Kamis, April 25, 2024

Suasana Terminal Ciamis saat Libur Lebaran Telah Usai

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Libur lebaran Idul Fitri 1444 H telah berakhir. Tapi Terminal Ciamis masih cukup ramai dengan para calon penumpang yang menunggu bus untuk kembali ke perantauan setelah mudik Lebaran.

Seperti terlihat pada Rabu (26/4/2023), terjadi penumpukan penumpang di jalur bus keberangkatan. Para penumpang terlihat sedang menunggu bus yang datang terlambat ke Terminal Ciamis lantaran terjebak macet dari arah Barat.

Penumpang tersebut terpaksa menunggu hingga 1 jam sebelum bus yang akan mengangkutnya tiba. Umumnya mereka akan berangkat ke daerah Jabodetabek. Namun juga ada beberapa diantaranya yang akan ke daerah Jawa Tengah.

“Mau ke Wonosobo, sudah menunggu lumayan dari Jam 9 sampai jam 10.00 WIB. Bus nya belum datang mungkin macet,” ujar Siti Aisah, warga Imbanagara Ciamis yang akan ke daerah Wonosobo saat ditemui di Terminal Ciamis.

Sementara itu, berdasarkan data dari UPTD Terminal Ciamis, lonjakan penumpang mulai terjadi sejak Minggu (23/4/2023). Jumlah penumpang yang akan ke daerah Jabodetabek sebanyak 3.312 penumpang atau meningkat 90 persen.

Kemudian pada hari berikutnya, Senin (24/4/2023), penumpang yang berangkat dari Ciamis ke Jabodetabek 4.060 penumpang dan Selasa (25/4/2023) sebanyak 4.608 penumpang.

“Ya memang untuk penumpang cukup melonjak dari hari biasanya. Namun untuk saat ini semua dapat teratasi oleh armada bus yang masuk ke Terminal Ciamis sebanyak 100 bus lebuh. Jadi tidak menggunakan armada cadangan,” ungkap Aceng Supriadi, Kepala UPTD Terminal Ciamis.

Aceng pun mengakui sempat terjadi penumpukan penumpang. Namun hal tersebut karena bus angkutan mudik balik lebaran yang masuk Terminal Ciamis terlambat datang akibat macet di Jalur Selatan terutama di Gentong dan Nagreg.

“Ya penumpukan penumpang terjadi karena bus datang terlambat. Penumpang harus menunggu. Tapi beberapa jam juga datang dan semuanya bisa terangkut menuju daerah masing-masing,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Tebing di Sadananya Ciamis Longsor, Satu Rumah Terancam

Djavatoday.com,- Tebing sepanjang 6 meter dengan tinggi 8 meter dan lebar 4 meter di Desa Sadananya, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis longsor, Rabu (24/4/2024). Dampak tebing...

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan untuk Warga Sukadana dari Sentra Batu Raden

Djavatoday.com,- Dinas Sosial Kabupaten Ciamis telah menyalurkan bantuan kepada salah satu warga di Desa Bunter, Kecamatan Sukadana. Bantuan tersebut berasal dari Sentra Batu Raden Kementerian...

Warga Desa Baregbeg Ciamis Ini Sumringah dapat Bantuan Rutilahu

Djavatoday.com,- Sutara warga Dusun/Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis sumringah karena mendapatkan bantuan dari program Rutilahu. Program rumah tidak layak huni (Rutilahu) tersebut dari Pemerintah...

Hujan Deras, Tanah Longsor Terjang Desa Bendasari Ciamis

Djavatoday.com, - Hujan dengan intensitas tinggi yang melanda wilayah Kabupaten Ciamis pada Selasa (23/4/2024) sore hingga malam, menyebabkan tanah longsor di Desa Bendasari, Kecamatan...

Terpopuler

Lainnya