Rabu, Februari 28, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Warga Karangkamulyan Ciamis Ikuti Upacara Tradisi Ngikis Jelang Puasa

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang bulan Ramadhan, warga Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Ciamis, Jawa Barat, mengikuti upacara tradisi Ngikis di Situs Ciung Wanara, Kamis (8/4/2021).

Meski dalam kondisi Pandemi, antusiasme masyarakat mengikuti ngikis sangat tinggi. Dibanding tahun 2020 lalu yang hanya digelar terbatas, kali ini lebih terbuka diikuti hingga ratusan warga tapi tetap menerapkan protokol kesehatan.

Upacara tradisi Ngikis diawali dengan masuk bersama ke situs Pangcalikan di Obyek Situs Budaya Ciung Wanara, dilanjutkan doa bersama. Setelah itu dilanjutkan dengan acara inti yakni memasang pagar pada situs Pangcalikan.

Situs ini diyakini sebagai peninggalan singgasana Kerajaan Galuh. Proses pemasangan pagar dilakukan oleh pejabat pemerintah dan budayawan.

Setelah acara inti selesai, masyarakat kemudian ke Situs Sipatahunan dan botram atau makan bersama. Di lokasi ini masyarakat saling bertukar bekal makanan sebagai bentuk kebersamaan.

“Ngikis dilaksanakan setahun sekali. Acara intinya memasang pagar pada situs budaya dilaksanakan menjelang bulan puasa. Inti makna dari upacara tradisi Ngikis ini adalah memagari atau menjaga diri dari perbuatan tidak baik, terutama menjelang bulan puasa,” ujar Panitia Ngikis Aip Syaripudin.

Ngikis ini sudah berlangsung sejak lama dan dilaksanakan secara turun temurun. Hanya saja, dalam dua tahun ini kegiatannya lebih sederhana dibanding sebelum pandemi Covid-19.

“Biasanya dihadiri oleh masyarakat luar daerah bahkan para raja nusantara. Tapi karena kondisi Pandemi mereka tidak bisa kesini,” ungkapnya.

Meski demikian, upacara tradisi Ngikis harus tetap dilaksanakan. Sebab, tradisi ini sudah dijaga sejak lama dan perlu dilestarikan. Selain memelihara budaya lokal, juga memiliki makna baik untuk para generasi penerus.

“Kami juga berharap dan berdoa semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa melakukan aktivitas seperti biasanya tanpa ada batasan,” pungkasnya.
(CN/AY/Djavatoday)

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan untuk Korban Angin Puting Beliung di Sadananya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis melalui FK Tagana Ciamis menyalurkan bantuan logistik untuk korban bencana angin puting beliung di Mangkubumi, Kecamatan Sadananya. Diketahui,...

Curug Badak Batu Hanoman, Wisata Alam di Tasikmalaya

Curug Badak Batu Hanoman merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan dua spot air terjun. Kedua air terjun ini terbilang cukup tinggi dengan...

Ratusan Rumah di Sadananya Ciamis Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Berita Ciamis (Djavatoday.com), - Angin puting beliung disertai hujan deras melanda wilayah Desa Mangkubumi, Kecamatan Sadananya, Ciamis. Perisitiwa yang terjadi pada Senin (26/2/2024) petang...

11 Desa di Ciamis Ditetapkan Jadi Desa Wisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui Dinas Pariwisata menetapkan 11 desa di Ciamis sebagai Desa Wisata. Penyerahan SK Bupati Ciamis penetapan Desa Wisata dilaksanakan...
spot_img

Terpopuler

Lainnya