Minggu, Oktober 17, 2021

Remaja Sehat Berkualitas, Dinkes Ciamis Akan Luncurkan SiKeren Halo Cinta

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam mewujudkan remaja sehat dan berkualitas, Pemkab Ciamis melalui Dinas Kesehatan akan meluncurkan program SiKeren Halo Cinta. Artinya Sistem Informasi Kesehatan Remaja.

Kabid Kesmas Dinkes Ciamis Eni Rochaeni menyampaikan hal tersebut usai melakukan sosialisasi pendampingan pelaksanaan PTM terbatas dan PHBS di Aula Setda Ciamis, Kamis (14/10/2021).

Baca juga:

Eni menjelaskan selama setahun dalam masa pandemi Covid-19 berbagai kegiatan siswa tidak jalan, salah satunya adalah UKS. Sehingga melalui kegiatan ini berharap program anak usia sekolah kembali berjalan. Yakni UKS, Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja dan lainnya.

“Kalau terus membiarkan program itu tidak jalan maka tumbuh kembang anak tidak akan terpantau. Terutama dalam pembentukan karakter selain pelayanan dan pembinaan kesehatan,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya memiliki inovasi dengan meluncurkan program SiKeren Halo Cinta. Sehingga para remaja akan lebih paham terhadap kesehatan, bahaya obat terlarang sehingga informasinya tepat sasaran dan tidak mendapatkan secara liar.

“Pertama kita akan mendata UKS mana saja yang sudah paripurna yang sudah menjalankan indikator. Targetnya minimal setiap kecamatan ada 20 persen UKS paripurna. Salah satu UKS Paripurna contohnya SMPN 1 Ciamis,” jelasnya.

Eni berharap melalui program SiKeren Halo Cinta ini Kabupaten Ciamis memiliki identitas, terkenal dengan remaja yang sehat berkualitas. Hal ini juga sesuai visi misi kabupaten Ciamis yakni peningkatan SDM yang berkualitas.

“Generasi penerus sehat dan berkualitas. Dari remaja oleh remaja untuk remaja. Mereka dapat mengetahui tumbuh kembang sendiri dan mampu melakukan skiring diri sendiri. Kalau ada keluhan bisa ke aplikasi SiKeren Halo Cinta. Nanti ada Duta Cinta yang dapat mengedukasi temannya,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU