Jumat, Maret 1, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Wisata Darmacaang Hill Ciamis, Tempat Kemping Asyik di Ciamis

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

DJAVATODAY.COM, CIAMIS,- Banyat tempat di Kabupaten Ciamis yang menarik untuk dikunjungi.  Salah satunya hutan pinus wisata Darmacaang Hill Ciamis. Tempat ini sangat cocok untuk piknik keluarga dan tempat kemping yang asyik. 

Wisata hutan pinus ini berada di Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Letaknya tepat di bawah kaki Gunung Sawal.  Untuk ke wisata alam Batu Cakra ini bisa ditempuh sekitar 30 menit dari Jalan Nasional III Ciamis.

Ada dua jalan alternatif yang bisa dilalui. Pertama ke Jalan Desa Kujang dan kedua ke jalur Desa Nasol. Wisatawan bisa menggunakan sepeda motor atau roda empat, semua kendaraan masuk sampai lokasi.

Keberadaan Wisata Darmacaang Hill Ciamis ini sudah dikenal lama. Hanya saja sempat ditutup karena ada sesuatu hal. Namun kini sudah lebih dari setahun dibuka dan ramai kembali. Meski demikian, pesona alam yang dipancarkan tidak pernah pudar. Wisatawan bisa melihat Kota Tasikmalaya dan wilayah Ciamis dari ketinggian.

Darmacaang Hill kini semakin dipercantik dengan menyediakan spot foto menarik. Ada juga fasiltas umum seperti toilet dan mushala.  Bagi yang ingin bersantai menggunakan ayunan, di lokasi juga terdapat penyewaan hammock dengan biaya sewa Rp 10 ribu.

Bagi wisatawan yang ingin berkemping di tengah hutan pinus tapi tak punya tenda tak perlu khawatir. Di wisata hutan pinus ini juga ada tempat penyewaan tenda berikut perlengkapannya. Harga sewanya berkisar antara Rp 95 ribu sampai Rp 150 ribu.

Wisata Darmacaang Hill Ciamis selalu ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan atau libur panjang. Sehingga wisatawan perlu memesan terlebih dulu tenda sebelum ke lokasi. Karena khawatir tidak kebagian ketika belum pesan dulu.

“Kalau libur panjang dan akhir pekan pasti ramai. Ada yang kemping di hari Sabtu sampai Minggu. Ada juga yang hanya berkunjung, makan-makan bersama keluarga,” ujar Hendi seorang tukang sewa hammock.  

“Tempat sewa tenda disini ada. Jadi pengunjung tidak perlu repot membawa peralatan karena sudah disediakan. Tinggal menempati saja. Tenda kami yang dirikan, nanti pulangnya kami juga membereskannya,” ucap dia.

Wisata Darmacaang Hill Ciamis Sering Dikunjungi Wisatawan Luar Daerah

Wisatawan asal Tasikmalaya, Rizal (23) mengaku sering ke Darmacaang hutan pinus ini. Namun baru kali ini kemping bersama teman-temannya. Ia mengaku merasakan sensasi tidur di alam liar. Ia juga tidak repot menyiapkan alat kemping sendiri. Karena beberapa hari sebelumnya telah memesan akan kemping.

“Kemping disini sangat nyaman. Suasana alam masih terasa tapi kalau mau salat atau buang air cukup ke toiloet dan mushala. Tenda juga sudah disediakan harganya terjangkau dan tidak repot,” pungkasnya. (CN/Djavatoday)

Bupati Ciamis Apresiasi Kerja Keras PKK Tanpa Imbalan untuk Pembangunan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat.Sunarya mengapresiasi kerja keras, kontribusi dan peran PKK dalam pembangunan di Tatar Galuh Ciamis. Hal itu Herdiat sampaikan saat...

Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Dimulai, Ini Pesan Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Ciamis mulai digelar. Kegiatan dilaksanakan di Lapang Tenis...

Bupati Ciamis Lantik 378 PPPK, Ingatkan Pelayanan Sepenuh Hati ke Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya melantik 378 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) formasi tahun 2023. Kegiatan dilaksanakan di halaman Pendopo, Kamis...

Pemilihan Duta Baca Ciamis 2024, Upaya Tingkatkan Literasi Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis bekerja sama dengan Paguyuban Duta Baca Ciamis menggelar Pemilihan Duta Baca Ciamis tahun 2024. Kegiatan digelar...
spot_img

Terpopuler

Lainnya