggu. Ada juga yang hanya berkunjung, makan-makan bersama keluarga,” ujar Hendi seorang tukang sewa hammock.  

“Tempat sewa tenda disini ada. Jadi pengunjung tidak perlu repot membawa peralatan karena sudah disediakan. Tinggal menempati saja. Tenda kami yang dirikan, nanti pulangnya kami juga membereskannya,” ucap dia.

Wisata Darmacaang Hill Ciamis Sering Dikunjungi Wisatawan Luar Daerah

Wisatawan asal Tasikmalaya, Rizal (23) mengaku sering ke Darmacaang hutan pinus ini. Namun baru kali ini kemping bersama teman-temannya. Ia mengaku merasakan sensasi tidur di alam liar. Ia juga tidak repot menyiapkan alat kemping sendiri. Karena beberapa hari sebelumnya telah memesan akan kemping.

“Kemping disini sangat nyaman. Suasana alam masih terasa tapi kalau mau salat atau buang air cukup ke toiloet dan mushala. Tenda juga sudah disediakan harganya terjangkau dan tidak repot,” pungkasnya. (CN/Djavatoday)

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Curug Goong Subang, Spot Nongkrong dan Arung Jeram

Curug Goong Subang merupakan sebuah objek wisata alam berupa air terjun yang juga menawarkan daya tarik lain. Salah satunya adalah sebuah kafe modern yang...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya