Rabu, Juni 19, 2024

Wabup Ciamis Sebut Tiga Upaya Pemerintah Menanggapi Bonus Demografi

Djavatoday.com, Ciamis – Berbagai daerah di Indonesia saat ini sedang menghadapi bonus demografi. Kondisi bonus demografi dimana masyarakat yang usia produktif lebih tinggi dan akan berdampak baik bagi kehidupan apabila dikelola dengan baik.

Demikian, disampaikan Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra saat memberikan sambutan pada penutupan Smith Expression Tahun 2022 di Aula SMK Miftahussalam, Kecamatan Cijeungjing, Ciamis, Jawa Barat, Kamis (17/03/2022). 

“Milenial hari ini merupakan bagian dari Bonus Demografi. Oleh karenanya harus dikelola dengan baik agar berdampak baik terhadap segala aspek kehidupan di masa depan,” ucapnya.

Menghadapi bonus demografi, Yana menyebutkan ada tiga upaya yang harus dilakukan pemerintah dalam optimalisasi dan pengelolaannya. 

Pertama, memberikan akses kesehatan sebaik baiknya. Kedua, memberikan akses pendidikan sebaik-baiknya. Ketiga, menciptakan lapangan pekerjaan.

Ketiga langkah ini menurutnya menjadi hal penting yang mesti dilakukan agar bonus demografi berdampak baik.

“Era mendatang, kompetensi personal harus dimiliki disamping bukti legalitas melalui pendidikan. Oleh karena, kepada para pelajar saat ini agar mengasah bidang kemampuannya agar bisa menjadi sumber penghidupannya kelak,” imbuhnya.

Yana menambahkan, situasi pandemi Covid-19 telah berdampak sangat luas di hampir seluruh sendi kehidupan. Generasi milenial dituntut untuk mampu berpikir kreatif dan inovatif. 

“Pandemi penghambat berbagai aktivitas di berbagai bidang kehidupan. Orang yang memiliki kreatifitas dan inovasi pastinya akan muncul dan mampu survive dalam situasi yang serba tak menentu ini,”

“Tantangan generasi muda kedepannya sangat komplek. Maka kuasai kompetensi digital dan ikuti perkembangan zaman agar kita tidak hanya jadi penonton saja, namun jadi pemain dan mampu bersaing,” tutupnya. ArifinAT/Djavatoday.com

Masuk 3 Besar Penilaian Adminduk Prima Jabar, Ini Inovasi Disdukcapil Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah masuk 3 besar pada penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar, Disdukcapil Ciamis mempunyai beberapa inovasi pelayanan online. Adapun salah satu inovasi tersebut...

Keren, Disdukcapil Ciamis Masuk 3 Besar Lolos Penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Disdukcapil Ciamis, masuk 3 besar lolos penilaian dalam hasil seleksi administrasi Adminduk Prima Provinsi Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Ciamis,...

Bus dan Truk Kecelakaan di Ciamis, Arus Lalu Lintas Sempat Macet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah bus dan mobil truk terlibat kecelakaan di Tanjakan Cibeka, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut terjadi Selasa (18/6/2024) sekitar...

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya