Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Warga Kurang Sadar Prokes 3M, Ini Langkah Satgas Covid-19 Ciamis

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),-Kesadaran warga untuk menerapkan Covid-19 masih kurang, terutama dalam memakai masker. Padahal Pemkab Ciamis dalam hal ini Satgas Covid-19 Ciamis gencar melakukan sosialisasi dan edukasi Protokol Kesehatan (Prokes) 3M.  Untuk menekan angka penyebaran virus corona yang kini sudah terjadi transmisi lokal.  

Dalam operasi yustis yang dilakukan petugas, masih banyak warga yang abai prokes 3M. Itu terlihat di beberapa titik keramaian, seperti Pasar Manis dan ruang terbuka Alun-alun Ciamis. Di tempat itu, warga terlihat tidak memakai masker ataupun memanfaatkan fasilitas cuci tangan yang disediakan.

Di Alun-alun Ciamis misalnya, meski Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis sudah memasang imbauan prokes 3M. Bahkan membangun beberapa fasilitas cuci tangan di berbagai sudut, tapi masih banyak warga yang tidak menghiraukannya.

Banyak warga yang mengaku lupa tidak memakai masker, ada yang ketinggalan sampai ada yang menganggap Covid-19 itu tidak ada dan sengaja tidak memakai masker.

Meski demikian, Satgas Covid-19 Ciamis tak pernah lelah untuk mengingatkan masyarakat terhadap pedoman Prokes 3M, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Muhamad Iskandar, Kepala Bidang Trantib Satpol PP Ciamis, menyatakan akan terus berkeliling, melakukan patroli ke berbagai titik keramaian untuk melakukan operasi yustisi.

“Kami akan terus berusaha agar masyarakat disiplin protokol kesehatan dan meningkatkan kesadaran akan bahaya Covid-19. ini sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Satgas Covid-19 Ciamis melalui Satpol PP bahkan tak segan untuk menegur dan memberi sanksi terhadap warga yang tidak taat. Mulai dari sanksi administrasi berupa teguran, sampai sanksi sosial, seperti membaca teks pancasila sampai sanksi fisik, push up.

“Kami lakukan ini supaya mereka disiplin dan mendapat efek jera bagi pelanggar. Ke depan supaya mereka disiplin,” jelasnya.

“Sayangi diri sendiri, keluarga dan kerabat. Jangan sampai kita abai lalu tertular dan menularkan kepada orang lain. Taati protokol kesehatan, terutama memakai masker saat beraktivitas di luar rumah,” pungkasnya. (AY/CN/Djavatoday)

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Cerita Asal Usul Nama Desa Baregbeg Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Baregbeg merupakan nama sebuah desa di Kabupaten Ciamis. Menarik untuk dibahas mengenai cerita asal usul penamaan desa tersebut. Konon menurut cerita, nama...

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Terpopuler

Lainnya