Jumat, Februari 23, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Vaksinasi Covid19 Ciamis Akan Dilaksanakan Pada 15 Januari 2021

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Vaksinasi Covid19 di Kabupaten Ciamis akan mulai dilaksanakan pada 15 Januari 2021. Menyusul pelaksanaan vaksinasi di Pusat dan Provinsi pada 13 dan 14 Januari 2021.

Demikian disampaikan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat memimpin rapat evaluasi Satgas Covid19. Bertempat di Aula Adipati Kusumadiningrat, Kamis (07/01/2021).

Herdiat mengatakan, tekhnis Vaksinasi akan dilaksanakan secara bertahap. Untuk tahap pertama jumlah vaksin disediakan untuk 3800 orang warga Ciamis.

“Tahap pertama vaksinasi dilakukan kepada 10 orang dari unsur Forkopimda. Termasuk saya, Pak Wakil Bupati dan lainnya.” ucap Herdiat.

Baca Juga: Bupati Ciamis Siap Jadi yang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19

Herdiat menjelaskan, tahap pertama akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan yang berjuang di garda terdepan. Kemudian juga didahulukan untuk para petugas yang berhadapan langsung dengan masyarakat seperti TNI dan Polri.

“Tekhnis vaksinasi covid19 di Ciamis dilaksanakan tersebar di setiap Puskesmas. Ketentuannya yang menerima vaksin diatas usian 18 tahun dibawah 59 tahun,” kata Herdiat.

Herdiat menjelaskan, dalam evaluasi Satgas Covid-19, setiap hari tracking kasus positif covid19 terus meningkat di Kabupaten Ciamis.

“Update kasus Covid19 tanggal 6 januari 2021 yakni sebanyak 1.229 Orang. Dengan rincian positif aktif sebanyak 536 Orang, sembuh 645 Orang. Kemudian isolasi di RSUD 58 Orang, isolasi mandiri 478 Orang dan meninggal 48 Orang,” paparnya.

Herdiat mengungkapkan, penyebaran kasus positif yang pesat disebabkan tidak disiplinannya pasien positif Covid19 yang melakukan isolasi mandiri.

“Ini menjadi perhatian kita, pasien isolasi mandiri ini tidak disiplin berkeliaran. Kita akan meningkatkan pengawasan. Kita harap diberi kelancaran untuk Vaksinasi Covid19 Ciamis,” tegas Herdiat.

Herdiat menambahkan, untuk wilayah Kabupaten tidak melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal tersebut didasari status Ciamis yang berada pada zona oranye.

“Kita akan memperketat penerapan protokol kesehatan, sesuai arahan Gubernur. Sampai ke tingkat Desa kita perketat, ditambah ketersediaan fasilitas isolasi mandiri di tiap Desa,” ungkapnya.

Penjelasan Kadinkes Ciamis Terkait Vaksinasi Covid19

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis dr. Yoyo menuturkan, jenis vaksin yang akan digunakan sudah teruji. Tentu teruji oleh World Health Organization (WHO) dan di berbagai Negara.

“Untuk Vaksinasi Covid19 di Ciamis target yang diprioritaskan yakni tenaga kesehatan. Karena saat ini tenaga dan pelayan kesehatan hampir kolap akibat tertular Covid19. Dapat di bayangkan jika nakes banyak yang tumbang bagaimana pelayanan kesehatan dapat dilaksanakan,” jelasnya. (MM/Djavatoday)

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXIV Gelar Donor Darah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam memperingati HUT Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana ke-78 Tahun 2024, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIV menggelar kegiatan...

13 Warga Baregbeg Ciamis Terjangkit DBD, 1 Orang Meninggal Dunia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) kini mengalami peningkatan di Kabupaten Ciamis. Salah satunya di Kecamatan Baregbeg, sudah ada 13 warga yang...

Manfaat Kayu Manis, Rempah Beraroma Berjuta Khasiat

Manfaat kayu manis bagi kehidupan sehari-hari manusia ternyata sangat penting, mulai dari pelengkap bumbu masakan hingga kesehatan. Kayu manis merupakan sebuah tanaman atau pohon...

Terpopuler

Lainnya