Jumat, Mei 17, 2024

Warga Cimaragas Ciamis Ikuti Tradisi Misalin Sambut Bulan Ramadhan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga di Desa Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengikuti Tradisi Misalin untuk sambut bulan suci Ramadhan, Minggu (20/3/2022).

Tradisi Misalin ini mulai pada malam hari dengan Ngadamar atau memberikan kabar kepada warga. Kemudian juru kunci Situs Bojong Galuh Salawe melakukan ritual sanduk-sanduk papalaku atau meminta izin kepada leluhur yang intinya berdoa kepada sang pencipta.

Acara inti Tradisi Misalin dalam rangka sambut bulan Ramadhan dengan tawasul di Situs Bojong Galuh Salawe. Kemudian acara selanjutnya adalah atraksi budaya. Menampilkan berbagai kesenian khas Cimaragas Ciamis.

Budayawan Ciamis Aip Syarifudin yang juga panitia mengatakan Tradisi Misalin ini sudah ada sejak dulu. Yang filosofinya meninggalkan segala perbuatan dosa menjelang Ramadhan.

“Intinya menghadapi ibadah puasa ini harus instrospeksi. Mengganti perbuatan jelek menjadi perbuatan baik,” katanya.

Dalam Misalin ini juga sebagai sarana mendekatkan diri dengan sang pencipta dan mendekatkan diri dengan sesama manusia. Saling bersilaturahmi, gotong royong, tenggang rasa dalam rangka mewujudkan keharmonisan dalam bermasyarakat dan bernegara.

“Kita tidak melihat pangkat semua sama. Salah satu bentuk kedekatan masyarakat dan birokrasi. Bentuk mendekatkan diri kepada Alloh SWT,” ucapnya.

Dalam Tradisi Misalin ini terdapat tiga unsur, yakni budaya, religi dan modernisasi.

“Harapannya sebagai warga Tatar Galuh untuk terus melestarikan budaya. Apalagi Misalin ini telah menjadi warisan budaya tak benda,” pungkasnya. (ayu/CN/Djavatoday)

Dadan Khoerul Ma, Siswa SDN 3 Selacai Wakili Ciamis di O2SN Provinsi

Berita Ciamis (Djavatoday.com), Dadan Khoerul Ma, Siswa SDN 3 Selacai, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis menjadi juara 1 O2SN (olimpiade olahraga siswa nasional) cabang bulutangkis...

Herdiat Sunarya Kembali Jadi Ketua PBVSI Ciamis, Prioritaskan Pembinaan Atlet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Herdiat Sunarya terpilih kembali sebagai Ketua Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Ciamis masa bakti 2024-2028. Herdiat terpilih secara aklamasi melalui...

11 Desa di Kecamatan Panawangan Ciamis Berstatus Mandiri

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2024 Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, meningkat. Dari 18 desa, sebanyak 11 desa sudah berstatus mandiri. Sedangkan...

Raih Hasil Imbang Atas Persip Pekalongan 3-3, PSGC Ciamis Lolos ke 16 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com), - PSGC Ciamis lolos ke babak 16 besar Liga 3 Nasional. Dalam laga terakhir di grup 3, PSGC Ciamis berhasil mengimbangi...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya