Minggu, Mei 26, 2024

Tenaga Kesehatan Kurang Sinergis, Ciamis Zona Merah Covid19

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meminta tenaga kesehatan untuk lebih bersinergi dengan Satgas Covid19 Ciamis.

Hal tersebut dikatakan Herdiat dihadapan seluruh Kepala Puskesmas yang ada di Kabupaten Ciamis. Dalam rapat evaluasi penanganan Covid19 di Aula Adipati Kusumadiningrat Pemkab Ciamis. Kamis, (14/01/21).

Herdiat menjelaskan, perubahan status zona merah untuk Ciamis disebabkan empat kriteria. Yakni tingginya angka penularan, jumlah kesembuhan dibawah rata-rata Nasional. Kemudian jumlah meninggal tidak lebih rendah dari rata-rata nasional, ditambah kurangnya tempat isolasi.

“Saya kira angka kesembuhan yang rendah disebabkan tidak ada data dari pasien sembuh Covid19 yang melapor. Entah itu dari kesadaran pasien, tenaga kesehatan atau pendataan dari tim Satgas Covid19 Ciamis. Itu perlu kita evaluasi,” ujar Herdiat.

Herdiat meminta para Kepala Puskesmas untuk lebih serius dalam berkoordinasi dengan Satgas Covid19. Dari mulai tingkat Desa hingga Kecamatan, pendataan kesembuhan dan kematian harus sinergi.

“Saya mengerti, tenaga medis kelelahan dan mungkin ada rasa takut. Saya begitu mengapresiasi kinerja seluruh tenaga medis, sebetulnya tidak mudah bekerja dengan resiko tinggi dan berbahaya,” katanya.

Mengenai Vaksinasi, Herdiat mengungkapkan, berdasarkan laporan vaksin dari Provinsi Jawa Barat kurang lebih 2700 vaksin. Sementara rencana tahap pertama Ciamis yang diprioritaskan untuk tenaga medis dan petugas lapangan membutuhkan sebanyak 3800 Vaksin.

“Sebagai manusia, khawatir terhadap vaksinasi pasti ada. Kita harus percaya bahwa pemerintah akan melaksanakan upaya terbaik kepada masyarakat,” kata Herdiat.

Herdiat berharap seluruh Kepala Puskesmas dan tenaga medis Ciamis menyosialisasikan pola hidup bersih dan sehat. Karena, Vaksinasi tidak sepenuhnya menjamin terbebas dari Covid19.

“Terimakasi banyak untuk seluruh tenaga medis dan tetap semangat, pertahankan untuk melayani warga dengan baik. Kita berharap setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kita bisa kembali ke status zona hijau,” ungkapnya.

Pesan Wakil Bupati Kepada Tenaga Kesehatan Ciamis

Sementara itu, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meminta peningkatan pengawasan terhadap pasien Covid19.

Terutama yang tengah melaksanakan isolasi mandiri, di tingkat Desa maupun tingkat Kecamatan.

“Sinergi pendataan sangat penting. Tenaga kesehatan Ciamis dari mulai tingkat Desa harus terus meperbaharui laporan kondisi pasien Covid19 kepada Satgas. Untuk menentukan langkah dan arah penanganannya,” tegas Yana. (MM/Djavatoday)

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya