Minggu, Mei 26, 2024

Upaya Disnakkan Ciamis Cegah Penyebaran Flu Burung

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis melakukan berbagai upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah flu burung.

Saat ini kasus flu burung sudah terdeteksi pada beberapa wilayah Jawa Barat sejak Januari 2023. Daerah tersebut adalah Kota Cirebon dan Kota Cimahi.

Sekadar informasi, Ciamis adalah salah satu daerah penghasil ayam pedaging terbesar di Indonesia. Sehingga perlu ada upaya pencegahan penyebaran flu burung.

Kadis Peternakan dan Perikanan Ciamis Syarief Nurhidayat menyatakan sejauh ini belum ada temuan kasus flu burung untuk daerah Ciamis.

“Pertama pertemuan nasional sudah kami ikuti mengenai kewaspadaan terhadap ancaman flu burung,” ungkap Syarief, Minggu (12/3/2023).

Dalam pertemuan itu, Kementerian Kesehatan mengeluarkan surat edaran peningkatan kewaspadaan flu burung. Menindaklanjuti hal itu, Disnakkan Ciamis pun telah mengeluarkan edaran untuk para Kepala UPTD Peternakan.

UPTD Peternakan setiap daerah harus meningkatkan penyuluhan, informasi dan komunikasi serta edukasi kepada peternak unggas. Meminta peternak segera melapor ketika menemukan unggas mati mendadak atau sakit. Sehingga dapat menindaklanjuti laporan tersebut agar dapat melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran flu burung.

Disnakkan Ciamis akan meningkatkan biosekuriti guna mencegah masuknya wabah flu burung ke lokasi unggas atau peternakan. Flu burung jug termasuk penyakit yang menular ke manusia atau zoonosis.

“Kami juga membuat surat edaran untuk para peternak supaya menerapkan biosekuriti secara ketat. Termasuk juga perilaku hidup bersih dan sehat,” ucapnya.

Disnakkan pun telah melakukan pendampingan biosekuler. Tahap ini ke 3 kecamatan yakni Ciamis, Cipaku dan Cijeungjing dengan total 12.900 ekor unggas. (Ayu/CN/Djavatoday)

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya