Sabtu, Juni 15, 2024

Warga Kecewa RSUD Ciamis Tak Layani Pasien Peserta BPJS

Ciamis (Djavatoday.com),- Secara mendadak RSUD Ciamis mengumumkan sementara ini tak layani pasien peserta BPJS Kesehatan. Sontak keputusan ini membuat warga kecewa. Mereka telah antre dan mendaftar serta menunggu berjam-jam untuk mendapat layanan di poliklinik.

“Saya datang dan mendaftar sejak pagi, karena jauh dari Baregbeg. Ketika mengantri lama, ternyata ada pemberitahuan bahwa layanan poli klinik untuk peserta BPJS Kesehatan tidak membuka pelayanan. Hanya melayani pasien umum saja,” ujar seorang Reni, pasien, warga Kecamatan Baregbeg, Ciamis, Jawa Barat, Senin (5/10/2020).

Reni kecewa  dengan keputusan RSUD Ciamis itu. Karena, pihak rumah sakit sebelumnya tidak mensosialisasikan terlebih dulu tentang penutupan sementara untuk pasien peserta BPJS. Sehingga ia bisa mempersiapkannya dari awal. Terutama untuk biaya berobat penyakit TB yang dideritanya.

“Pihak RSUD Ciamis hanya memasang pengumuman di depan jendela layanan pendaftaran itu pun mendadak. Kalau diberitahu dahulu mungkin kami tidak akan berangkat untuk berobat atau menyiapkan biayanya. Tentu kami kecewa,” ucapnya.

Dalam pengumuman yang dipasang pihak RSUD Ciamis, sejak 5 Oktober 2020, RSUD Ciamis tidak melayani pasien BPJS Kesehatan untuk poliklinik instalasi rawat jalan. Karena ada permasalahan antara RSUD Ciamis dengan BPJS Kesehatan. RSUD Ciamis masih melayani pasien umum sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan.

“Saya terpaksa harus menunggu pihak keluarga mau mengantarkan uang untuk saya berobat jalan. Karena memang tidak bisa ditunda setiap sebulan sekali. Untuk biayanya sekitar Rp 400 ribu, sedangkan sekarang hanya bawa uang Rp 250 ribu saja, jadi masih kurang,” ucapnya.

Sementara itu, Ramdan Pashja, Kabid Pelayanan Medis RSUD Ciamis membenarkan kondisi tersebut. RSUD Ciamis sementara ini tak melayani pasien peserta BPJS sampai batas waktu belum ditentukan.

Ramdan tidak menjelaskan secara rinci alasan penutupan layanan tersebut. Ia hanya menyebut ada permasalahan antara RSUD Ciamis dengan BPJS Kesehatan. Untuk penyelesaiannya, RSUD Ciamis akan bertemu dengan BPJS dan Pemkab Ciamis.

“Semoga ada titik terang penyelesainnya. Sehingga pasien bisa kembali dilayani,” pungkasnya. (FR/DJavatoday)

Rumah Lansia di Banjaranyar Ciamis Rusak Tertimpa Pohon Petai Tumbang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah Pardi seorang lansia berusia 79 tahun di Dusun Mekarsari, Desa Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, rusak akibat tertimpa pohon petai...

Warga Sukadana Sambut Kepulangan Syifa Al Fadila, Pemain Timnas Voli U-18 Asal Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga beserta unsur pemerintahan Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, menyambut kepulangan Syifa Al Fadila, Sabtu (15/6/2024). Gadis berusia 16 tahun asal Sukadana...

Bapenda Ciamis Buka Pelayanan di Galuh Digital Festival

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Ciamis membuka pelayanan pada acara Galuh Digital Festival atau GDF. Acara GDF sendiri berlangsung di Taman Lokasana...

Dua Warga Alami Luka Bakar Tersambar Api di Belakang SPPBE Ciharalang Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nasib malang dialami dua warga Desa Ciharalang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, yang mengalami luka bakar. Warga bernama Karman (81) dan Nanang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya