Kamis, Juli 18, 2024

Upaya Dinas Perpustakaan Ciamis Tingkatkan Budaya Literasi Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Ciamis terus berupaya meningkatkan budaya literasi masyarakat Ciamis. Salah satunya dengan program jemput bola ke sejumlah desa menyediakan taman baca.

Kepala Dispusip Ciamis Dadan Wiadi mengatakan guna mewujudkan taman baca, pihaknya kerja sama dengan pemerintah desa. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan budaya literasi masyarakat.

“Kami berkomitmen berupaya meningkatkan minat baca masyarakat. Alhamdulillah, pemerintah desa yang kami datangi sangat menyambut baik program kami. Tentunya ini akan menjadi kolaborasi yang baik. Program jemput bola dengan menyediakan taman baca,” ungkap Dadan Wiadi, Jumat (22/3/2024).

Dadan menjelaskan, selain jemput bola pihaknya terus menjalin komunikasi dengan semua elemen masyarakat. Termasuk komunitas-komunitas yang ada menjalin kesepahaman untuk menyematkan budaya literasi masyarakat dan aktifitas membaca dalam setiap kegiatan.

“Yang penting adalah kesadaran masyarakat untuk mengembangkan budaya membaca di lingkungan terdekar. Kita sangat terbuka untuk berkomunikasi termasuk menyediakan fasilitas buku. Kita juga sangat berharap kepada masyarakat yang memiliki buku-buku bacaan bernilai edukasi. Dengan mengoptimalkan Taman Baca Masyarakat (TBM),” jelas Dadan.

Dadan ingin merubah paradigma perpustakaan, yang tadinya hanya sebagai tempat pinjam buku saja. Saat ini Perpusrakaan Ciamis sudah memiliki sejumlah fasilitas yang lebih menarik. Seperti audio visual, deorama wisata sejarah Ciamis dan taman bermain anak.

“Perpustakaan Ciamis sendiri sudah menjadi tempat asik untuk membaca. Setiap bulan tercatat ribuan siswa dan masyarakat berkunjung ke Perpustakaan Ciamis. Tinggal bagaimana kita juga berperan untuk meraih budaya literasi di wilayah desa,” jelasnya.

Dadan mengungkapkan, kemajuan digitalisasi memang sebuah keniscayaan. Namun wahana di dalamnya tidak mengoptimalkan kinerja otak manusia secara optimal. Dengan sumber informasi yang bias menjadikannya seperti dua bilah pisaj bermata dua antara dampak poaitif dan negatif.

“Dengan membaca buku, sumber informasi jelas dan akurat. Kemudian juga dengan membiasakan menulis tangan akan merangsang daya ingat lebih kuat. Ada banyak kebaikan dari perilaku membaca dan menulis, hal ini harus menjadi perhatian kita bersama,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Calon Pengantin Diwajibkan Setor Tunas Kelapa, Begini Penjelasan Pemda Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pasangan calon pengantin di Kabupaten Ciamis, harus menyetorkan atau menanam tunas kelapa atau kitri saat akan melangsungkan pernikahan. Wacana itu dikeluarkan...

Rumah di Purwadadi Ciamis Terbakar Diduga Akibat Korsleting Listrik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah milik Supangat lansia berusia 60 tahun di Dusun Sukamulya, Desa Purwadadi, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, hangus terbakar. Peristiwa itu terjadi...

Masih Sakit, Satu Jemaah Haji Ciamis Tidak Pulang ke Tanah Air

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Satu orang jemaah haji asal Kabupaten Ciamis dari kloter 53 JKS tidak pulang ke tanah air. Hal itu karena sakit dan...

BPPD Ciamis Akan Gelar Tiba-tiba Touring Jilid IV, Ini Rutenya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam upaya mempromosikan wisata yang ada di Kabupaten Ciamis, BPPD Ciamis akan melaksanakan Tiba-tiba Touring. Tiba-tiba Touring yang saat ini sudah keempat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya