Rabu, Juni 19, 2024

Disbudpora Ciamis: Sejumlah Tradisi Jelang Ramadhan Tetap Digelar

Berita Ciamis (Djavatoday.com) – Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) pastikan berbagai tradisi di sejumlah Situs Budaya jelang bulan suci Ramadhan digelar. Namun secara sederhana dan tidak menyerahkan massa.

Sama dengan tahun sebelumnya yang masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, tradisi hanya digelar intinya saja.

Tradisi itu mulai dilaksanakan dari 2 pekan jelang bulan ramadhan. Ada 8 tradisi yang diagendakan oleh Pemkab Ciamis. Tahun-tahun sebelumnya biasa digelar secara gebyar, sehingga dapat menarik wisatawan dan meningkatkan ekonomi warga.

Tradisi itu adalah Mitapak di Bojongsalawe, Kecamatan Cimaragas. Tradisi Nyepuh di Ciomas, Kecamatan Panjalu. Misalin di Cimaragas, Mupunjung di Baregbeg, Balaniska di Cikawung, Bojongmengger, Ngikis di Karangkamulyan, Cijeungjing. Merlawu di Kertabumi, Cijeungjing dan Ngikis di Situs Singaperbangsa, Cisaga.

“Sejumlah tradisi jelang bulan Ramadhan tetap dilaksanakan meski pun dalam suasana Pandemi Covid-19,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Ciamis Erwan Darmawan, Selasa (30/3/2021).

Bedanya kali ini tidak dilaksanakan secara gebyar dengan melibatkan massa, hanya acara sakralnya saja. Meski begitu tapi tidak menghilangkan kekhidmatan dan arti dari menyambut Ramadhan tersebut. Erwan menyebut dinas tidak melakukan promosi secara besar-besaran.

“Ini adalah kearifan lokal yang harus dijaga, jadi harus tetap digelar. Kalau nanti ada poster-poster pemberitahuan acara tradisi dari kami, itu hanya sebatas menunjukan bahwa kebudayaan tidak mati saat Pandemi, bukan merupakan undangan,” jelasnya.

Erwan pun meminta kepada panitia lokal tradisi jelang Ramadhan untuk menggelar kegiatan tradisi ini secara sederhana. Tidak menimbulkan kerumunan dan patuhi protokol kesehatan. (CN/AT/Djavatoday)

Masuk 3 Besar Penilaian Adminduk Prima Jabar, Ini Inovasi Disdukcapil Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah masuk 3 besar pada penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar, Disdukcapil Ciamis mempunyai beberapa inovasi pelayanan online. Adapun salah satu inovasi tersebut...

Keren, Disdukcapil Ciamis Masuk 3 Besar Lolos Penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Disdukcapil Ciamis, masuk 3 besar lolos penilaian dalam hasil seleksi administrasi Adminduk Prima Provinsi Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Ciamis,...

Bus dan Truk Kecelakaan di Ciamis, Arus Lalu Lintas Sempat Macet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah bus dan mobil truk terlibat kecelakaan di Tanjakan Cibeka, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut terjadi Selasa (18/6/2024) sekitar...

Curug Penganten Banyumas, Eksotis dengan Mitos Romantis!

Curug Penganten Banyumas bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk liburan saat menyambangi Provinsi Jawa tengah.
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya