Minggu, April 14, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Rumah Miska di Ciamis Ambruk Usai Diguyur Hujan Deras

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah Miska (52) di Dusun Pongporang, Desa Sindangrasa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk hingga rata dengan tanah usai diguyur hujan.

Peristiwa itu terjadi pada Rabu (7/2/2024). Rumah Miska ambruk diduga karena tidak kuat menahan guyuran hujan yang disertai angin kencang sejak Selasa (6/2/2024).

Miska dan kedua anggota keluarganya berhasil selamat. Padahal pada saat kejadian Miska dan keluarganya sedang berada di dalam rumah. Namun Tisna (20) anak Miska mengalami luka di bagian dahi karena tertimpa reruntuhan bangunan.

Kasi Pelayanan Desa Sindangrasa Kustiawan membenarkan kejadian tersebut. Satu rumah warga di wilayahnya ambruk usai diguyur hujan terus menerus. Hal itu juga diperparah dengan kondisi bangunan yang kemungkinan sudah lapok.

“Kondisi rumah ambruk samping Brata dengan tanah. Penyebabnya karena guyuran hujan terus menerus, juga angin kencang,” kata Kustiawan.

Kustiawan memastikan kejadian rumah ambruk itu tidak menimbulkan korban jiwa. Namun ada penghuni rumah bernama Tisna yang mengalami luka pada bagian dahi.

“Semua selamat, saat kejadian mereka di dalam rumah sedang tidur. Tisna, anak dari Miska luka di dahi tertimpa reruntuhan, sekarang sudah diobati,” ucapnya.

Miska dan keluarganya kini terpaksa mengungsi ke rumah kerabatnya, karena rumahnya sudah tidak bisa ditempati lagi. Kerugian material ditaksir sekitar Rp 35 juta.

Pemerintah Desa Sindangrasa saat ini telah melakukan pendataan dan pelaporan. Warga setempat bersama TNI-Polri, Tagana dan relawan RCS membantu membersihkan puing-puing bangunan.

“Semoga juga bisa mendapatkan bantuan dana stimulan untuk memperbaiki rumahnya kembali. Rumah sudah tidak bisa ditempati, dan sekarang harus mengungsi ke tempat yang lebih aman. Kondisi pak Miska sudah tidak bisa bekerja,” jelasnya.

Perlengkapan yang dibutuhkan saat ini adalah terpal, logistik kedaruratan dan tempat tidur. Pemerintah Desa Sindangrasa pun mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan saat cuaca ekstrem yang terjadi sekarang ini. (Ayu/CN/Djavatoday)

7 Keluarga Korban Pergerakan Tanah di Panawangan Dapat Bantuan dari Dinsos Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Beberapa hari terakhir ini sejumlah daerah di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilanda bencana. Seperti pergerakan tanah di Desa Nagarapageuh, Kecamatan Panawangan...

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan Bagi 3 Keluarga yang Rumahnya Terendam Banjir saat Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis menyalurkan bantuan untuk 3 keluarga yang rumahnya terendam banjir di Kelurahan Ciamis pada saat hari H Lebaran....

Dua Rumah di Sadananya Terdampak Longsor, Polsek Ciamis Gotong Royong Bareng Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di dua desa Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terdampak longsor akibat hujan deras, Jumat (12/4/2024). Anggota Polsek Ciamis Polres Ciamis...

Cerita Yeni Raup Cuan Pemudik di Gapura Ciamis Setiap Lebaran Sejak 2002

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berkah musim mudik Lebaran Idul Fitri dirasakan warga atau pemilik warung yang berada di jalur mudik Ciamis. Seperti yang dirasakan oleh...

Terpopuler

Lainnya