Selasa, Juli 9, 2024

Siswa SMP di Ciamis Ikuti Program Kultum Dzuhur di Masjid Agung

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Siswa SMPN 1 Ciamis dan SMPN 4 Ciamis mengikuti Program Kultum Dzuhur di Masjid Agung Ciamis. Kegiatan ini digelar oleh DKM Masjid Agung dengan dukungan dari Dinas Pendidikan Ciamis.

Seperti terlihat pada Senin (16/1/2023), ratusan siswa dari SMPN 1 Ciamis dan SMPN 4 Ciamis melaksanakan salat berjamaah di Masjid Agung Ciamis. Setelah selesai salat, mereka tidak langsung kembali ke sekolahnya. Namun mengikuti Program Kultum Dzuhur terlebih dahulu. Dua sekolah tersebut memang dekat dengan Masjid Agung Ciamis.

“Ini merupakan program DKM Masjid Agung dengan sekolah sekitar masjid atas dukungan dari Kadisdik Ciamis. Jadi para siswa SMPN 1 Ciamis dan SMPN 4 Ciamis setiap bada (setelah) Dzuhur hari Senin sampai Kamis mengikuti Kultum Dzuhur,” ujar Ketua DKM Masjid Agung Ciamis Wawan S Arifien.

Wawan mengatakan, tujuan program ini untuk lebih mengakrabkan anak-anak dengan kegiatan masjid. Yakni Dzuhur berjamaah lalu kultum bersama. Bahkan sesekali menjelang Ramadhan, anak-anak sekolah ikut munggahan bersama dengan jemaah masjid dan para guru.

“Insyaalloh anak akan lebih akrab dengan masjid. Kita berharap anak kita maju di bidang sains dan teknologi. Tapi mereka juga memiliki keimanan dan karakter yang kuat sebagai seorang muslim,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Ciamis Asep Saeful Rahmat menyambut baik program dari DMK Masjid Agung Ciamis. Dengan Program Kultum Dzuhur ini, pada siswa mendapat pelajaran keagamaan yang lebih mendalam.

“Sebagai bekal bagi anak-anak untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat diikuti juga oleh sekolah-sekolah di setiap kecamatan. Sekolah yang berada di lingkungan masjid besar dapat menggelar kultum Dzuhur bersama DKM,” ungkapnya.

Asep menyebut, melalui kultum dhuhur ini, para siswa lebih lembut hatinya, bisa melaksanakan ibadah sesuai tuntunan. Sehingga anak-anak terhindar dari kondisi saat pergaulan semakin bebas. Termasuk mengurangi ketergantungan gadget.

“Bagi yang jauh dari masjid besar bisa digelar di masjid atau musala sekolah baik tingkat SD maupun SMP,” pungkasnya. (ayu/CN/Djavatoday)

Kunjungi Stand Pameran HKP ke 52, Ini Harapan Pj Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna kunjungi stand Pameran Pertanian dan Kampung Madu yang berada di Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis. Stand pameran pertanian...

Bahu Jembatan Penghubung Dua Kecamatan di Ciamis Ambruk, Lalu Lintas Terganggu

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bahu Jembatan di jalan penghubung antar kecamatan di Dusun Kertajaga, Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, ambruk. Jalan itu menghubungkan Kecamatan...

Fathan Al Maizan Zhapar Raih Juara 2 Cabor Senam Tingkat Provinsi Jawa Barat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Fathan Al Maizan Zhapar berhasil meraih Juara 2 Cabor Senam Nomor Meja Lompat ajang O2SN Tingkat Provinsi Jawa Barat. Ajang itu...

Rumah Milik Warga Maleber Ciamis Ini Ambruk, Diduga Karena Sudah Lapuk

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah milik Aip Arifin warga Kelurahan Maleber, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ambruk pada Sabtu (6/7/2024) lalu. Beruntung dalam musibah tersebut...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya