Sabtu, Maret 2, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Disbudpora Ciamis: Sejumlah Tradisi Jelang Ramadhan Tetap Digelar

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com) – Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) pastikan berbagai tradisi di sejumlah Situs Budaya jelang bulan suci Ramadhan digelar. Namun secara sederhana dan tidak menyerahkan massa.

Sama dengan tahun sebelumnya yang masih dalam kondisi Pandemi Covid-19, tradisi hanya digelar intinya saja.

Tradisi itu mulai dilaksanakan dari 2 pekan jelang bulan ramadhan. Ada 8 tradisi yang diagendakan oleh Pemkab Ciamis. Tahun-tahun sebelumnya biasa digelar secara gebyar, sehingga dapat menarik wisatawan dan meningkatkan ekonomi warga.

Tradisi itu adalah Mitapak di Bojongsalawe, Kecamatan Cimaragas. Tradisi Nyepuh di Ciomas, Kecamatan Panjalu. Misalin di Cimaragas, Mupunjung di Baregbeg, Balaniska di Cikawung, Bojongmengger, Ngikis di Karangkamulyan, Cijeungjing. Merlawu di Kertabumi, Cijeungjing dan Ngikis di Situs Singaperbangsa, Cisaga.

“Sejumlah tradisi jelang bulan Ramadhan tetap dilaksanakan meski pun dalam suasana Pandemi Covid-19,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Ciamis Erwan Darmawan, Selasa (30/3/2021).

Bedanya kali ini tidak dilaksanakan secara gebyar dengan melibatkan massa, hanya acara sakralnya saja. Meski begitu tapi tidak menghilangkan kekhidmatan dan arti dari menyambut Ramadhan tersebut. Erwan menyebut dinas tidak melakukan promosi secara besar-besaran.

“Ini adalah kearifan lokal yang harus dijaga, jadi harus tetap digelar. Kalau nanti ada poster-poster pemberitahuan acara tradisi dari kami, itu hanya sebatas menunjukan bahwa kebudayaan tidak mati saat Pandemi, bukan merupakan undangan,” jelasnya.

Erwan pun meminta kepada panitia lokal tradisi jelang Ramadhan untuk menggelar kegiatan tradisi ini secara sederhana. Tidak menimbulkan kerumunan dan patuhi protokol kesehatan. (CN/AT/Djavatoday)

Warga Baregbeg Ciamis yang Meninggal Dunia Akibat Terjangkit DBD Jadi 2 Orang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam kurun waktu bulan Januari-Februari 2024, sebanyak 2 warga Baregbeg, Kabupaten Ciamis, meninggal dunia akibat terjangkit demam berdarah Dengue (DBD). Kepala Desa...

Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa Baregbeg Ciamis Bakal Digelar Meriah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, biasa melaksanakan Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa. Tradisi ini digelar setiap menjelang...

Bupati Ciamis Apresiasi Kerja Keras PKK Tanpa Imbalan untuk Pembangunan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat.Sunarya mengapresiasi kerja keras, kontribusi dan peran PKK dalam pembangunan di Tatar Galuh Ciamis. Hal itu Herdiat sampaikan saat...

Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Dimulai, Ini Pesan Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Ciamis mulai digelar. Kegiatan dilaksanakan di Lapang Tenis...
spot_img

Terpopuler

Lainnya