Jumat, Juli 19, 2024

Tindaklanjuti Laporan Warga, Dishub Ciamis Monitoring Rekayasa Lalu Lintas di Simpang Sindangkasih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis diwakili oleh Kasi Wasdalops Dishub Ciamis bersama dengan Kanit Turjawali Satlantas Polres Ciamis melakukan monitoring dan pengawasan lapangan di Simpang Sindangkasih. Sehubungan dengan adanya laporan dari masyarakat mengenai sistem satu arah di ruas jalan Simpang Sindangkasih dan padamnya traffic light/APILL Simpang Sindangkasih.

Berdasarkan hasil monitoring, masyarakat sekitar meminta agar arus lalu lintas dikembalikan seperti semula yakni dua arah. Serta traffic light segera diperbaiki. Sebab dengan diberlakukan sistem satu arah tersebut berdampak pada penumpukan kendaraan baik dari arah timur. Tepatnya di simpang pasar Sindangkasih maupun dari arah barat.

Pengguna jalan dalam hal ini masyarakat sekitar cenderung memilih menerobos rambu larangan melintas/forbidden untuk mempercepat waktu perjalanan melalui terminal sindangkasih.

“Berdasarkan informasi yang diterima, saat ini memang traffic light Sindangkasih sedang mengalami blackout atau tidak berfungsi. Ini diakibatkan oleh adanya kerusakan pada sistem sebab terlalu sering dilakukan flashing,” ujar Kepala Dishub Ciamis Dadang Mulyatna, Rabu (6/12/2023).

Menanggapi keluhan masyarakat Dishub Ciamis telah menginformasikan kepada kepala Terminal Sindangkasih untuk diteruskan kepada masyarakat sekitar bahwa rekayasa lalu lintas yang saat ini diberlakukan adalah hasil kesepakatan Dinas Perhubungan bersama pihak Kepolisian Resort Ciamis.

Evaluasi Rekayasa Lalu Lintas Simpang Sindangkasih

Tujuannya untuk mengurai tundaan atau kemacetan pada simpang traffic light Sindangkasih. Selama ini yang sudah berjalan adalah dari hari Senin sampai Jum’at traffic light difungsikan normal dan hari Sabtu-Minggu karena intensitas kendaraan padat menjelang akhir pekan/liburan. traffic light difungsikan flashing. Tiada lain untuk mengurai penumpukkan kendaraan.

“Insyaallah secepatnya akan dilaksanakan evaluasi pelaksanaan rekayasa lalu lintas di ruas jalan tersebut. Agar terciptanya keamanan, keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas di wilayah kabupaten ciamis,” jelasnya.

Disamping itu, sehubungan pemeliharaan APILL Traffic Light dilaksanakan oleh pihak ketiga, Saat ini Dishub Ciamis berupaya melakukan perbaikan Traffic Light sebisa mungkin sambil menunggu teknisi APILL Traffic Light. Agar kondisi lalu lintas bisa kembali normal. Selain itu ditempatkan pula rambu lalu lintas portable untuk kelancaran lalu lintas dan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan. (Ayu/CN/Djavatoday)

Peralihan Musim Waspadai Penyakit pada Hewan, Ini Pesan Disnakkan Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Ciamis menyebut kalau peralihan musim harus waspadai beberapa penyakit kepada hewan. Pasalnya, peralihan musim dari hujan ke...

Melihat Tradisi Sidekah Muharram di Banjarwaru Kawali Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Dusun Banjarsari, Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, mengikuti Tradisi Sidekah Muharram. Tradisi ini dilaksanakan setahun sekali setiap bulan Muharram...

Damkar Ciamis Evakuasi Ular King Koros Masuk Mobil hingga Klinik Kesehatan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah kejadian ular King Koros berada di tempat yang tidak seharusnya terjadi di Kabupaten Ciamis. Seperti masuk ke dalam kap mobil...

Capai Target Produksi Ikan tahun 2024, Disnakkan Ciamis Gencar Lakukan Kegiatan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka mencapai target produksi ikan tahun 2024, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Ciamis gencar melakukan berbagai kegiatan. Adapun, target produksi ikan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya