Minggu, Mei 26, 2024

Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Selamanik Ciamis, Jajal Arung Jeram Sungai Cimuntur

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengunjungi Desa Wisata Selamanik, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (6/4/2023).

Desa Selamanik adalah salah satu dari 75 desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

“Hari ini kita melihat keindahan alam, potensi budaya dan ketahanan pangan Desa Wisata Selamanik,” ujar Sandiaga.

Sandiaga Uno mengungkapan hal yang spesial dari desa ini yakni kemampuan warga dalam bertani dengan konsep yang sangat produktif. Konsep mengemasnya dengan paket wisata.

“Ini bagian dari terciptanya harga yang lebih terjangkau. Ketika bawang merah naik, masyarakat di sini tak terbebani malah justru dapat peluang usaha dan (serap) lapangan kerja,” ucapnya.

Dalam kunjungan ke Desa Wisata Selamanik, Sandiaga pun ikut senam, melihat produk UMKM, panen bawang, bercocok tanam hingga menjajal arung jeram Sungai Cimuntur.

“Sungai Cimuntur ternyata punya daya tarik. Alhamdulillah saya bisa merasakan keindahan desa ini. Maka saya nyatakan Desa Wisata Selamanik sebagai desa wisata terbaik, berkelas dunia,” ungkap Sandi.

Guna melengkapi desa ini sebagai desa wisata kelas dunia, Sandiaga akan membantu homestay bagi wisatawan. Sandiaga menugaskan perusahaan perhotelan sebagai mitra Desa Selamanik untuk menjalankan homestay tersebut.

“Homestay nanti kita isi perlengkapannya, agar bisa menarik lebih banyak wisatawan,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga Uno atas anugerah desa wisata tersebut. Desa Selamanik hanya salah satu desa dari 265 desa yang memiliki keindahan alam.

Pada kesempatan ini, Herdiat mengungkapkan saat ini Kabupaten Ciamis salah satu daerah yang belum memiliki hotel berbintang. Sedangkan yang ada hanya hotel kelas melati.

Herdiat mendorong agar Sandiaga dapat membantu supaya Ciamis punya hotel berbintang.

Mendengar hal itu, Sandiaga pun akan menugaskan Deputi Bidang Industri dan Investasi untuk mengirim tim ke Ciamis.

“Kita koordinasikan dengan kadis, insya Allah bisa kita langsung petakan. Mohon dukungan terkait perizinan dan alokasi yang tepat,” pungkas Sandiaga. (Ayu/CN/Djavatoday)

Curug Cipurut Purwakarta: Info HTM hingga Daya Tariknya

Curug Cipurut Purwakarta merupakan sebuah objek wisata berupa air terjun yang menyuguhkan keindahan alam memesona. Objek wisata ini juga menawarkan sensasi keasrian alam yang...

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...

Wisata Rawa Pening Semarang: HTM, Fasilitas, Daya Tarik 2024

Wisata Rawa Pening Semarang merupakan sebuah objek wisata alam yang menyuguhkan keindahan danau alami yang luas. Danau ini berada pada cekungan atau lembah yang...

Umbul Siblarak Klaten, Kolam Luas Berenang Puas!

Umbul Siblarak Klaten merupakan sebuah objek wisata alam berupa pemandian kolam renang yang airnya alami. Uniknya, bentuk kolam-kolamnya begitu luas sehingga mmebuat para wisatawan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya