Selasa, Mei 28, 2024

Vaksinasi Covid19 Ciamis Akan Dilaksanakan Pada 15 Januari 2021

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Vaksinasi Covid19 di Kabupaten Ciamis akan mulai dilaksanakan pada 15 Januari 2021. Menyusul pelaksanaan vaksinasi di Pusat dan Provinsi pada 13 dan 14 Januari 2021.

Demikian disampaikan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat memimpin rapat evaluasi Satgas Covid19. Bertempat di Aula Adipati Kusumadiningrat, Kamis (07/01/2021).

Herdiat mengatakan, tekhnis Vaksinasi akan dilaksanakan secara bertahap. Untuk tahap pertama jumlah vaksin disediakan untuk 3800 orang warga Ciamis.

“Tahap pertama vaksinasi dilakukan kepada 10 orang dari unsur Forkopimda. Termasuk saya, Pak Wakil Bupati dan lainnya.” ucap Herdiat.

Baca Juga: Bupati Ciamis Siap Jadi yang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19

Herdiat menjelaskan, tahap pertama akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan yang berjuang di garda terdepan. Kemudian juga didahulukan untuk para petugas yang berhadapan langsung dengan masyarakat seperti TNI dan Polri.

“Tekhnis vaksinasi covid19 di Ciamis dilaksanakan tersebar di setiap Puskesmas. Ketentuannya yang menerima vaksin diatas usian 18 tahun dibawah 59 tahun,” kata Herdiat.

Herdiat menjelaskan, dalam evaluasi Satgas Covid-19, setiap hari tracking kasus positif covid19 terus meningkat di Kabupaten Ciamis.

“Update kasus Covid19 tanggal 6 januari 2021 yakni sebanyak 1.229 Orang. Dengan rincian positif aktif sebanyak 536 Orang, sembuh 645 Orang. Kemudian isolasi di RSUD 58 Orang, isolasi mandiri 478 Orang dan meninggal 48 Orang,” paparnya.

Herdiat mengungkapkan, penyebaran kasus positif yang pesat disebabkan tidak disiplinannya pasien positif Covid19 yang melakukan isolasi mandiri.

“Ini menjadi perhatian kita, pasien isolasi mandiri ini tidak disiplin berkeliaran. Kita akan meningkatkan pengawasan. Kita harap diberi kelancaran untuk Vaksinasi Covid19 Ciamis,” tegas Herdiat.

Herdiat menambahkan, untuk wilayah Kabupaten tidak melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal tersebut didasari status Ciamis yang berada pada zona oranye.

“Kita akan memperketat penerapan protokol kesehatan, sesuai arahan Gubernur. Sampai ke tingkat Desa kita perketat, ditambah ketersediaan fasilitas isolasi mandiri di tiap Desa,” ungkapnya.

Penjelasan Kadinkes Ciamis Terkait Vaksinasi Covid19

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis dr. Yoyo menuturkan, jenis vaksin yang akan digunakan sudah teruji. Tentu teruji oleh World Health Organization (WHO) dan di berbagai Negara.

“Untuk Vaksinasi Covid19 di Ciamis target yang diprioritaskan yakni tenaga kesehatan. Karena saat ini tenaga dan pelayan kesehatan hampir kolap akibat tertular Covid19. Dapat di bayangkan jika nakes banyak yang tumbang bagaimana pelayanan kesehatan dapat dilaksanakan,” jelasnya. (MM/Djavatoday)

Lomba Merpati Tingkat Nasional di Ciamis Berdampak Baik untuk Ekonomi Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Lomba burung merpati tingkat nasional seri 3 kembali digelar di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kegiatan itu digelar Penggemar Merpati Tinggi Indonesia...

Pedas Nampol Seblak Bangsat Seuhah yang Viral di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seblak adalah jajanan yang berasal dari Jawa Barat yang saat ini diminati banyak kalangan. Warung Seblak Bangsat Seuhah di Ciamis kini...

Hama Wereng Serang Sawah, Petani di Cigembor Ciamis Galau

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Puluhan hektar sawah di Kelurahan Cigembor, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, diserang hama wereng sejak beberapa pekan lalu. Para petani pun kini...

Membantu Siklus Menstruasi, Berikut Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Manfaat kulit manggis kerap diabaikan karena rasa pahitnya yang membuat masyarakat enggan untuk mengonsumsinya. Namun, kini telah hadir olahan kulit manggis dalam bentuk produk...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya