Jumat, Mei 24, 2024

Tradisi Nyuguh Kampung Adat Kuta Ciamis yang Terus Dilestarikan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Kampung Adat Kuta, Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kembali menggelar Tradisi Nyuguh, Minggu (10/9/2023).

Tradisi ini merupakan warisan leluhur yang terus dilestarikan hingga saat ini. Digelar setiap setahun sekali menjelang bulan Maulud atau Rabiul Awal. Kegiatan ini dihadiri juga unsur Pemkab Ciamis terutama Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Ciamis.

Tujuan Tradisi Nyuguh ini sebagai bentuk rasa syukur kepada sang pencipta atas rezeki hasil bumi yang telah didapat selama setahun ini.

Tradisi dipusatkan Alun-alun Kampung Adat Kuta. Kegiatannya cukup meriah dengan berbagai tampilan kesenian tradisional. Yakni Gondang Buhun, Ronggeng Kaler yang merupakan kesenian khas asli Kampung Kuta.

Puncak dari tradisi ini masyarakat mengarak dongdang atau tandu yang berisi makanan hasil bumi umbi-umbian dan lainnya menuju pinggir dengan iringan kesenian dog-dog. Selanjutnya masyarakat melaksanakan tawasul dan doa bersama.

“Alhamdulillah kami bisa melangsungkan Tradisi Nyuguh setiap tahun dari dulu sampai sekarang,” ujar Warja, sesepuh Kampung Adat Kuta.

Warja mengatakan Tradisi Nyuguh ini adalah ngawilujeungkeun atau mengantarkan pasukan yang akan bertugas menjaga hutan dan alam di Pajajaran.

“Intinya sekaligus syukuran dan terimakasih atas kenikmatan yang diberikan selama setahun ini,” ungkap Warja.

Tradisi Nyuguh ini juga sarana silaturahmi antar warga dan tolak bala. Menjaga tradisi saling berbagi makanan antar sesama warga, yang maknanya harus saling tenggang rasa.

“Warga membawa makanan dari rumah masing-masing. Saat makan bersama tradisi semua duduk lesehan tidak membeda-bedakan. Saling mencoba makanan sebagai salah satu kearifan lokal,” pungkasnya. (Andra/CN/Djavatoday)

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...

Buruh di Ciamis Tewas Tersengat Listrik saat Pasang Talang Air

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nahas dialami seorang buruh harian lepas bernama Maman Rustaman (56) asal Kelurahan Linggasari, Ciamis. Maman tewas tersengat listrik saat memasang talang...

Tarsum Pelaku Mutilasi Istri Dikembalikan ke Polres Ciamis Usia Jalani Observasi di RS Jiwa Cisarua

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sudah 14 hari sudah Tarsum pelaku kasus pembunuhan dan memutilasi istrinya di Ciamis menjalani rehabilitasi di RS Jiwa Cisarua Bandung. Tarsum...

HUT Kodam III Siliwangi, Kodim Ciamis Gelar Turnamen Sepakbola U-17 Dandim Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kodim 0613 Ciamis menggelar turnamen sepakbola U-17 Dandim Cup antar kecamatan. Turnamen ini digelar dalam rangka peringatan HUT ke 78 Kodam...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya