Sabtu, April 13, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Rumah di Sadananya Ciamis Rusak Berat Diterjang Tebing Longsor

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Hujan deras melanda wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menimbulkan bencana tebing longsor, Minggu (4/2/2024) sore. Akibatnya satu rumah rusak setelah diterjang tebing longsor dan satu rumah terancam terseret.

Yulianti, Anggota FK Tagana Kabupaten Ciamis, membenarkan kejadian tersebut. Rumah yang rusak diterjang longsor milik Dede Hunah warga Desa Bendasari, Kecamatan Sadananya. Sedangkan satu rumah yang terancam terseret longsor milik Ibrohim.

“Tebing longsor menerjang rumah di Desa Bendasari. Kejadiannya saat hujan deras pukul 16.30 WIB,” ujar Yulianti.

Yulianti menjelaskan tebing tersebut longsor imbas dari guyuran hujan dengan intensitas tinggi hampir setiap hari. Air masuk ke rongga tanah yang membuat tebih labil dan longsor menerjang rumah.

“Rumah rusak pada bagian tembok, jebol terdorong tebing longsor. Kemudian kondisi rumahnya juga sudah doyong dan khawatir ambruk,” ungkapnya.

Rumah milik Dede kini sudah tidak dapat dihuni karena kondisinya rusak berat. Sementara pemilik rumah mengungsi ke rumah kerabatnya, khawatir ambruk.

“Untuk rumah milik pak Ibrohim terancam terseret tebing longsor,” katanya.

Yulianti mengatakan warga setempat bergotong royong mengevakuasi material longsoran. Terutama tanah longsor yang menutupi saluran air.

“Material longsoran itu jug menutupi saluran air. Sehingga kalau tidak secepatnya mendapat penanganan akan memperparah kondisi longsor,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Dua Rumah di Sadananya Terdampak Longsor, Polsek Ciamis Gotong Royong Bareng Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di dua desa Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terdampak longsor akibat hujan deras, Jumat (12/4/2024). Anggota Polsek Ciamis Polres Ciamis...

Cerita Yeni Raup Cuan Pemudik di Gapura Ciamis Setiap Lebaran Sejak 2002

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berkah musim mudik Lebaran Idul Fitri dirasakan warga atau pemilik warung yang berada di jalur mudik Ciamis. Seperti yang dirasakan oleh...

Jadi Wisata Alternatif, Pospam Kawali Polres Ciamis Patroli di Taman Surawisesa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Taman Surawisesa menjadi lokasi alternatif wisata bagi masyarakat. Untuk itu, Personel Pos Pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2024 wilayah Kawali Polres Ciamis...

Polsek Cipaku Polres Ciamis Monitor Kawasan Obwis Waterboom Jalatrang saat Libur Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Polsek Cipaku Polres Ciamis melakukan monitoring di obyek wisata (obwis) Waterboom Jalatrang saat momen libur Lebaran, Kamis (11/4/2024). Monitoring ini dilakukan...

Terpopuler

Lainnya