Sabtu, Mei 25, 2024

SDN 3 Baregbeg Ciamis Kembali Terendam Banjir Akibat Drainase Tersumbat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- SDN 3 Baregbeg, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat kembali terendam banjir, Minggu (7/5/2023). Akibatnya, aktivitas belajar mengajar siswa pada Senin (8/5/2023) menjadi terganggu.

Sekolah terendam banjir setiap hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Lakbok sejak sore hingga malam. Banjir kali ini sudah yang kedua kalinya, yang sebelumnya terjadi pada Sabtu (6/5/2023). Kali ini genangan air lebih tinggi dari sebelumnya.

Kepala SDN 3 Baregbeg Nanang Heryanto mengatakan penyebab banjir ini akibat tersumbatnya saluran drainase oleh sampah. Sehingga saya volume air meningkat, aliran menjadi terhambat hingga meluap ke sekolah.

Selain tersumbatnya drainase, penyebab lainnya karena ada bangunan dekat sekolah yang membuat pondasi pagar lebih tinggi dari saluran tersier. Sehingga hal ini membuat aliran air menjadi terhambat.

Guna mengatasi genangan air di SDN 3 Baregbeg, petugas dari unsur Muspika Lakbok, BPBD dan relawan lainnya melakukan upaya membersihkan saluran cerna manual. Namun upaya itu belum dapat membuat air surut.

“Ini sudah kedua kali banjir dalam 3 hari ini harapan saya tidak terulang lagi. Sehingga air tidak meluap dan membanjiri sekolah,” ungkap Nanang, Senin (8/5/2023).

Nanang pun menyayangkan adanya bangunan pada bagian atas saluran tersier. Bangunan itu tidak memperhatikan dampak lingkungan yang membuat sekolah kebanjiran setiap kali hujan deras melanda.

“Buku sekolah yang belum sempat kami bereskan pada banjir pertama sekarang terendam lagi,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya