Kamis, Juli 18, 2024

Wisata Buah Naga Cidolog Ciamis, Bisa Metik dan Nyicip Sebelum Beli

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kabupaten Ciamis tak henti memberi suguhan kekayaan alam loh jinawi. Seperti salahsatu yang kini mulai menjadi perhatian yakni Wisata Buah Naga Cidolog Ciamis.

Lokasinya terletak di Cawene Koneng, Desa Janggala, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis. Jarak dari pusat perkotaan Ciamis menggunakan kendaraan roda empat kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan. Tentu lebih cepat jika menggunaan kendaran roda dua.

Yang menarik dari agro wisata tersebut, pengunjung bisa memetik langsung buah naga dari kebun. Sembari menikmati udara sejuk dan panorama indah bukit disekeliling kebun.

Dirintis di awal tahun 2021 untuk pertamakali. Lokasinya sangat representatif untuk menjadi tujuan refreshing. Selain keberadaan ratusan pohon buah naga yang bisa dipetik langsung oleh pengunjung. Panorama perbukitan dan pesawahan khas alam Ciamis memberi nuansa fresh yang hakiki.

Ada 300 Pohon di Wisata Buah Naga Cidolog Ciamis

Pemilik kebun buah naga Suparman mengaku kebun buah naga miliknya cukup istimewa. Produksi buah naga dari ratusan pohon yang ditanam tak pernah berhenti berpdorduksi setiap tahun.

Suparman menjelaskan, buah naga produksi kebunnya berwarna ungu dengan rasa manis dan tekstur yang legit khas Kecamatan Cidolog Ciamis. Dan yang paling penting buahnya fresh, pengunjung dapat memetik langsung dari pohonya.

“Ada sekitar 300 tanaman di kebun yang semuanya tak pernah berhenti berbuah. Pengunjung silahkan bisa menyicipi terlebih dahulu buah naga. Kalau mau beli bisa petik langsung dari pohonnya kemudian dikilo di Wisata Buah Naga Cidolog Ciamis,” katanya Rabu (6/1/2021)

Suparman menuturkan, harga buah di sini cukup murah satu kilo gramnya Rp 13.000 saja. Namun, ketika musim kemarau harganya bisa sedikit naik, karena membutuhkan perawatan ekstra.

“Alhamdulillah pengunjung mulai berdatangan, meski kebun ini baru dirintis diawal tahun 2021,” ungkapnya.

Suparman mengungkapkan, tanaman buah naga ini mulai ditanam empat tahun lalu. Saat itu hasilnya tidak untuk dipasarkan, hanya dibuat untuk keperluan pembuatan jus.

“Untuk inovsi pemasaran buah di Wisata Buah Naga Cidolog Ciamis, kita dapat arahan dari Camat Cidolog, Pak Otong Bustomi. Beliau memberi keilmuan untuk pemupukan dan mengelola tanaman agar lebih produktif dan prodiksi lebih banyak,” jelasnya.

Suparman berencana mengembangkan produksi dan potensi dengan menambah jumlah tanaman buah naga. Diharapkan bisa jadi wisata agro unggulan Ciamis.

Peran Pemerintah

Sementara Camat Cidolog Otong Bustomi mengatakan, buah naga sangat cocok dengan kondisi alam Cidolog Ciamis. Banyak warga di beberapa desa menanam buah naga untuk dikonsumsi. Hal ini berpotensi meningkatkan perekonomian Desa.

“Destinasi petik buah ini dibuat tujuanya untuk menjaga stabilitas harga ditingkat petani. Mengantisipasi keberadaan bandar atupun pengepul yang biasanya mematok harga rendah. Mengingat, kualitas buah naga Cawene Cidolog ini sangat bagus, dengan keunggulan rasa manis dan legit,” ungkap Otong.

Otong menambakan, pihaknya akan mengajukan penataan infrastruktur ke Pemkab Ciamis. Akses jalan, jembatan dan sentuhan teknologi untuk pengembangan produksi.

“Kami berharap Wisata Buah Naga Cidolog Ciamis dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Dengan dibantu pengembanganya oleh Pemerinta,” tegasnya. (Ayu/MM/Djavatoday)

Calon Pengantin Diwajibkan Setor Tunas Kelapa, Begini Penjelasan Pemda Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pasangan calon pengantin di Kabupaten Ciamis, harus menyetorkan atau menanam tunas kelapa atau kitri saat akan melangsungkan pernikahan. Wacana itu dikeluarkan...

Rumah di Purwadadi Ciamis Terbakar Diduga Akibat Korsleting Listrik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah milik Supangat lansia berusia 60 tahun di Dusun Sukamulya, Desa Purwadadi, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, hangus terbakar. Peristiwa itu terjadi...

Masih Sakit, Satu Jemaah Haji Ciamis Tidak Pulang ke Tanah Air

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Satu orang jemaah haji asal Kabupaten Ciamis dari kloter 53 JKS tidak pulang ke tanah air. Hal itu karena sakit dan...

BPPD Ciamis Akan Gelar Tiba-tiba Touring Jilid IV, Ini Rutenya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam upaya mempromosikan wisata yang ada di Kabupaten Ciamis, BPPD Ciamis akan melaksanakan Tiba-tiba Touring. Tiba-tiba Touring yang saat ini sudah keempat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya