Sabtu, Mei 18, 2024

Wisata Alam Cireong Ciamis, Rekomendasi untuk Liburan Tahun Baru

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bagi yang belum punya tempat wisata untuk dikunjungi saat liburan tahun baru, ini satu rekomendasi destinasi yang menarik. Wisata Alam Cireong Ciamis dapat menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu liburan.

Wisata ini berada di Dusun Cireong, Desa Sukaresik, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis. Tempatnya ada di bawah kaki Gunung Sawal.

Tempat wisata ini merupakan aliran sungai dengan sumber dari mata air pegunungan. Pengunjung dapat merasakan sensasi sejuknya air pegunungan dengan cara berendam, berenang atau hanya basah-basahan.

Wisata Alam Cireong ini sangat cocok jadi tempat healing yang recommended. Suara gemercik air sungai ini bisa membuat pikiran menjadi rileks.

Lokasinya sekitar 5 kilometer dari Jalan Raya Nasional Sindangkasih atau sekitar 30 kilometer dari pusat perkotaan Ciamis. Sayangnya belum ada angkutan umum yang langsung menuju lokasi.

Wisata Alam Cireong ini buka pada Senin-Kamis dari pukul 08.00-16.00 WIB. Sedangkan Sabtu dan Minggu dari pukul 08.00-17.00 WIB.

Obyek Wisata ini termasuk murah, harga tiketnya hanya Rp 5.000 per orang. Parkir untuk sepeda motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000. Ada pun fasilitas lainnya seperti mushala, tempat parkir cukup luas, tempat bilas dan toilet.

Bagi pecinta kuliner, sekitar aliran sungai banyak warung yang menyediakan paket nasi liwet. Harga paket nasi liwet dari mulai Rp 50 ribu sampai Rp 150 ribu sesuai porsi xan menu. Ada juga gazebo dan tikar untuk beristirahat, menyimpan barang bawaan dan makan-makan.

Bagi pengunjung yang tidak mau berenang atau basah-basahan di aliran Sungai Cireong. Namun untuk masuk kolam renang tiket Rp 10.000. Ada juga kolam renang lainnya tiket Rp 5.000.

Manajer Unit Wisata BUMDes Sukaresik Asep Dadang atau Abah Cireong mengatakan dalam menyambut libur natal dan tahun baru sudah melakukan persiapan.

“Kita antisipasi rute jalan dan di pintu masuk. Semoga tahun ini wisatatawan akan lebih banyak yang datang ke Wisata Alam Cireong dari tahun kemarin,” ujar Dadang. (Ayu/CN/Djavatoday)

KPU Ciamis Lantik 135 PPK untuk Pilkada 2024, Sebanyak 70 Persen Wajah Lama

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Ciamis melantik 235 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas untuk Pilkada 2024. Pelantikan dilaksanakan di Aula STIKes Muhammadiyah Ciamis,...

Petani Gerba Ciamis Masih Pakai Kerbau untuk Bajak Sawah, Ini Alasannya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Di era modern ini, para petani di Desa Gerba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, masih memanfaatkan kerbau untuk membajak sawah. Bukannya tak...

Bedak Saripohatji, Kosmetik Legendaris di Ciamis yang Masih Bertahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bedak Saripohatji merupakan kosmetik yang legendaris di Kabupaten Ciamis. Pabrik bedak yang dibuat oleh Marijah di tahun 1927 tersebut kini masih...

Dadan Khoerul Ma, Siswa SDN 3 Selacai Wakili Ciamis di O2SN Provinsi

Berita Ciamis (Djavatoday.com), Dadan Khoerul Ma, Siswa SDN 3 Selacai, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis menjadi juara 1 O2SN (olimpiade olahraga siswa nasional) cabang bulutangkis...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya